Senin 14 November 2022, 19:08 WIB

Peran Jokowi di Balik Gebrakan BUMN Diungkap Erick Thohir Dalam Biografinya

mediaindonesia.com | Ekonomi
Peran Jokowi di Balik Gebrakan BUMN Diungkap Erick Thohir Dalam Biografinya

dok.ant
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) bersama Jurnalis Abdullah Sammy (kiri) menyampaikan keterangan pers pada Peluncuran Buku Biografi berjudul

 

RELASI antara Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir banyak dibahas dalam buku berjudul (Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir: Sebuah Biografi. Dalam buku yang ditulis Abdullah Sammy itu, ada pembahasan soal peran Jokowi dalam membackup Erick saat melakukan benar-benah di sejumlah BUMN.

Salah satunya ketika Erick Thohir melakukan pembenahan pada dua asuransi milik BUMN, Jiwasraya dan Asabri. Dalam buku yang setebal 336 halaman itu diungkap obrolan empat mata antara Presiden Jokowi dan Erick beberapa saat setelah dirinya dilantik sebagai Menteri BUMN.

Setelah dilantik sebagai Menteri, Erick langsung mendapat laporan soal persoalan serius di Jiwasraya dan Asabri. Erick yang sedar bahwa masalah ini akan memiliki dampak pada masyarakat maupun perwira yang jadi nasabah asuransi tersebut, langsung menghadap Presiden Jokowi.

"Begitu menerima laporan itu, langkah Erick adalah menghadap ke Presiden Jokowi. Saat menghadap untuk melapor, Erick mendapat arahan tegas dari Presiden Jokowi. "Tuntaskan, jangan ragu-ragu!" tegas Jokowi pada Erick seperti yang ditulis dalam buku (Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir: Sebuah Biografi halaman 225.

Arahan sekaligus backup penuh dari Presiden direspons Erick dengan bergerak cepat untuk berkoordinasi dengan berbagai pihak, terutama Jaksa Agung ST Burhanuddin. Hanya tempo hitungan bulan, para pelaku di balik krisis Jiwasraya dan Asabri langsung diamankan aparat.

Dalam proses bersih-bersih itu pula, buku ini mengungkap bahwa Erick sempat mendapat teror. Namun Erick mendapat dukungan penuh seluruh pihak, termasuk Panglima TNI Hadi Tjahjanto. "Dalam perjalanan pengungkapan kasus di Asabri, Erick sempat mendapat teror. Ia kerap mendapat pesan gelap di ponselnya yang berisikan ancaman lantaran Erick dinilai telah  mempermalukan nama TNI. Namun Erick tidak gentar, sebab yang dilakukannya justru untuk membela TNI," begitu isi halaman 227.

Selain soal Jiwasraya, buku (Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir: Sebuah Biografi juga banyak menceritakan relasi antara Jokowi dan Erick Thohir. Bahkan Presiden Jokowi sendiri ikut menulis kata pengantar dalam buku yang diterbitkan oleh Penerbit Kompas. (OL-13)

Baca Juga: Drajad Wibowo Puji Kepemimpinan Erick Thohir; Teruji Saat Krisis Pandemi Covid-19

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

SMBR Borong Penghargaan di Akhir Tahun 2022

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 01 Desember 2022, 12:45 WIB
AKHIR tahun 2022, PT Semen Baturaja (Persero/SMBR) Tbk mendapatkan beberapa penghargaan atas kinerja dan program-program perusahaan yang...
ANTARA/MAKNA ZAEZAR

Target Belanja APBN Turun, Presiden Minta Kawal Ketat

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 01 Desember 2022, 12:10 WIB
Total belanja APBN 2023 sebesar Rp3.061 triliun, turun sedikit dari target belanja APBN 2022 yang mencapai Rp3.164...
Ist/DPR

RI Kalah Gugatan Larangan Ekspor Nikel, DPR: Lakukan Upaya Hukum Maksimal

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 11:22 WIB
Indonesia kalah di World Trade Organization (WTO) atas gugatan larangan ekspor nikel. Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya