Senin 02 Januari 2023, 17:11 WIB

Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, Erick: Cari Rute Komersial

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, Erick: Cari Rute Komersial

ANTARA/Hafidz Mubarak
Ilustrasi kereta cepat.

 

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan pemerintah berencana melanjutkan proyek kereta cepat dari Jakarta-Bandung hingga ke Surabaya.

Ia beralasan pemerintah mencari rute potensial yang menguntungkan alias bakal banyak melayani penumpang. Rencananya kereta cepat Jakarta-Surabaya bakal melewati wilayah Jakarta, Karawang, Kertajati, Purwokerto, Yogyakarta, Solo hingga Surabaya dengan jarak 888 km.

"Kereta cepat akan dipanjangkan sampai ke Surabaya. Kita hitung mana jalur kereta yang komersial, visible (terlihat), mana jalur yang tidak visible," kata Erick di Kantor Kementerian BUMN, Senin (2/1).

Erick menyebut kereta cepat merupakan proyek jangka panjang yang dibangun pemerintah agar kereta api menjadi backbone atau tulang punggung transportasi di Tanah Air.

"Di Jepang, Tiongkok, kereta cepat itu harus jarak menengah hingga jauh. Jangan baru setengah jadi membangun proyek, kita ribut. Kereta api harus menjadi backbone bagi transportasi publik kita," jelasnya.

Menteri BUMN berharap dengan diperpanjanganya rute kereta cepat hingga ke Surabaya, banyak masyarakat yang beralih menggunakan transportasi umum dari kendaraan pribadi.

Dihubungi terpisah, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi menegaskan akan mematuhi kebijakan pemerintah soal perpanjangan rute kereta cepat hingga Surabaya.

Ia tidak mendetailkan apakah pihaknya bersama kementerian/lembaga terkait seperti Kementerian Perhubungan dan PT KAI telah mengkaji kebijakan tersebut.

"Kami akan ikut semua arahan dari pemerintah dan stakeholder," ucapnya.

KCIC selaku operator proyek kereta cepat Jakarta Bandung tengah menyelesaikan proyek tersebut. Hingga Juni 2022, seluruh terowongan atau sebanyak 13 terowongan berhasil ditembus. Saat ini seluruh tunnel dalam tahap persiapan untuk pemasangan rel.

Rel kereta cepat Jakarta Bandung sudah terpasang sepanjang 37 km dengan konsep double track. Dengan jalur sepanjang 142,3 km, proyek yang membentang dari Stasiun Halim Jakarta Timur hingga Stasiun Tegalluar di Bandung bagian timur akan beroperasi pada pertengahan tahun ini. (OL-12)

Baca Juga

Ist/DPR

Komisi VI DPR Apresiasi Pengembangan Jargas Pertamina

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 11:37 WIB
Kinerja positif perusahaan plat merah tersebut diharapkan dapat terus ditingkatkan pada tahun 2023 sehingga Pertamina dapat terus...
Ist/DPR

Penggunaan PMN dalam Penyelesaian Kasus Jiwasraya, Rieke Sebut Tidak 'Fair'

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 11:30 WIB
Rieke Diah Pitaloka menegaskan tidak fair jika penyelesaian kasus Jiwasraya diselesaikan menggunakan Penyertaan Modal Negara...
Youtube Sekretariat Presiden

Presiden: Tahun yang Gelap tidak Terjadi

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 01 Februari 2023, 11:28 WIB
"Tadi pagi, saya mendapat informasi bahwa tekanan global terhadap ekonomi kita sudah mereda. Apa yang dulu kita bayang-bayangkan, kita...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya