Senin 14 November 2022, 22:05 WIB

RI-Turki Sepakati Produksi Bus Listrik dan Jalan Tol Sumatra

mediaindonesia.com | Ekonomi
RI-Turki Sepakati Produksi Bus Listrik dan Jalan Tol Sumatra

ANTARA/Hendra A Setyawan
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat pertemuan bilateral di sela KTT G-20 Bali, Senin (14/11).

 

INDONESIA dan Turki menandatangani sejumlah kesepakatan bilateral strategis antarpemerintah dan dua kesepakatan antardunia usaha pada Senin (14/11).

"Sesuai arahan Presiden, ada sejumlah kesepakatan penting antardunia usaha yang selama ini kita dorong dan sudah dalam proses finalisasi. Namun, baru dua kesepakatan ini yang sudah siap ditandatangani," kata Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu M Iqbal, dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Menurut Lalu, saat ini mereka akan berfokus untuk segera merealisasi kesepakatan yang sudah ditandatangani dan mempercepat kesepakatan yang masih dalam pembahasan.


Baca juga: Jokowi Tegaskan Indonesia Titik Terang bagi Ekonomi Dunia


Dua kesepakatan antardunia usaha tersebut yakni produksi bus listrik di Indonesia antara pabrikan bus listrik Karsan dari Turki dan PT Schahmindo Perkasa (Credo Group) serta pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra antara PT Hutama Karya dan kontraktor Turki, ERG Insaat.
 
Penandatanganan antardunia usaha tersebut disaksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

Sementara itu, kesepakatan antarpemerintah yang ditandatangani antara lain kerja sama pertahanan, lingkungan hidup, kehutanan, riset teknologi dan inovasi, serta bantuan kerja sama pembangunan.

Hasil penandatanganan kesepakatan itu menjadi salah satu perhatian Presiden RI Joko Widodo saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan di The Apurva Kempinski Bali pada Senin. (Ant/OL-16)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Penurunan Suku Bunga KUR Super Mikro Antisipasi Gelombang PHK

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 30 November 2022, 18:06 WIB
Di tengah ancaman resesi global, gelompang PHK, dan perlambatan ekonomi di beberapa sektor, UMKM dianggap cukup tangguh...
Dok MI

Indonesia Perkuat Komitmen Hilirisasi Industrii

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 30 November 2022, 17:55 WIB
Hilirisasi industri mutlak dilakukan agar Indonesia bisa mendapatkan nilai tambah dari komoditas sumber daya alam yang...
dok.ist

Ganjar Tawarkan Investasi Mudah, Murah, Cepat dan Bebas Pungli di Jawa Tengah

👤Haryanto 🕔Rabu 30 November 2022, 17:20 WIB
GANJAR telah menyiapkan skema peningkatan ekonomi yang telah disusun bersama dengan pemerintah pusat dan BI. Hal itu bertujuan untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya