Kamis 24 November 2022, 16:56 WIB

Ratusan Pelaku UMKM dan Pelajar Penyandang Disabilitas Kembangkan Green Fashion

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Ratusan Pelaku UMKM dan Pelajar Penyandang Disabilitas Kembangkan Green Fashion

DOK Sinar Mas Land.
Workshop dan kurasi SML UMKM Center oleh tim Esmod Jakarta bersama dengan pelajar dari Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

 

SINAR Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk bekerja sama dengan Sekolah Mode Esmod Jakarta menyelenggarakan talk show dan workshop disabilitas yang bertajuk Peningkatan Kapabilitas Difabel dengan Pengembangan Green Lifestyle. Acara ini dilaksanakan pada Kamis (24/11) di Auditorium Green Office Park (GOP) 9, BSD City, dan dihadiri oleh 200 peserta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta para pelajar penyandang disabilitas binaan Sinar Mas Land melalui program SML UMKM Center sebagai salah satu program corporate social responsibility (CSR) di bidang ekonomi.

Talk show dan workshop turut dihadiri oleh sejumlah narasumber yakni Adhika Kusuma (Head Of Business Esmod Jakarta) dan Endang Retno Wardhani (praktisi pengembangan SDM nasional dan psikolog pendamping disabilitas). Dalam sesi workshop, para peserta diajak untuk mengikuti praktik dalam mengembangkan kreasi green fashion yang dibimbing oleh tim dari Esmod Jakarta. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kreativitas para pelajar disabilitas dan mengenalkan kewirausahaan di bidang green fashion kepada mereka. 

Dapat diketahui, produk green fashion mengacu pada pakaian berbahan kain organik dan mudah didaur ulang (recycle-able). Hal ini selaras dengan komitmen Sinar Mas Land dalam penerapan kebijakan program berwawasan lingkungan yang berorientasi pada kehidupan berkelanjutan (sustainability).

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dony Martadisata mengatakan penyelenggaraan talk show disabilitas diharapkan dapat meningkatkan semangat para pelaku UMKM disabilitas binaan untuk berkreasi dan berwirausaha. Sinar Mas Land dan Esmod Jakarta  berkolaborasi untuk membimbing, mendampingi, serta mendukung UMKM disabilitas binaan agar semakin berdaya serta mandiri. "Semoga praktik baik bagi keberlanjutan lingkungan ini dapat memberikan dampak yang positif dan berkelanjutan bagi masyarakat, khususnya para penyandang disabilitas."

Kegiatan itu diharapkan dapat menjadi peluang bagi para pelaku UMKM disabilitas dalam memasarkan produknya. Ke depan, kolaborasi yang terjalin antara Sinar Mas Land dan Esmod Jakarta akan dilanjutkan dengan program mentoring secara intensif terkait pengembangan produk green fashion dan manajemen bisnis sederhana untuk UMKM disabilitas binaan. Program tersebut merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mendukung pemberdayaan penyandang disabilitas sehingga dapat berdaya dan mandiri secara finansial. (RO/OL-14)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Hadapi Resesi, Ekonom Islam Sebut Indonesia Bisa Belajar dari Kisah Nabi Yusuf AS di Mesir

👤Putra Ananda 🕔Minggu 27 November 2022, 02:07 WIB
"Pada zaman Nabi Yusuf itu pun telah terjadi resesi ekonomi dan jauh sebelum terjadinya resesi ekonomi, Nabi Yusuf dan kaumnya telah...
ANTARA

Perbedaan Ekonomi Makro dan Mikro serta Contoh

👤Meilani Teniwut 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:54 WIB
Ada banyak banyak istilah yang harus dipahami agar bisa tahu perbedaan juga maknanya, apakah kalian tahu perbedaan ekonomi mikro dan makro...
Dok. Krakatau Posco

PT Krakatau Posco Raih Level Tertinggi dalam Penghargaan Industri Hijau Tahun 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:28 WIB
Penilaian Penghargaan Industri Hijau didasarkan pada tiga aspek utama penilaian yakni efisiensi proses produksi, kinerja pengelolaan limbah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya