Selasa 01 November 2022, 09:55 WIB

CrediMart dan Modal Rakyat Catatkan Pembiayaan Peritel Rp500 Miliar

Mediaindonesia.com | Ekonomi
CrediMart dan Modal Rakyat Catatkan Pembiayaan Peritel Rp500 Miliar

DOK Pribadi.
CrediMart sebagai B2B commerce besutan CrediBook mencatat transaksi pembiayaan produktif bagi peritel sebesar lebih dari Rp500 miliar.

 

CREDIMART sebagai B2B commerce besutan CrediBook mencatat transaksi pembiayaan produktif bagi peritel sebesar lebih dari Rp500 miliar. Dalam menyalurkan pembiayaan ini, CrediMart bekerja sama dengan Modal Rakyat, P2P Lending
yang diawasi dan dilindungi OJK. Upaya tersebut sejalan dengan upaya kedua perusahaan dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia.

Akses pembiayaan ini dihadirkan melalui fitur Bayar Tempo. Lewat fitur ini, peritel dapat belanja grosir online di CrediMart dengan metode pembayaran yang lebih fleksibel hingga tenor tujuh hari. CEO & Co-Founder CrediBook Gabriel Frans mengatakan fitur bayar tempo mencatatkan traksi positif setelah satu tahun dihadirkan. "CrediMart terus mencatat peningkatan transaksi dan pengguna fitur Bayar Tempo. Pada kuartal III tahun ini, transaksi fitur Bayar Tempo meningkat sebanyak 25% dan pengguna meningkat hingga 52%. Hingga saat ini, total penyaluran pembiayaan produktif melalui fitur Bayar Tempo bagi peritel telah mencapai lebih dari Rp 500 miliar," jelas Gabriel dalam keterangan tertulis, Selasa (1/11).

Lebih lanjut Gabriel memaparkan bahwa pengguna terbanyak fitur Bayar Tempo ialah peritel di kota tier 2-3 atau area Kabupaten yang tersebar di lebih dari 40 wilayah operasional. "CrediMart ingin membantu peritel dalam mengakses fitur Bayar Tempo hingga ke wilayah Kabupaten, bukan hanya kota-kota besar. Dengan demikian, peritel di daerah juga bisa berkembang," ungkap Gabriel.

Salah satu peritel yang terbantu dengan fitur Bayar Tempo ialah Ibu Sri Katin di Mojokerto. "Di CrediMart produknya lengkap dan bisa bayar tempo. Cara pakainya gampang dan bantu putar modal," ungkap Sri. Selain Mojokerto, penggunaan aktif fitur Bayar Tempo CrediMart juga berada di Pamekasan, Probolinggo, Garut, Kuningan, Cilegon, Temanggung, Wonosobo, dan Magelang.

CEO Modal Rakyat Hendoko Kwik mengungkapkan kerja sama dengan CrediMart selaras dengan misi bulan Inklusi Keuangan dalam memperluas akses pembiayaan alternatif bagi pelaku UMKM sektor produktif, dalam hal ini peritel. "Peritel merupakan salah satu sektor yang belum memiliki akses memadai terhadap institusi keuangan formal. Kolaborasi Modal Rakyat bersama CrediMart dalam memberikan pembiayaan produktif ini tentu mendorong keberlanjutan bisnis peritel. Selain bisa meningkatkan stock level di toko, fitur BNPL juga turut membantu peritel menambah variasi produk yang dijual," kata Hendoko.

Berdiri sejak 2018, hingga saat ini Modal Rakyat telah menyalurkan total pembiayaan lebih dari Rp9 triliun untuk 102 ribu UMKM di Indonesia. "Kami akan terus melanjutkan kolaborasi baik bersama startup, perbankan, dan pemerintah untuk terus mendukung inklusi keuangan di Indonesia. Sinergi dengan CrediMart merupakan salah salah satu upaya untuk menjangkau UMKM yang lebih luas," tambah Hendoko.

Sebagai informasi, sejak diluncurkan pada September 2021, CrediMart menyediakan one-stop wholesale shopping solution untuk kebutuhan dagang secara online dengan memberdayakan toko grosir. Selain itu, CrediMart dilengkapi dengan next-day delivery bagi peritel. Ke depan, CrediMart akan melanjutkan ekspansi secara operasional wilayah dan jenis produk yang ditawarkan. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Pakar Kebijakan Pertanian: Jika Data BPS Suplus, Kenapa Harus Impor Beras?  

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 14:29 WIB
Pakar Ekonomi dan kebijakan pertanian Prof. Pantjar Simatupang mempertanyakan rencana langkah Bulog mengimpor beras dari luar negeri untuk...
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Inflasi Turun Menjadi 5,42% pada November 2022

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:38 WIB
Ia membeberkan pendorong inflasi harga diatur pemerintah adalah kenaikan harga bensin, bahan bakar rumah tangga, tarif angkutan dalam...
Antara/Galih Pradipta

Provinsi Jabar dan Jatim Pastikan Stok Beras Aman dan Tidak Perlu Impor

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:28 WIB
Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur menegaskan bahwa produksi beras di tahun 2022 mengalami surplus sehingga pemerintah pusat tidak perlu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya