Rabu 02 November 2022, 14:23 WIB

PT PLN Terus Berupaya Wujudkan Transisi Energi

Ficky Ramadhan | Ekonomi
PT PLN Terus Berupaya Wujudkan Transisi Energi

MI
Tangkapan layar diskusi Indonesia Bicara : Sustainable Investment (Renewable Energy)

 

PT PLN (Persero) berkomitmen akan terus melakukan upaya untuk mewujudkan transisi energi untuk mencapai karbon netral pada tahun 2060. Beberapa upaya terus dilakukan untuk mencapai karbon netral tersebut.

Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN Wiluyo Kusdwiharto menyampaikan, untuk upaya jangka pendek, PLN sedang melakukan pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) secara masif, dengan membangun pembangkit-pembangkit renewable energy 20,9 Gigawatt (GW).

"Kami sudah tidak akan membangun pembangkit-pembangkit berbahan bakar fosil baru. Untuk pembangkit yang akan datang, kami akan membangun semuanya harus renewable energy dengan kapasitas 20,9 GW," kata Wiluyo dalam acara "Indonesia Bicara: Sustainable Investment (Renewable Energy)" secara virtual, Rabu (2/11).

Kemudian, PLN juga sedang melakukan upaya untuk melakukan konversi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) ke renewable energy dan juga menkonversi PLTD tersebut ke gas. PLN juga berencana akan mempensiun dinikan beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan akan diganti menjadi pembangkit-pembangkit renewable energy.

Lebih lanjut, PLN juga sudah melakukan program cofiring PLTU dengan mengganti penggunaan batu bara dengan produk biomassa. Program ini juga sudah di implementasikan di 33 PLTU dari 52 PLTU yang PLN miliki.

"Kami sudah mengganti penggunaan batu bara dengan produk biomassa seperti tungku kayu, tandan kosong, dan juga dari sampah. kita juga sudah bisa mengolah sampah, dan nanti juga akan digunakan untuk mengganti sebagian batu bara kita," tuturnya.

Lalu, PLN juga sedang melakukan ekspansi pembangkit-pembangkit gas agar ketergantungan terhadap batu bara dapat berkurang. Dan tentunya PLN juga akan mengembangkan clean coal, yang dimana nantinya batu bara tersebut dapat di proses lebih lanjut menjadi gas dan kemudian digunakan untuk pembangkit-pembangkit tersebut.

Berikutnya, dalam upaya jangka panjang, saat ini PLN juga sedang melakukan study untuk pengembangan renewable yang sifatnya intermitten, seperti pembangkit listrik tenaga angin.

PLN juga sudah melakukan uji coba penggunaan cofiring dengan hydrogen dan amonia. Saat ini penggunaan tersebut masih terus di kembangkan agar dapat di manfaatkan untuk mengganti penggunaan batu bara.

"Atas semua upaya yang kami lakukan ini, kami berharap energi bersih tersebut dapat tercapai. Dan kami juga mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam transisi energi bersih ini," ucapnya. (Fik/E-1)

Baca Juga

DOK/TOKOPEDIA

Pengguna Program Tokopedia Affiliate Naik Lima Kali Lipat

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 28 November 2022, 23:20 WIB
di di era social commerce  masyarakat cenderung mencari informasi dan inspirasi sambil belanja atau...
Ist

Pasca-Putusan PK Mahkamah Agung, PT BSS Siap Beroperasi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 21:27 WIB
Jajaran manajemen PT BSS tancap gas dengan tengah mempersiapkan berbagai hal untuk memulai tahapan...
DOK Pribadi.

Ancaman Resesi Ekonomi Global Momentum Investasi Properti

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 20:55 WIB
Sejatinya saat terjadi krisis ekonomi sosial malah menjadi momentum tepat untuk berinvestasi di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya