Rabu 16 November 2022, 18:43 WIB

Luhut Klaim Progres Kereta Cepat Jakarta Bandung Sudah 80,4%

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Luhut Klaim Progres Kereta Cepat Jakarta Bandung Sudah 80,4%

BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo tengah menyaksikan kereta api cepat Jakarta-Bandung

 

MENTERI Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung saat ini telah mencapai 80,4%.

Pemerintah bersama pihak Tiongkok berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan baik untuk memastikan proyek tersebut bisa rampung pada pertengahan tahun depan.

“Ini harus jadi dan tidak boleh mundur. Ini adalah tekad saya pribadi untuk menyelesaikan ini. Kereta Cepat Jakarta-Bandung adalah salah satu proyek utama Global Maritime Fulcrum dan Belt and Road Initiative yang menjadi landmark kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok,” ujar Luhut dalam pertemuan bilateral antara Indonesia dan Tiongkok di Apurva Kempinski, Bali, Rabu (16/11).

Pemerintah pun siap memberikan dukungan penuh terhadap penyelesaian pembangunan infrastruktur transportasi itu, baik melalui pembentukan kebijaksanaan maupun sokongan finansial yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan.

“Kami mengharapkan Presiden Xi Jinping bisa menghadiri peresmian operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada pertengahan tahun depan bersama dengan Presiden Joko Widodo,” ucap Luhut.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah menjadi batu loncatan dalam terciptanya banyak proyek antara kedua negara seperti Kawasan Industri Morowali, Weda Bay Industrial Park, Kawasan Industri Hijau Kalimantan Utara, dan Two Countries Twin Park. Semua kerja sama besar itu, sambung Luhut, diyakini akan berdampak signifikan terhadap pembangunan di Tanah Air. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Galih Pradipta

BI Memprediksi Ketidakpastian Ekonomi Global Mereda di Q1 2023

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 05 Desember 2022, 13:33 WIB
Pengamatan BI dilakukan dengan mengidentifikasi persoalan yang terjadi saat ini dan memetakan probabilitas dampaknya bagi...
Antara/Muhammad Adimaja.

Produksi Berlebih, Ekspor Semen Didorong demi Industri Berkelanjutan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 13:31 WIB
Dalam surat itu ASI mengatakan telah terjadi penurunan ekspor. Padahal ekspor sangat dibutuhkan oleh industri...
ANTARA/Raisan Al Farisi

Terkoneksi LRT dan KA Feeder, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Cuma Sejam

👤Insi Nantika Jelita, Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 05 Desember 2022, 10:46 WIB
Dengan menggunakan LRT Jabodebek, penumpang cukup menempuh waktu selama 20 menit dari Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas menuju Stasiun LRT...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya