Kamis 17 November 2022, 18:12 WIB

Inilah Serba-Serbi The Spouse Program B20

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Inilah Serba-Serbi The Spouse Program B20

Ist
Salah satu booth yang dikunjungi Spouse Program.

 

Pemerintah Indonesia secara langsung menunjuk Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sebagai pihak penyelenggara forum business B20 tahun 2022. 

Dalam rangkaian acara B20, terdapat Spouse program, yang turut menghadirkan pebisnis internasional khususnya dari peserta negara G20.  

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Pemberdayaan Perempuan, Tri Hanurita serta Wakil Ketua bidang Pemberdayaan Ekonomi Daerah, Mulyadi Jayabaya merupakan koordinator dalam acara The Spouse program.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, The Spouse Program sendiri telah dilaksanakan sejak 13 November 2022 di Pura Agung Taman  Ayun di Mengwi, Badung, Bali. "Acara itu turut dihadiri pasangan suami dari para CEO perusahaan Multinasional yang menghadiri B20 Summit," katanya, Kamis (17/11).

Menurutnya, pada acara tersebut para tamu tiba sekitar pukul 10.00 Wita disambut dengan prosesi puluhan wanita menyunggi gebogan atau persembahan aneka buah dan tari penyambutan di pintu masuk Taman Ayun. "Rombongan mengikuti prosesi adat Bali dan disambut langsung oleh Panglingsir Puri Ageng Mengwi, Bapak Anak Agung Gede Agung. Acara Budaya ini di inisiasi dan bekerja sama dengan Ketua Kadinda Bali Bapak Made Ariandi," imbuhnya.

Setelah penyambutan, para spouse CEO lanjutnya berkeliling pura dan museum, serta dipersilakan untuk duduk di taman dalam Pura yang dihias begitu indah penuh bunga dan janur Bali. "Acara dimulai dengan pertunjukan kesenian Bali yang dibawakan oleh Sanggar Mangu Samcaya di bawah asuhan Puri Ageng Mengwi, antara lain Tarian Sekar Jepun, Barong dengan Bojog, Rangda, aksi Nguying, Tarian Kecak serta menikmati berbagai jenis kuliner Indonesia yang kaya akan kearifan lokal seperti Nasi Campur Bali, Siomay Bandung, Kambing Guling Jakarta dan aneka jajanan kue Nusantara," jelasnya.

Sebagai kegiatan yang inovatif dan kreatif, B20 Spouse telah sukses menampilkan sejumlah hasil karya anak bangsa yang memiliki kualitas competitiveness of the creative economy (Kualitas Daya saing dalam Ekonomi Kreatif) dan Culture tourism (Pariwisata budaya).

"Seperti telah memperkenalkan Pura Taman Ayun, Mengwi – Bali yang mempunyai nilai sejarah dan sudah diakui UNESCO sejak tahun 2012 sebagai salah satu situs warisan budaya dunia. Pun juga menghidangkan berbagai jenis kuliner Indonesia yang memiliki beragam cita rasa, mempertunjukan seni, budaya yang memiliki keunikan dan daya tarik wisata, fesyen show baju-baju dari desainer Indonesia serta produk-produk UMKM dari berbagai daerah yang merupakan binaan Kadin Indonesia," jelasnya lagi.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pemberdayaan Perempuan, Tri Hanurita mengungkapkan, dalam acara B20 Summit, banyak delegasi yang membawa spouse (istri/pasangan). Sehingga acara ini dibuat sebagai bagian lain dari pelaksanaan B20 Summit. “Kami membuat acara ini memang merupakan rangkaian side event dari B20 Summit. Dipilih Taman Ayun karena di sini Unesco Heritage. Jadi para delegasi itu lebih mudah tahu, karena orang asing semua tahu Unesco,” ujarnya.

Adapun dalam kunjungan kemarin mencapai 100 orang, dengan 84 orang di antaranya adalah istri-istri CEO dari berbagai dunia.

Dalam kunjungan ke Pura Taman Ayun, Kadin pun menggelar bazaar UMKM dari berbagai daerah di Indonesia dengan harapan bisa mempromosikan UMKM Indonesia makin maju dan dikenal dunia, salah satunya lewat B20 Spouse Program ini. “Sesuai tagline Presiden Jokowi tentang pemberdayaan perempuan dan UMKM kami juga mengadakan pameran bazaar UMKM. UMKM yang kami bawa mewakili daerah-daerah di Indonesia. Biasanya istri-istri CEO followernya (di media sosial) banyak. Jadi kami berharap UMKM kita bisa dipromosikan di medsos,” pungkasnya.

Acara ini kata dia mendapat tanggapan yg sangat positif para isteri CEO peserta B20 Summit, tak lupa dengan antusias memborong sejumlah produk hasil karya UMKM binaan KADIN Indonesia seperti kain tenun, kain songket, perhiasan, tas, sepatu, kopi dll dari berbagai provinsi di Indonesia. "Para Spouse mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dari acara B20 Spouse Program, rasa gembira menghiasi wajah para peserta dan menyampaikan apresiasi yang tak henti ke panitia setelah acara usai," tutupnya. (OL-12)

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Hadapi Resesi, Ekonom Islam Sebut Indonesia Bisa Belajar dari Kisah Nabi Yusuf AS di Mesir

👤Putra Ananda 🕔Minggu 27 November 2022, 02:07 WIB
"Pada zaman Nabi Yusuf itu pun telah terjadi resesi ekonomi dan jauh sebelum terjadinya resesi ekonomi, Nabi Yusuf dan kaumnya telah...
ANTARA

Perbedaan Ekonomi Makro dan Mikro serta Contoh

👤Meilani Teniwut 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:54 WIB
Ada banyak banyak istilah yang harus dipahami agar bisa tahu perbedaan juga maknanya, apakah kalian tahu perbedaan ekonomi mikro dan makro...
Dok. Krakatau Posco

PT Krakatau Posco Raih Level Tertinggi dalam Penghargaan Industri Hijau Tahun 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:28 WIB
Penilaian Penghargaan Industri Hijau didasarkan pada tiga aspek utama penilaian yakni efisiensi proses produksi, kinerja pengelolaan limbah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya