Senin 31 Oktober 2022, 20:55 WIB

Laba Bank BJB Melejit 23,3% Mencapai Rp2,2 Triliun pada Triwulan III 2022

Bayu Anggoro | Ekonomi
Laba Bank BJB Melejit 23,3% Mencapai Rp2,2 Triliun pada Triwulan III 2022

MI/BAYU ANGGORO
Direktur Utama dan Direksi Bank BJB melaporkan hasil kinerja selama triwulan III 2022 dengan membukukan keuntungan hingga Rp2,2 triliun

 

KINERJA Bank BJB selama Triwulan III 2022 mampu tumbuh positif
di tengah tekanan ekonomi dan kenaikan inflasi.

Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi dalam paparan analyst meeting triwulan III 2022, Senin (31/10) sore, menjelaskan, capaian gemilang kinerja bisnis Bank BJB didorong oleh penguasaan pasar yang kuat sejalan dengan semakin luasnya sektor industri yang pulih dari dampak pandemi.

Yuddy mengatakan, sampai dengan 30 September 2022, bank yang dipimpinnya beserta anak perusahaan mencatatkan pertumbuhan Kredit year on year sebesar 12% menjadi Rp113,4 trilliun. Proses bisnis yang baik juga membuat non performing loan BJB berhasil ditekan lebih jauh pada level 1.1%. Ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 1.3% dengan coverage ratio yang solid pada level 148,9%.

Adapun dana pihak ketiga mencapai Rp116.3 triliun yang didukung pertumbuhandana murah. Dengan kinerja tersebut, tercatat total aset tumbuh 6,9 % year on year menjadi Rp170,2 trilliun, laba Rp2,2 triliun atau tumbuh 23,3% year on year.

Sementara setelah pajak sebesar Rp1,8 trilliun tumbuh 26,2% year on year secara konsolidasian. "Di tengah kenaikan suku bunga acuan, manajemen melakukan efisiensi pengelolaan likuiditas sehingga tekanan terhadap cost of fund dapat lebih terkendali," tambah Yuddy.


Sineri KUB

Untuk menggenjot pertumbuhan bisnis ke depan, Bank BJB gencar melakukan
sinergi melalui Kelompok Usaha Bank (KUB) dengan beberapa bank pembangunan daerah berkinerja baik dan sehat.

"Update yang dapat kami sampaikan, Bank Bengkulu saat ini telah berproses untuk perizinan dari Otoritas Jasa Keuangan atas setoran modal tahap pertama senilai Rp100 milliar yang telah dilakukan. Jika a berjalan dengan lancar seluruh proses akan rampung di tahun 2023," ungkapnya.

Sementara untuk Bank Sultra, tambah Yuddy, pihaknya telah menandatangani letter if intent (LoI) pada akhir September 2022 lalu.

Selain keduanya, tidak menutup kemungkinan BJB akan menjalin sinergi dengan BPD-BPD lainnya.

Di sisi lain, Bank BJB juga berencana untuk melakukan aksi korporasi penguatan permodalan khususnya Tier-1 baik melalui penerbitan saham baru maupun surat utang perpetual yang dapat dikategorikan sebagai Tier-1 untuk mengimbangi rencana bisnis perseroan.

"Berbagai terobosan merupakan perwujudan komitmen kami untuk senantiasa memperbaiki kualitas dan kinerja untuk memperkuat eksistensi Bank BJB di dunia perbankan," tandas Yuddy. (N-2)

Baca Juga

Dok.Ist

Jasa Interior Ini Banjir Pesanan Sejak  Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 23:30 WIB
Hal lain yang membuat CG Interior lebih unggul adalah manufaktur dari mebel dan perabotan yang dilakukan sendiri di pabrik...
Ist

Ahli Waris Pegawai Lion Group Dapat Santunan JKK Sebesar Rp 448 Juta

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 23:11 WIB
Santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) BPJS Ketenagakerjaaan diterima ahli waris dari karyawan Lion Group yakni istrinya Megawati...
DOK MI

Masyarakat Koperasi Tolak OJK Jadi Pengawas Koperasi

👤Widhoroso 🕔Rabu 30 November 2022, 22:33 WIB
Para penggiat koperasi menolak wacana pengawasan koperasi simpan pinjam dilakukan Otoritas Jasa Keuangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya