Rabu 04 Januari 2023, 16:25 WIB

Melalui Usaha Laundry, Nasabah PNM Mekaar Sekolahkan Anak ke Kanada

mediaindonesia.com | Ekonomi
Melalui Usaha Laundry, Nasabah PNM Mekaar Sekolahkan Anak ke Kanada

Ist
Yuni Pujiastuti (kanan), nasabah PNM yang tergabung dalam PNM Mekaar dan Dirut PNM Arief Mulyadi.

 

KEHADIRAN PNM Mekaar semakin dirasakan oleh masyarakat yang tergabung di dalamnya. Salah satunya Yuni Pujiastuti, nasabah PNM yang tergabung dalam PNM Mekaar unit Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah.

Yuni merupakan nasabah PNM yang saat ini berhasil menjalankan usaha laundry dan memiliki kelompok social planner yang merawat orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Desa Nepen, Boyolali, Jawa Tengah.

Awal usaha laundry dijalani sejak tahun 2015, di mana saat itu dirinya masih mencuci dengan manual (tangan).

“Awalnya saya jemput bola, jadi saya japri teman bilang punya usaha laundry jadi monggo siapa yang mau,” ujar Yuni saat menjadi narasumber di acara Talk Show Performance Index.

Lambat laun setelah bergabung  dalam kelompok Mekaar yang sudah berjalan selama 3 tahun, Yuni mampu mengembangkan usahanya.

“Setelah gabung di Mekaar dari mesin cuci yang kecil sekarang saya sudah punya mesin cuci yang lebih besar, punya satu unit yang untuk 10 kg,” tuturnya dalam keterangan pers, Rabu (4/1).

Kredit tanpa agunan, menjadi alasan utama Yuni ikut bergabung di PNM Mekaar dan hal ini juga yang membuat dirinya mampu mengajak 17 orang dari desanya untuk bergabung di kelompoknya.

Baca juga: Dorong Sektor UMKM lewat Penguatan Budaya dan Kearifan Lokal

Sampai saat ini dia masih kerap ikut dalam program pendampingan, dan terakhir baru saja mengikuti pelatihan tentang media sosial.

Berkat pelatihan tersebut kini usaha laundrynya semakin meningkat terus, usai melakukan pemasaran melalui media Facebook, kini orang dari luar desanya sudah mulai menggunakan jasanya untuk laundry.

Di tengah kesibukan usaha nya, Yuni juga tidak lupa akan peran nya sebagai ibu. Ibu memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan anak. Sehingga seorang ibu harus menjadi orang yang pandai untuk dapat mendidik anak-anaknya sesuai kebutuhan.

Berkat peran seorang ibu dalam pendidikan, Yuni telah berhasil membawa anak pertamanya untuk menempuh pendidikan di C\Kanada sedangkan anak keduanya sedang bertanding untuk menjadi duta seni di Kabupaten Boyolali.

Hal ini sangat membanggakan keluarga besar PT PNM, PNM akan terus mendukung nasabah yang berkeinginan untuk terus bersama maju, terus semangat untuk berusaha memberikan manfaat bagi dirinya sendiri, keluarga, maupun lingkungan sekitar, masyarakat dan negara.

Di akhir, Yuni berharap pembiayaan di Mekaar jangan berhenti, karena masyarakat dengan tingkat ekonomi bawah sangat terbantu.

Bentuk konsistensi PNM mendukung perekonomian pada Desember 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 202,4 T kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13.921.722 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 3.510 kantor layanan PNM Mekaar dan 705 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 provinsi, 513 kabupaten/kota, dan 6.655 kecamatan. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok. Kementan

Kementan Fokus Tuntaskan Arahan Presiden RI, Tanam 1 Juta batang kelapa Berjalan Sesuai Target

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 18:53 WIB
Penanaman perdana telah dilakukan oleh Presiden RI Jokowi di Solo Raya (Sukoharjo-Karanganyar-Boyolali) dengan target 200.000 batang,...
Dok. BPjS Ketenagakerjaan

HPN 2023: BPJS Ketenagakerjaan Angkat Martabat Pekerja Pers Lewat Perlindungan Jaminan Sosial

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 18:48 WIB
"Semua pekerja pasti punya risiko. Terlebih bagi rekan-rekan pers yang setiap hari mobilitasnya cukup tinggi. Pada saat bekerja tentu...
Antara/Hafidz Mubarak A.

IHSG Ditutup Melemah Dipimpin Sektor Teknologi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 17:45 WIB
Tren penjualan ritel tahunan terus mengalami penurunan. Bila ditarik ke belakang sempat tumbuh mencapai 15,2% pada Januari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya