Kamis 06 Mei 2021, 17:25 WIB

Belajar Menulis Skenario Melalui Buku Filosofi Donat

Retno Hemawati | Hiburan
Belajar Menulis Skenario Melalui Buku Filosofi Donat

Dok Indonesia Sinema Persada
Buku Filosofi Donat

 

Setelah meluncurkan miniseri Friendshit pada November 2020 di layanan streaming Genflix, rumah kreatif Indonesia Sinema Persada (ISP) merilis buku Filosofi Donat. Buku berjudul unik ini memuat kisah kreatif dibalik layar seputar pembuatan miniseri Friendshit berikut foto-foto menarik dibbalik layar yang direkam fotografer muda, Rizal Abdillah. Tak hanya itu saja, Filosofi Donat juga memuat skenario enam episode dari miniseri Friendshit.

Baca juga : 70 Unit Laptop Disalurkan untuk Calon Desainer Grafis Andal

Ichwan Persada lantas mengadaptasinya menjadi skenario enam episode yang dieksekusinya sendiri sebagai sutradara sekaligus produser.

Buku sejenis Filosofi Donat bisa dibilang jarang diproduksi di Indonesia. Ichwan didampingi Irfan Syam dari Indonesia Sinema Persada mengaku senang ketika buku seperti ini bisa diberi kesempatan untuk terbit. “Sebenarnya ini idealisme kita untuk tak sekadar memproduksi karya menghibur namun juga bisa memberi kontribusi bagi pendidikan generasi muda. Dari buku Filosofi Donat, kita bisa belajar cara menulis skenario yang diadaptasi dari novel. Urut-urutannya bisa baca novelnya dulu, lantas nonton miniserinya dan setelah itu bisa membaca skenarionya. Jadi komplit," ujarnya.

Indonesia Sinema Persada sendiri memang punya kepedulian terhadap regenerasi di dunia kreatif. Sejak 3 tahun terakhir, ISP aktif mengembangkan kelas-kelas mulai dari penulisan skenario hingga produksi film. Buku Filosofi Donat pun lahir dari kepedulian itu karena ISP sadar tidak bisa menjangkau semua kalangan. Harapannya dengan buku berharga terjangkau itu, lebih banyak anak muda tertarik untuk mempelajari penulisan skenario secara lebih serius. “Dengan buku Filosofi Donat ini, kita sama-sama belajar dengan proses adaptasi. Karena semua bisa baca novelnya terlebih dahulu lantas membandingkan bagaimana kami mengadaptasi lembar-lembar novel menjadi episode demi episode miniseri. Ini proses yang tidak sempurna, tapi saya kira membuka jalan untuk belajar dan berdiskusi secara kreatif.”

Rencananya setelah meluncurkan 6 episode miniseri Friendshit akhir tahun lalu, Indonesia Sinema Persada akan menambah enam episode lagi dan akan dirilis tahun ini juga. (OL-12)

Baca Juga

Instagram @rachelzegler

Rachel Zegler akan Berperan Sebagai Snow White

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 23 Juni 2021, 05:51 WIB
Zegler terpilih memerankan Snow White setelah mengalahkan 30 ribu aktris lainnya dalam sebuah audisi...
DOK Instagram @zacharylevi.

Desain Baru Setelan Keluarga Shazam di Sekuel

👤Lidya Tannia Bangguna 🕔Selasa 22 Juni 2021, 17:13 WIB
Kali ini, warna pakaian keluarga Shazam tampak lebih kalem dari sebelumnya dan juga terbuat dari bahan baru....
DOK Instagram @piercebrosnanofficial.

Pierce Brosnan Ungkap Kostum Doctor Fate Gunakan Motion Capture

👤Lidya Tannia Bangguna 🕔Selasa 22 Juni 2021, 15:41 WIB
Teknologi motion-capture merupakan teknik yang cukup umum untuk pembuatan film superhero...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya