Selasa 15 November 2022, 14:30 WIB

PLN Teken Kesepakatan dengan Amazon untuk Proyek Tenaga Surya 210 MW di Indonesia

Mediaindonesia.com | Ekonomi
PLN Teken Kesepakatan dengan Amazon untuk Proyek Tenaga Surya 210 MW di Indonesia

Dok.PLN
Kerja sama antara PLN dan Amazon.

 

PT PLN (Persero) mengumumkan kesepakatan dengan Amazon untuk pengembangan energi baru terbarukan dengan kapasitas 210 megawatt (MW) di empat proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Indonesia. Ini adalah perjanjian pertama bagi dua perusahaan yang memungkinkan penambahan PLTS berskala besar ke dalam sistem nasional.

Berdasarkan kesepakatan ini, Amazon akan membeli listrik berbasis EBT di Indonesia yang dipasok melalui empat proyek PLTS tersebut untuk mendukung kegiatan operasionalnya di Indonesia. Keempat proyek tenaga surya tersebut akan berlokasi di Bali dan Pulau Jawa pada jaringan Jawa-Madura-Bali (Jamali).

“Pemerintah Indonesia berkomitmen mengurangi emisi rumah kaca untuk mencapai tujuan nol bersih pada tahun 2060,” kata Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero) di Bali, Selasa (15/11).

Komitmen Amazon ini dianggap sebagai pendorong utama untuk proyek-proyek energi hijau lainnya yang membuka lebih banyak opsi pengadaan energi baru terbarukan (EBT) perusahaan di Indonesia.

“Kolaborasi dengan sektor swasta ini strategi kunci untuk memastikan masa depan energi yang bersih dan terjangkau,” kata Darmawan.

PLN, sambungnya, akan membangun empat proyek pembangkit listrik skala utilitas baru yang masuk dalam Rencana Usaha Penyediaan Listrik (RUPTL) 2021 – 2030 yang merupakan RUPTL terhijau yang pernah kita miliki dalam sejarah nasional, dengan penambahan 20,9 gigawatt (GW) pembangkit listrik energi terbarukan.

"Dengan perjanjian ini kami mendukung Amazon menuju 100% energi terbarukan, dan berharap inisiatif ini akan menginspirasi kolaborasi di masa depan," ucap Dirut PLN.

Perusahaan teknologi multinasional yang dipimpin Jeff Bezos itu berkomitmen mencapai netralitas karbon di seluruh bisnisnya pada 2040 dan sedang menuju ke sana untuk menggerakkan operasinya dengan 100% EBT di 2025.

“Kami dengan senang hati mengumumkan proyek EBT pertama kami di Indonesia bekerja sama dengan PLN. Ini menempatkan Amazon di jalur menuju 100% energi terbarukan,” kata Carly Wishart, Direktur Pusat Data Perencanaan, Pengiriman & Pelaksana Amazon untuk Asia-Pasifik, Jepang & China

Amazon adalah perusahaan pembeli energi terbarukan terbesar di dunia dengan 383 proyek di seluruh dunia. Di Asia, Amazon kini telah berinvestasi di 15 proyek energi terbarukan skala besar dengan total kapasitas lebih dari 1.300 MW di seluruh Australia, Cina, India, Indonesia, Jepang, dan Singapura.

Setelah 383 proyek energi terbarukan Amazon beroperasi penuh, masing-masing diharapkan dapat menurunkan lebih dari 18,5 juta metrik ton emisi karbon per tahun. Proyek energi terbarukan ini akan memasok energi untuk kantor pusat dan layanan perusahaan Amazon. (Ins/E-1)

Baca Juga

Antara/Adeng Bustomi.

Pertimbangan dalam Beli Rumah untuk Kehidupan Jangka Panjang

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 21:24 WIB
Tips berikutnya, usahakan untuk tidak terburu-buru saat membeli rumah. Terdapat banyak faktor yang harus...
Dok. Ist

Jamkrindo Kembali Salurkan Bantuan Sembako, Sarana Prasarana, dan Layanan Trauma Healing Di Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:38 WIB
Bantuan yang disalurkan pada Sabtu (03/12), merupakan bantuan tahap empat yang telah diberikan...
Ist

Produk Perlengkapan Bayi dari Polandia Hadir di Ajang IMBEX 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:10 WIB
Lionelo merupakan perusahaan perlengkapan bayi dari Polandia yang telah berhasil meraih kepercayaan banyak orangtua dari negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya