Kamis 29 Desember 2022, 09:53 WIB

Phapros Wujudkan Semangat Pertumbuhan Produk Dalam Negeri

mediaindonesia.com | Ekonomi
Phapros Wujudkan Semangat Pertumbuhan Produk Dalam Negeri

Ist
Sebagai holding BUMN farmasi, Pharos akan memperkuat kerja sama serta kolaborasi hilirisasi riset dengan perguruan tinggi.

 

PT Phapros Tbk yang juga salah satu anggota holding BUMN farmasi akan melanjutkan strategi tahun 2022 dengan mendukung program hilirisasi riset yang menjadi salah satu fokus pada tahun 2023.

Menurut Direktur Utama PT Phapros Tbk, Hadi Karodko, perusahaan akan memperkuat kerja sama serta kolaborasi hilirisasi riset dengan perguruan tinggi seperti Universitas Airlangga dan RSUD dr.Soetomo, Surabaya.

Phapros akan fokus pada produk-produk yang berkaitan dengan alat kesehatan untuk gigi dan tulang.

“Gigi dan tulang merupakan penyakit yang lazim diderita oleh banyak masyarakat Indonesia. Meski terlihat bukan sebagai penyakit berat, namun penyakit ini bisa berimbas pada penurunan kesehatan yang berakibat pada produktifitas," kata Hadi.

"Phapros melihat bahwa hal ini merupakan tantangan bagi kami untuk memberikan solusi terdepan dalam mengatasi gangguan kesehatan tersebut," jelasnya dalam keterangan, Kamis (29/12).

"Karena itulah kami bersama para peneliti dari Unair dar RSUD dr. Soetomo berkolaborasi untuk mewujudkan alat kesehatan inovatif untuk masyarakat,” tutur Hadi.

Baca juga: Produk Sirup Buatan Dexa Group Aman dari Cemaran EG dan DEG

Hadi menambahkan, hilirisasi riset yang dilakukan nantinya adalah dengan transfer teknologi pada fasilitas produksi alkes milik Phapros sendiri.

 “Target kami pada akhir 2023 alkes ini sudah bisa dipasarkan sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, sebagai bagian dari perusahaan milik negara, emiten berkode saham PEHA ini terus berkomitmen untuk mendukung program pemerintah terkait industri kesehatan.

Salah satu yang menjadi perhatian pemerintah adalah mewujudkan industri pariwisata medis yang tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kemenparekraf/Baparekraf dengan Kementerian Kesehatan dalam rangka Pengembangan Pariwisata Kesehatan.

 “Untuk menyokong program dan target pemerintah tersebut, kami mengambil peran dalam memproduksi obat-obatan dan alat kesehatan berbasis riset dan kolaborasi," jelas Hadi.

"Ke depannya kita akan menjadi negara yang memiliki beragam inovasi medis yang tidak saja bermanfaat untuk masyarakat Indonesia sendiri, namun juga warga negara lain yang sedang mencari pengobatan dengan fasilitas yang lengkap,” tuturnya optimis.

Pada tahun 2022, PT Phapros Tbk telah berhasil membukukan pertumbuhan yang cukup signifikan baik dari sisi penjualan maupun penetrasi pasar.

Produk unggulan seperti Antimo pun mencatat kinerja lebih dari 100 persen pada semester pertama 2022 dan 130 persen hingga akhir Kuartal III.

"Kemudian, di akhir kuartal III/2022, Antimo dan produk turunan yang menyasar segmen travel convenience juga tumbuh diatas 130 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Kami pun optimis, di Desember ini penjualannya semakin meningkat karena libur Natal dan Tahun Baru,” tuturnya.

Sebagai produk yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia yang sering mengalami motion sickness (mabuk perjalanan), Antimo merupakan living legend brand yang telah berusia genap 50 tahun di 2022 ini.

Antinmo telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap kinerja penjualan Phapros selama ini

Penjualan di bulan Desember ini pun diprediksi akan tumbuh cukup tinggi karena dampak dari libur Natal dan Tahun Baru.

Program CSR

Selain itu, selama 2022 perusahaan ini juga menyelenggarakan sejumlah program CSR di antaranya adalah penyaluran bantuan pendidikan di pulau Sabang, Aceh, pemberian bantuan biaya perawatan bagi pasien hidrosefalus yang bekerja sama dengan Yayasan Anne Avantie.

Selain itu, Pharos juga mendukung Gerakan Pemberantasan Stunting melalui produksi dan penyaluran lebih dari 500 juta tablet tambah darah bersinergi dengan seluruh provinsi di Indonesia melalui dinas kesehatan, sekolah-sekolah di beberapa daerah, KBUMN dan lain lain. (RO/OL-09)

 

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Optimisme di Tengah Ancaman Resesi Global Terus Digelorakan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 23:59 WIB
Dari pandemi Covid-19, lanjutnya, Indonesia bisa belajar mencari sumber pendanaan, salah satunya untuk kebijakan...
Antara

Paket Wisatawan Borubudur akan Dipatok Rp500 ribu untuk Wisman

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 07 Februari 2023, 23:44 WIB
Tarif sebesar Rp500.000 untuk wisatawan mancanegara (wisman) dan Rp100.000 untuk wisatawan nusantara...
Antara

Uji Coba BBM Subsidi Lewat MyPertamina Diperluas di 138 Kabupaten/Kota

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 07 Februari 2023, 22:36 WIB
Penjualan BBM subsidi dan elpiji 3 kilogram (kg) program komersil atau public service obligation (PSO) sudah tersalurkan 60,1 juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya