Rabu 02 November 2022, 09:13 WIB

Wonderful Indonesia Gaet 78 Merek Lokal untuk Geber Co-Branding

Iis Zatnika | Ekonomi
Wonderful Indonesia Gaet 78 Merek Lokal untuk Geber Co-Branding

Dok Kemenparekraf
Acara "Wonderful Day with Wonderful Indonesia" diselenggarakan di Jakarta, Selasa (1/11).

 

Sebanyak 78 merek yang terdiri atas produk makanan, minuman, buku anak, penyewaan kendaraan hingga telepon seluler bergabung sebagai mitra co-branding Wonderful Indonesia. Mereka diperkenankan menyematkan logo Wonderful Indonesia dalam produk dan peranti pemasaran mereka. Tujuan kolaborasi ini, memperkuat kampanye industri pariwisata Indonesia di dalam dan luar negeri. 

Sebagai kompensasinya, jenama-jenama itu dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi, memperluas target pasar, serta menekan biaya promosi.

Salah satu wadah promosi dan menjalin kolaborasi itu diselenggarakan pada ajang "Wonderful Day with Wonderful Indonesia" yang dihadiri para mitra co branding di Jakarta, Selasa(1/11).

Deputi Bidang pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini menyatakan, selain menyematkan logo Wonderful Indonesia, pihaknya juga mendorong para mitra co branding itu melakukan aktivasi. Kegiatan-kegiatan itu akan mempromosikan merek para mitra sekaligus Wonderful Indonesia.     

Ni Made menjelaskan, kemitraan merupakan salah satu upaya yang ditempuh untuk memperkuat pemasaran  pariwisata Indonesia yang diyakini tidak bisa dilakukan sendiri. "Misalnya merek buku anak yang mencantumkan merek Wonderful Indonesia sekaligus membahas keindahan destinasi-destinasi prioritas dalam cerita bergambar. Lalu ada produk minuman dari air kelapa yang memuat foto-foto destinasi dan keunggulannya. Sementara merek cokelat selain memuat foto juga mengadakan lomba pantun," kata Ni Made. 

Ni Made menuturkan, kerja sama ini tidak berbayar dan pendaftaran terbuka bagi semua industri. Kurasi dan koordinasi yang dilakukan pihak kementerian dengan para mitra lebih berfokus agar mereka terus menjaga kualitas produk dan layanannya. 

Salah satu mitra yang merupakan mereka telepon seluler, kata Ni Made, berkontribusi dengan memproduksi film pendek berlatar destinasi wisata menggunakan gadgetnya. Film pendek itu kemudian ditampilkan di YouTube dan menampilkan logo Wonderful Indonesia.  

"Pada dasarnya semua jenis produk dan jasa bisa menjadi mitra kami, karena semua bisnis dan industri pasti terkait dengan Wonderful Indonesia. Terbukti pula, kegiatan pariwisata berdampak langsung pada ekonomi masyarakat lokal bahkan kelestarian alam." (X-16) 
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Galih Pradipta

BI Memprediksi Ketidakpastian Ekonomi Global Mereda di Q1 2023

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 05 Desember 2022, 13:33 WIB
Pengamatan BI dilakukan dengan mengidentifikasi persoalan yang terjadi saat ini dan memetakan probabilitas dampaknya bagi...
Antara/Muhammad Adimaja.

Produksi Berlebih, Ekspor Semen Didorong demi Industri Berkelanjutan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 13:31 WIB
Dalam surat itu ASI mengatakan telah terjadi penurunan ekspor. Padahal ekspor sangat dibutuhkan oleh industri...
ANTARA/Raisan Al Farisi

Terkoneksi LRT dan KA Feeder, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Cuma Sejam

👤Insi Nantika Jelita, Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 05 Desember 2022, 10:46 WIB
Dengan menggunakan LRT Jabodebek, penumpang cukup menempuh waktu selama 20 menit dari Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas menuju Stasiun LRT...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya