Jumat 20 Januari 2023, 14:33 WIB

Kunjungi Bunaken, Jokowi Optimistis Banyak Turis Tiongkok ke Indonesia

Indriyani Astuti | Ekonomi
Kunjungi Bunaken, Jokowi Optimistis Banyak Turis Tiongkok ke Indonesia

MI/Ramdani
Ilustrasi turis

 

PRESIDEN Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi mengatakan penataan Kawasan Pantai Malalayang dan Ecoutourism Village Bunaken di Sulawesi Utara dalam proses perbaikan. Meski demikian, presiden mengatakan kawasan wisata itu cukup siap menyambut turis mancanegara yang akan datang.

"Ini kita telah perbaiki, paling tidak mukanya sudah keliatan, home stay juga sudah disiapkan. Ada 50 rumah yang telah dibangun pemerintah untuk masyarakat," ujar presiden seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (20/1)

Jokowi berharap Manado khususnya kawasan wisata bahari Bunaken akan kembali ramai dikunjungi wisatawan setelah pandemi mereda. Ia menegaskan Indonesia terbuka pada turis mancanegara termasuk yang berasal dari Tiongkok.

"Kita membuka untuk turis semua negara, termasuk dari Tiongkok. Silakan. Saya melihat di awal bulan Februari akan berbondong-bondong, ramai turis dari Tiongkok akan masuk ke Manado, masuk ke Sulawesi Utara," papar presiden.

Pada kesempatan itu, presiden juga menyampaikan kawasan destinasi prioritas Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara sudah dibuka. Tetapi masih diperlukan perbaikan infrastruktur.

"Kawasan ekonomi khusus pariwisata juga kita berikan perhatian sehingga Manado, Sulawesi Utara, betul-betul menjadi tujuan wisata prioritas," paparnya.

Baca juga: Kementerian PUPR Selesaikan Penataan Kawasan Pantai Malalayang dan Bunaken

Jokowi mengakui turis mancanegara khususnya dari Tiongkok diperkirakan menjadi yang banyak masuk ke Indonesia. Pemerintah Indonesia telah mencabut penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Jokowi menuturkan protokol kesehatan tetap penting dijaga.

Kebijakan pemerintah saat ini tidak mengharuskan warga negara asing yang masuk ke Indonesia termasuk turis dari Tiongkok untuk melakukan isolasi.

"Wisatawan, sekali lagi kita terbuka bagi turis dari manapun. Tapi yang kita lihat yang banyak dari Tiongkok. Yang paling penting protokol kesehatan, tetapi di Tiongkok saya lihat yang mau keluar dicek semuanya oleh negara mereka," papar presiden.

" Jadi kita tidak perlu khawatir. Kedua, imunitas kita ini sudah pada posisi di angka 98,5%," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

.

Sinarmas Sekuritas dan BEI ReGelar Galeri Investasi Edukasi di Bandung

👤RO/Micom 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:23 WIB
Hadirnya galeri investasi edukasi di kalangan Sekolah Menengah Atas ini adalah untuk mengenalkan instrumen investasi saham sejak dini...
Dok Airin

Inovasi Digital Warnai Ekosistem Logistik Laut Indonesia

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:05 WIB
JALUR laut Indonesia memegang peran penting dalam jalur perdagangan dunia dan...
Ist

Blu by BCA Digital Resmi Gandeng Mediawave sebagai Partner Digital Listening

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:00 WIB
Setelah melewati beberapa fase seleksi, BCA Digital yang merupakan anak perusahaan dari BCA Group, secara resmi menunjuk Mediawave...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya