Selasa 27 Desember 2022, 21:30 WIB

Bisnis Pelabuhan Dan Logistik Diprediksi Tetap Menjanjikan Pada 2023

Widhoroso | Ekonomi
Bisnis Pelabuhan Dan Logistik Diprediksi Tetap Menjanjikan Pada 2023

ANTARA/Aditya Pradana Putra
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

 

BISNIS kepelabuhan dan logistik pada 2023 diprediksi akan tetap tangguh dan cerah karena berbagai faktor mendukungnya. Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Pelindo Solusi Logistik Joko Noerhudha.

"Bisnis pelabuhan dan yang berhubungan dengan logistik cukup resilient (tangguh)," kata Joko di Jakarta, Selasa (27/12) saat ditanya mengenai kondisi bisnis logistik tahun 2023 di tengah adanya ancaman krisis ekonomi global.

Dikatakan Joko, saat pandemi Covid-19 pada 2020, bisnis logistik hanya turun sekitar 10 persen sampai 15 persen. Namun pada 2021 sudah tumbuh sekitar lima persen. "Untuk itu pada 2023, kami optimistis bisnis logistik akan tetap bertahan," jelas Joko.

Apalagi, katanya, demografi Indonesia sangat mendukung. Sementara konsumsi, pembangunan, serta produksi juga membaik. Sementara ancaman kekurangan peti kemas tidak lagi menjadi kendala. "Karena pasokan (peti kemas) banyak lagi," katanya.

Dari sisi kondisi ekonomi makro, kata Joko, juga mendukung bisnis kepelabuhan dan logistik. Harga komoditas, devisa dan nilai tukar rupiah juga sudah baik. Pasokan dolar AS yang baik juga mendukung kegiatan ekspor impor.

PT Pelindo Solusi Logistik (PSL) merupakan salah satu dari empat subholding BUMN Kepelabuhanan PT Pelabuhan Indonesia (Persero), yang dibentuk setelah integrasi Pelindo pada 1 Oktober 2021. PSL bergerak pada klaster bisnis logistik dan pengembangan hinterland atau wilayah industri di sekitar pelabuhan.

PSL saat ini memiliki ratusan depo dan gudang yang dulu dikelola PT Pelindo I-IV dan anak-anak usahanya sebelum merger. Saat ini PSL mengoperasikan jaringan logistik dan pengembangan hinterland di lebih dari 40 wilayah kerja yang tersebar di seluruh Indonesia dan mengelola enam anak perusahaan. (Ant/OL-15)

Baca Juga

DOK MI.

Langkah Indonesia Re Siasati Pengetatan Pasar Asuransi dan Reasuransi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 12:22 WIB
Perubahan kebijakan itu antara lain secara signifikan terjadi dalam pembaruan perjanjian bisnis atau renewal treaty...
Dok. DPR RI

Komisi VI DPR Apresiasi PTPN Mampu Cetak Net Profit Hingga Ro5,5 Triliun

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 09:00 WIB
Politisi Fraksi Partai Gerindra ini juga berharap agar PTPN VIII bisa lebih dikembangkan lagi dalam sektor pariwisata. Juga diharapkan...
Antara/Akbar Nugroho Gumay

Industri Keuangan Hadapi Tahun Suram, Suport OJK Kembali Diharapkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:35 WIB
Kebijakan inovatif dari OJK yang bersifat counter cyclical sangat diharapkan....

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya