Selasa 28 September 2021, 21:49 WIB

Maudy Koesnaedi Bersama Geng Ijo Bantu Petani Jual Tanaman Hias

Mediaindonesia.com | Hiburan
Maudy Koesnaedi Bersama Geng Ijo Bantu Petani Jual Tanaman Hias

Antara
Maudy Koesnaedi

 

Tren menanam dan memelihara tanaman hias saat pandemi masih terus berlangsung, bahkan menurut artis Maudy Koesnaedi, tanaman hias sebenarnya dapat dijadikan ladang berbisnis.

Maudy bersama koleganya dari "Geng Ijo" telah membantu menjual produk tanaman hias dari petani melalui sosial media, dengan harapan dapat menjangkau khalayak yang lebih luas.

"Karena pengikut (Instagram para petani) tidak terlalu banyak, tidak efektif juga. Akhirnya kami juga sering membantu teman-teman para petani untuk siaran langsung melalui Instagram bersama-sama," kata Maudy dalam siaran pers, Selasa (28/9).

Untuk menjadi ladang bisnis, Maudy memberikan beberapa tips baik kepada petani maupun ibu-ibu PKK. Pertama, menurut Maudy, sebaiknya para ibu-ibu PKK yang membantu mempromosikan tanaman petani juga dibekali informasi mengenai tanaman yang akan dijual.

Hal itu termasuk bagaimana cara merawatnya dan informasi detail lainnya agar petani dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan muncul di kolom komentar media sosial.

Kedua, soal administrasi pengiriman. Maudy mengungkapkan, terkadang petani tidak dapat mengemas tanaman dengan baik dan benar. Karena itu, kata dia, perlu ada edukasi dan pengetahuan pada petani agar pelanggan dapat menerima tanaman dengan puas.

"Bagaimana untuk bisa mengemas tanamannya supaya nilainya baik dan juga tidak mengecewakan pembelinya. Karena saya sebagai pembeli amatiran, pasti suka tanya-tanya nih. Jadi, sebaiknya (petani sebagai penjual) juga bisa menjawab," jelas pemeran Zaenab dalam sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" itu.

Ketiga, pertimbangkan kondisi alam sehingga pengiriman tanaman yang terlalu lama dapat disiasati dengan berbagai cara agar tanaman tidak mati dalam perjalanan karena berbagai hal, salah satunya perbedaan suhu saat pengiriman.

"Jadi, sebenarnya kalau bisa dijadikan bisnis itu betul. Tetapi saya berharap mungkin teman-teman yang sudah menjadi pakar bisa sharing-sharing informasi juga kepada ibu-ibu yang akan memulai bisnis tanaman ini,” ungkap dia. (Ant/OL-12)

Baca Juga

 Super Media Pictures

Syuting Film Roh Mati Paksa, Gabriella Larasati Diganggu Makhluk Halus

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 15:46 WIB
Selama syuting film dilakukan selama 10 hari, dara berusia 22 tahun itu merasa selalu deg-degan dan khawatir jika benar-benar bertemu...
Instagram @weird.genius

Weird Genius Jadi Duta Kampanye Epic Music Awesome Gaming Resso

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 13:51 WIB
Weird Genius, grup yang beraliran EDM (electronic dance music) dan synth-pop, didapuk menjadi duta kampanye "Epic Music Awesome...
Instagram @weird.genius

Weird Genius Jadi Duta Kampanye Epic Music Awesome Gaming Resso

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 25 Oktober 2021, 12:40 WIB
Menurut grup musik yang beranggotakan Reza Oktovian, Eka Gustiwarna, dan Gerald Liu itu, musik tidak dapat dipisahkan dari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Proyek Strategis Terus Melaju

Pemerintah perlu melakukan berbagai langkah extraordinary agar realisasi PSN dapat berjalan lebih maksimal.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya