Senin 03 Oktober 2022, 19:45 WIB

Di Tengah Ketidakpastian Ekonomi, Indonesia tetap Jadi Magnet Investasi

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Di Tengah Ketidakpastian Ekonomi, Indonesia tetap Jadi Magnet Investasi

MI/ Ramdani
Presiden Joko Widodo

 

DI tengah ketidakpastian ekonomi global, investasi yang masuk ke Tanah Air terus mengalir. Salah satu yang terbaru adalah pembangunan pabrik pipa oleh Wavin BV, perusahaan pipa asal Belanda, di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah.

Disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Senin (3/10) PT Wavin Manufacturing Indonesia meletakkan batu pertama dalam proses pembangunan pabrik di atas lahan seluas 20 hektare.

"Meskipun dunia pada posisi krisis finansial, Indonesia masih dipercaya sebagai tempat investasi perusahaan-perusahaan besar dunia," ujar Jokowi di KIT Batang, Jawa Tengah.

Kepercayaan yang diamanatkan para investor asing, menurutnya, adalah buah dari stabilnya kondisi ekonomi dan politik di Nusantara.

Hal itu membuat para pelaku usaha merasa nyaman untuk menuangkan modal besar dan berbisnis di Bumi Pertiwi dalam jangka waktu yang panjang.

"Tadi disampaikan bahwa investasi ini karena stabilitas ekonomi dan politik yang baik di negara kita," tutur Kepala Negara.

Presiden sangat menyadari, di tengah situasi ekonomi dunia yang sangat sulit, investasi menjadi salah satu kunci untuk mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Oleh karena itu, berbagai upaya dilakukan, mulai dari penciptaan UU Cipta Kerja, perbaikan iklim investasi, dan penyederhanaan regulasi serta perizinan usaha.

"Inilah hal yang terus akan kita kejar. Investasi apapun itu akan menciptakan lapangan kerja yang sangat besar. Kemudian pajaknya bisa menambah penerimaan negara dan juga cadangan devisa. Yang paling penting akan mentrigger pertumbuhan ekonomi di negara kita," jelas mantan wali kota Surakarta itu.

Mantan Wali Kota Solo itu meyakini, masuknya pemain pipa kelas dunia ke Indonesia akan menjadi magnet bagi perusahaan-perusahaan global lain untuk turut serta menanamkan modal di Tanah Air.

"Investasi ini memberikan kepercayaan yang baik pada negara kita. Sehingga nantinya investor yang lain akan datang. Kita harapkan dengan investasi-investasi itu, pertumbuhan ekonomi kita akan bisa kita pertahankan dalam posisi yang baik," ucap Presiden.

Jokowi pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wavin BV yang telah memberi kepercayaan penuh kepada Indonesia.

"Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih karena telah memberikan kepercayaan kepada Indonesia. Tidak mudah mendapatkan kepercayaan untuk sebuah investasi," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Dok.SKK Migas

Kabar Baik, SKK Migas Pastikan Pasokan Gas untuk Pabrik Pupuk Tahun Depan Aman

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 09 Desember 2022, 11:45 WIB
Kemampuan pasokan gas untuk 2023 akan lebih tinggi dibandingkan tahun 2022, mengingat saat ini sudah onstream proyek strategis nasional...
Antara/Akbar Nugroho Gumay

Update Rights Issue BBTN, Masih Tunggu Pernyataan Efektif OJK

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 11:02 WIB
informasi yang menyebutkan harga right Rp500 adalah keliru. Harga ini merupakan nominal saham yang dicantumkan pada prospektus...
Antara/Hafidz Mubarak

Investor Khawatirkan Volatilitas, Dana Keluar dari Bursa Capai Rp2 Triliun

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 09 Desember 2022, 10:32 WIB
IHSG seakan kehilangan daya tahannya di mana terus jebol hingga menyentuh level psikologis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya