Sabtu 01 Oktober 2022, 17:44 WIB

Pegadaian Sediakan Produk Bundling Investasi Emas dan Asuransi bagi Pengemudi Ojol

Ihfa Firdausya | Ekonomi
Pegadaian Sediakan Produk Bundling Investasi Emas dan Asuransi bagi Pengemudi Ojol

Antara/Basri Marzuki.
Pegawai bertugas di dekat pajangan emas cetakan UBS PT Pegadaian (Persero) di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (22/9/2022).

 

PT Pegadaian bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Gojek memperkenalkan produk bundling investasi sekaligus asuransi bagi pengemudi ojek online. Produk tersebut bernama Emasku yang merupakan produk investasi emas sekaligus asuransi mikro.

Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan PT Pegadaian Ferry Hariawan menjelaskan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan yang diperingati setiap Oktober. Melalui momentum tersebut, Pegadaian ingin memberikan literasi dan edukasi kepada masyarakat, dalam hal ini pengemudi ojol, agar bisa menggunakan produk jasa keuangan dengan baik.

"Produk yang kami tawarkan di sini ialah produk bundling. Ini merupakan produk inisiasi dari OJK juga. Jadi OJK ingin sekali orang bertransaksi langsung terinklusi dua produk keuangan. Jadi orang beli emas sekaligus ada manfaat asuransinya," ujar Ferry dalam acara bertajuk Ngopi Pagi di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (1/10), yang dihadiri puluhan pengemudi Gojek.

Investasi emas yang ditawarkan mulai dari 0,5 gram, 1 gram, sampai 2 gram. Hal tersebut sudah termasuk sejumlah manfaat asuransi.

"Kalau dia meninggal karena kecelakaan, manfaat pertanggungannya sampai dengan Rp30 juta. Kalau ada cacat tetap Rp25 juta, kalau meninggal karena sakit, manfaat asuransinya Rp4 juta," papar Ferry. "Itu hanya dengan membayar Rp50 ribu asuransi mikronya, tetapi ini kami bundling dengan produk investasi emas,” jelasnya.

Ferry menyebut alasan Pegadaian menyediakan produk ini untuk pengemudi ojol antara lain karena risiko kecelakaan yang rawan dialami mereka. Di samping itu, pengemudi ojol juga perlu diperkenalkan terhadap produk investasi yang aman sehingga terhindar dari produk jasa keuangan yang merugikan seperti pinjol ilegal.

"Karena emas ini lebih likuid, kemudian tahan inflasi. Ketika mereka sudah punya aset emas, lalu ada kebutuhan mendesak, mereka bisa gadaikan. Jangan sampai ketika mereka enggak punya aset, lalu dapat informasi tentang pinjaman online, mereka terjebak sama pinjaman online," tutur Ferry.

Hal itu pun disambut antusias oleh para pengemudi Gojek atau Goride. Ferry menyebut setidaknya ada 52 peserta dari pengemudi ojol yang hadir langsung mengambil produk Emasku.

Ke depan ia berharap semakin banyak mitra driver yang teredukasi dan menggunakan produk jasa keuangan, khususnya investasi emas dan proteksi asuransi. Selanjutnya, Pegadaian juga akan memperkenalkan produk serupa kepada mitra pengemudi mobil atau Gocar.

"Harapannya semakin banyak masyarakat, khususnya teman-teman mitra Gojek, yang memahami produk keuangan. Jadi jangan sampai kita menggunakan produk keuangan tetapi kita tidak paham produk apa yang kita gunakan," pungkasnya.

Zidny Ilman dari Tim Hubungan Pemerintah Gojek menuturkan, pihaknya sangat berterima kasih atas kolaborasi dengan Pegadaian dan OJK ini. Menurutnya, investasi merupakan hal yang vital termasuk untuk para mitra Gojek. "Tentu sekarang opsi investasi itu banyak banget tetapi kita harus tahu yang sebenarnya aman dan bisa dipercaya. Pegadaian kita tahu reputasinya dan produknya. Kita sudah percaya dengan pengalaman Pegadaian sehingga kita rasa tepat sekali bermitra dengan Pegadaian untuk membantu mitra pengemudi belajar tentang investasi," ujarnya.

Kepala Subbagian Pengelolaan Informasi OJK Cindy Amylia menyebut produk yang dikeluarkan oleh Pegadaian ini dapat bermanfaat bagi pengemudi ojol. "Walaupun mereka mitra Gojek mungkin penghasilannya bisa dikatakan, kalau untuk investasi yang besar, itu agak sulit. Namun saat ini sudah banyak investasi yang ibaratnya cukup dengan Rp10 ribu, Rp100 ribu. Bahkan tadi cicilan per bulan hanya Rp41 ribu," kata Cindy.

Ia menyebut investasi sangat penting untuk cadangan dana di masa depan. "Apalagi ini juga dikemas dengan proteksi dalam hal ini asuransi untuk memitigasi risiko yang kita tidak pernah tahu di jalan. Mitra Gojek ini bisa jadi (sebagai) tulang punggung keluarga, bagaimana caranya mereka bisa memproteksi diri dan juga keluarganya," tutup Cindy. (OL-14)

Baca Juga

Ist/BPJS Ketenagakerjaan

Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan Jadi Bantalan Pengaman Sosial

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 19:47 WIB
BPJS Ketenagakerjaan untuk memastikan mereka yang terkena PHK itu harus segera ditangani dengan Jaminan Kehilangan Pekerjaan...
Antara/M Ibnu Chazar.

Potensi Hanjeli sebagai Alternatif Bahan Pokok Beras

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 18:17 WIB
Pemerintah diminta memperkenalkan aneka komoditas lokal pengganti beras dengan komoditas lain yang setelah diteliti dan justru punya...
ANTARA FOTO/	FENY SELLY

Wapres Ungkap Strategi Pemerintah Antisipasi Gelombang PHK

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 04 Desember 2022, 17:41 WIB
Pemerintah saat ini terus meningkatkan implementasi program padat karya untuk menyerap tenaga kerja yang bakal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya