Kamis 19 Januari 2023, 22:42 WIB

Perluasan Transaksi dengan Mata Uang Lokal di Korsel dan India

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Perluasan Transaksi dengan Mata Uang Lokal di Korsel dan India

Antara/Muhammad Adimaja.
Petugas bank menunjukkan uang pecahan rupiah di BNI KC Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

 

INDONESIA berencana untuk memperluas kerja sama penyelesaian transaksi menggunakan nilai tukar mata uang lokal (local currency settlement/LCS) dengan India dan Korea Selatan. Soalnya, penggunaan LCS dalam perdagangan antarnegara semakin berkembang. 

"Meski memang tidak besar, porsinya terhadap total transaksi perdagangan di masing-masing negara sebesar 3%-4%. Di Indonesia, total nilai LCS sekitar US$3,8 miliar di 2022. Kenaikannya memang tidak terlalu signifikan dibandingkan dengan 2021 yang sebesar US$2,5 miliar," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo.

Ke depan, penguatan LCS dilakukan, tidak hanya kepada negara yang sudah bekerja sama, tetapi juga memperluas ke negara-negara lain. Ini menjadi salah satu penguatan untuk peningkatan stabilitas nilai tukar dan meningkatkan transaksi perdagangan.

"Bank Indonesia berencana mempeluas LCS dengan India dan Korea Selatan dalam waktu dekat," kata Dody dalam konferensi pers Hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia, Kamis (19/1). Fungsi LCS juga akan diperluas, tidak hanya untuk perdagangan dan investasi, tetapi juga untuk transaksi di pasar keuangan, atau menjadi Local Currency Transaction (LCT).

"Jadi transaksi di LCT sudah dilakukan dengan Thailand. Ke depan akan diperluas dengan Malaysia,” kata Dody. Implementasi Quick Response Code Indonesian standard (QRIS) di Thailand sudah mulai dilakukan secara penuh pada September lalu, sehingga pelancong Indonesia yang berkunjung ke Thailand tidak perlu menukarkan uang fisik rupiah ke baht Thailand.

"Ini salah satu strategi mengurangi ketergantungan terhadap nilai tukar mata uang. Ini juga akan menjadi topik di pertemuan ASEAN 2023, bagaimana LCS akan terus dikembangkan di kawasan," kata Dody. (OL-14)

Baca Juga

dok.Ist

Workshop Scalling UP, SMKPPN Tempa Calon Wirausaha Muda Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:01 WIB
BADAN Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan bersama Internasional Fund for Agricultural Development (IFAD) gencar...
DOK pribadi.

Akselerasi Pebisnis Kuliner Bandung, ESB Hadir di BIFHEX 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:08 WIB
ESB menghadirkan teknologi software yang terintegrasi khusus untuk operasional bisnis kuliner F&B, baik restoran, cloud kitchen, warung...
Dok MI

Industri Layanan Pernikahan Berpotensi Menjadi Panggung Bisnis

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:01 WIB
Industri pernikahan berpotensi menjadi panggung bisnis, mengingat tingginya angka pernikahan di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya