Kamis 08 Desember 2022, 07:45 WIB

Pelatihan Digital dan Kenalkan Kerajinan Songket di Kalangan Pelajar

Jek/M-3 | Ekonomi
Pelatihan Digital dan Kenalkan Kerajinan Songket di Kalangan Pelajar

Dok. Pash
Pemilik merek Pash, songket Palembang, KGS M Aditia.

 

SEJAK kehadiran Pash sebagai entitas bisnis pada 2017 hingga saat ini, merek yang berfokus pada produk pengembangan songket Palembang itu telah membuka peluang kerja baru bagi para perajin songket.

Saat ini, Pash bekerja sama dengan 15 perajin songket Palembang dengan penentuan harga secara adil sesuai dengan kesepakatan kedua pihak. Dalam prosesnya, Pash menyediakan bahan dan peralatan yang nantinya dikerjakan perajin.

“Misal penenun kami mau buat produk tertentu, itu harganya sudah kami sepakati sebelumnya. Kami juga melakukan kontrol kualitas ke produknya dan dibayar sesuai dengan kesepakatan awal. Namun, jika ternyata perlu ada perbaikan, kami akan terbuka. Intinya, kami mencoba menciptakan hubungan kerja yang membuat enjoy para perajin,” kata pemilik merek Pash, songket Palembang, Adit, saat wawancara dengan Media Indonesia via telepon, Selasa (6/12).

Di luar itu, mereka juga rutin memberikan pelatihan bisnis digital bagi para siswa kejuruan. Sebelum pandemi, Pash rutin mengadakan lokakarya tiap pekannya. Baik dari pelatihan bisnis digital maupun pelatihan kerajinan songket.

“Kami ajak masyarakat umum, khususnya siswa SMK, untuk edukasi soal bisnis digital. Seperti belajar digital marketing. Di samping itu, biasanya juga ada kunjungan dari siswa untuk belajar kerajinan songket ke lokakarya kami. Ini sekaligus untuk mengenalkan songket Palembang ke generasi yang lebih muda,” tambah Adit. (Jek/M-3)

Baca Juga

MI/Ramdani

Menjaga Asa di Tahun Politik 

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 09:55 WIB
Komitmen pemerintah dan masyarakat untuk menjaga stabilitas dalam negeri akan menjadi kunci upaya menumbuhkan...
Kenzo TRIBOUILLARD / AFP

BMW Investasi 13 Triliun untuk Produksi Internasional Kendaraan Listrik

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 09:49 WIB
Produsen kendaraan premium BMW Group akan menginvestasikan 800 juta euro (sekitar Rp13 triliun) di Meksiko sebagai upaya memperluas...
Ist

Danamas Bangun Kemitraan dengan Ribuan Peternak Ayam

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 06:41 WIB
Danamas resmi menjalin kerja sama dengan Chickin, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang solusi teknologi berbasis IOT dan aplikasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya