Jumat 06 Januari 2023, 14:32 WIB

BI Sampaikan Tiga Strategi Dorong Pariwisata Bali

Mediaindonesia.com | Ekonomi
BI Sampaikan Tiga Strategi Dorong Pariwisata Bali

MI/Susanto
Bank Indonesia

 

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali menyampaikan ada tiga strategi yang perlu dipertimbangkan untuk mendorong pertumbuhan pariwisata Bali ke depan.

"Bali memang memiliki potensi daya tarik pariwisata yang luar biasa, dari sisi alam, budaya, laut, akomodasi dan lainnya. Namun, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan," kata Kepala KPwBI Bali Trisno Nugroho di Denpasar, Jumat.

Menurut Trisno, setidaknya ada tiga strategi yang perlu dipertimbangkan untuk mendorong pertumbuhan pariwisata Bali yakni aksesibelitas, atraksi, dan promosi.

Dari sisi aksesibilitas, lanjut dia, Bali dapat dikembangkan sebagai "super hub tourism" yang mencakup Bali, NTB (Mandalika) dan NTT (Bajo) baik melalui jalur udara maupun laut.

"Perubahan tren wisata yang lebih dekat ke alam dan local experience (pengalaman lokal), serta penambahan daya tarik wisata dari NTB dan NTT akan meningkatkan minat wisatawan yang datang ke Bali," ujarnya.

Selanjutnya transportasi umum antar destinasi wisata di Bali juga perlu mendapat perhatian untuk mempermudah mobilitas wisatawan.

"Sebagai contoh, minat wisman yang sangat tinggi ke Canggu, namun sarana pendukung transportasinya belum siap, sehingga sering terjadi kemacetan," ucapnya.

Kemudian dari sisi atraksi. Selain wisata alam, pengembangan Bali sebagai medical & wellness tourism (wisata medis dan kebugaran) serta tempat favorit bagi digital nomad masih sangat besar.

"Pengembangan atraksi tersebut dapat menarik minat wisatawan dan memperpanjang lama tinggal wisman di Bali," katanya.

Selanjutnya terkait promosi, meski Bali sudah terkenal, namun jumlah wisman Eropa dan Amerika lebih banyak yang datang ke Thailand. Oleh karena itu perlu meningkatkan promosi ke negara-negara yang menjadi kantong wisman.

"Yang tidak kalah penting, perlu kolaborasi yang lebih baik antara kementerian, Pemprov Bali dan seluruh pemkab/pemkot, serta pelaku usaha di Bali dalam melakukan peningkatan promosi di luar negeri," ucapnya. (Ant/OL-12)

 

Baca Juga

Dok. BPjS Ketenagakerjaan

HPN 2023: BPJS Ketenagakerjaan Angkat Martabat Pekerja Pers Lewat Perlindungan Jaminan Sosial

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 18:48 WIB
"Semua pekerja pasti punya risiko. Terlebih bagi rekan-rekan pers yang setiap hari mobilitasnya cukup tinggi. Pada saat bekerja tentu...
Antara/Hafidz Mubarak A.

IHSG Ditutup Melemah Dipimpin Sektor Teknologi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 17:45 WIB
Tren penjualan ritel tahunan terus mengalami penurunan. Bila ditarik ke belakang sempat tumbuh mencapai 15,2% pada Januari...
Antara/Reno Esnir.

Rupiah Melemah Tipis Ditopang Peningkatan Cadangan Devisa

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 17:38 WIB
Peningkatan posisi cadangan devisa pada Januari 2023 itu antara lain dipengaruhi oleh penerbitan global bond pemerintah serta penerimaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya