Senin 07 November 2022, 17:30 WIB

Exotic NTT Promosikan Produk UMKM Lokal ke Pasar Nasional

Marianus Marselus | Ekonomi
Exotic NTT Promosikan Produk UMKM Lokal ke Pasar Nasional

DOK Pribadi.
Produk-produk UMKM yang dipromosikan dalam pameran tersebut bervariasi seperti produk kuliner, kriya, dan fesyen.

 

BADAN Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menggelar Pameran Ekraf Exotic NTT Pasar Floratama di Gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, 4-6 November 2022. Pameran ini melibatkan 20 UMKM yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Produk-produk UMKM yang dipromosikan dalam pameran tersebut bervariasi seperti produk kuliner, kriya, dan fesyen. 

UMKM yang disertakan berasal dari binaan BPOLBF, Bank Indonesia NTT, Bank NTT, dan Telkom Indonesia yang sudah dikurasi, baik yang tergabung dalam Floratama Academy, Akunitas, maupun Dekranasda provinsi dan kabupaten serta komunitas UMKM kabupaten di wilayah Floratama. Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina, mengatakan pameran Exotic bertujuan mengenalkan produk parekraf NTT kepada pasar nasional, meningkatkan awareness terhadap produk pariwisata, ekonomi kreatif dan budaya di NTT, meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui penjualan produk ekraf, serta mendorong semangat kewirausahaan bagi masyarkat lokal NTT. 

Sebelumnya, pameran yang sama juga pernah berlangsung pada Oktober 2021. "Kali ini kami membawa 20 UMKM ke Jakarta. Semoga produknya dapat diterima," tegas Shana. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi digelarnya Pameran Ekraf Exotic NTT Pasar Floratama. Sandi mengajak semua pihak untuk berkolaborasi mendukung produk buatan Indonesia. "Dengan semangat inovasi, adaptasi, dan kolaborasi mendukung gerakan bangga buatan Indonesia, mari kita dorong pemasaran produk parekraf di Floratama," ujar Sandi. 

Perwakilan dari Sarinah Group Ira Hendarwati menyatakan rasa bangga karena Sarinah menjadi tempat memamerkan produk UMKM terpilih. "Sarinah tentu sangat bangga sebagai tempat penyelenggaraan pameran Exotic NTT. Semua wajib datang ke Labuan Bajo dan daerah di NTT lain karena sangat luar biasa. Saya saksinya," jelas Ira. (RO/OL-14)

Baca Juga

Dok MI

Indonesia Perkuat Komitmen Hilirisasi Industrii

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 30 November 2022, 17:55 WIB
Hilirisasi industri mutlak dilakukan agar Indonesia bisa mendapatkan nilai tambah dari komoditas sumber daya alam yang...
dok.ist

Ganjar Tawarkan Investasi Mudah, Murah, Cepat dan Bebas Pungli di Jawa Tengah

👤Haryanto 🕔Rabu 30 November 2022, 17:20 WIB
GANJAR telah menyiapkan skema peningkatan ekonomi yang telah disusun bersama dengan pemerintah pusat dan BI. Hal itu bertujuan untuk...
 MI/Widjajadi

Holding Danareksa juga Urus Aset Kripto dan Perdagangan Karbon

👤Widjajadi 🕔Rabu 30 November 2022, 16:46 WIB
PT Danareksa (Persero) sejak Juli 2022 resmi menjadi BUMN Holding yang terdiri atas 15 entitas anak dan asosiasi yang terbagi dalam 5...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya