Jumat 30 September 2022, 21:55 WIB

Ditjen Minerba Selenggarakan Puncak Acara Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Ditjen Minerba Selenggarakan Puncak Acara Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77

Antara
Dirjen Minerba Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin.

 

DIREKTORAT Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengadakan Puncak Acara Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77 pada Jumat, (30/9). Kegiatan tersebut sekaligus menutup sejumlah rangkaian acara yang berlangsung selama satu bulan.

Rangkaian kegiatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77 dimulai dengan Lomba Fotografi Pertambangan Indonesia Tahun 2022; Webinar Hilirisasi Mineral dengan Tema Industrialisasi Mineral Menuju Indonesia Emas; Webinar Bedah Buku Tambang Transformatif karya Witoro Sularno; dan Penyerahan Penghargaan Prestasi Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik Tahun 2022.

"Seluruh kegiatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77 ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi insan minerba maupun seluruh masyarakat Indonesia," ujar Dirjen Minerba Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin.

Ia menambahkan, dunia pertambangan saat ini terus bertransformasi menuju pada pertambangan berkelanjutan. Mengacu pada amanat yang ada di dalam UU Pertambangan, Indonesia juga harus melakukan transformasi untuk mendorong hilirisasi, memberikan dampak berganda, penciptaaan lapangan kerja, hingga pelestarian fungsi lingkungan hidup.

Ridwan juga berharap, buku hasil webinar hilirisasi mineral yang telah dibuat dapat menjadi pemicu untuk mengimplementasikan peningkatan nilai tambah mineral, baik dari pengelolaan dan pengungkapan substansi kebijakan pemerintah maupun best practices dari pelaku usaha.

"Tidak kalah penting adalah gagasan penting dari buku ini adalah dapat menjangkau dan melibatkan pemangku kepentingan agar hilirisasi mineral dapat menjadi jauh lebih masif," tuturnya.

Dalam Puncak Acara Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77, Ditjen Minerba juga mengumumkan para pemenang dari Lomba Fotografi Pertambangan Indonesia Tahun 2022. Setidaknya sebanyak 24 orang terpilih menjadi juara dari tiga kategori yang dilombakan, yakni pelajar/mahasiswa, umum, dan jurnalis.

Adapun jumlah total peserta lomba tersebut mencapai 478 peserta dengan total karya foto sebanyak 1.906 karya. Proses penjurian dilakukan pada 26 September dengan menghadirkan juri yang mumpuni di bidang fotografi didukung oleh juri dari internal Kementerian ESDM.

Sekretaris Ditjen Minerba Kementerian ESDM Iman Sinulingga mengatakan, sebagai bentuk apresiasi kepada para pemenang lomba foto, pihaknya akan memfasilitasi ruangan sebagai lokasi pameran foto para pemenang lomba.

Lokasi pameran tersebut berada di lantai 1 Gedung Muhammad Sadli dan mulai dibuka pada Jumat (30) 9) hingga 14 Oktober 2022. Adapun para pemenang Lomba Fotografi Pertambangan Indonesia Tahun 2022, yakni:

Kategori pelajar/mahasiswa

Juara I: Muchlis Nurseno dengan foto berudul Perjuangan Truk Besar di Jalan Terjal

Juara II: Garih Aris Prasojo dengan foto berjudul Penghijauan dan Penambangan

Juara III: Yudha Hadiyanto Eka Saputra dengan foto berjudul Aktivitas Pagi Ini.

Kategori umum

Juara I: Purwanto Nugroho dengan foto berjudul Jalur Tongkang di Delta Mahakam

Juara II: Miftahurrahman dengan foto berjudul Kolaborasi Energi

Juara III: Harry Sanjaya Putra dengan foto berjudul Manfaatkan Lahan Bekas Tambang Jadi Budidaya Lebah Trigona

Kategori Jurnalis

Juara I: Muchtamir dengan foto berjudul Konversi Rusa di Area Reklamasi Tambang

Juara II: Mohammad Reza Gemi Omandi dengan foto berjudul Reklamasi Beriringan dengan Penambang

Juara III: Rio Indrawan dengan foto berjudul Tenaga Air untuk Hidupkan Tambang Berkelanjutan. (OL-8)

Baca Juga

Ist

Indodax dan Ayobantu Salurkan Bantuan Modal untuk Pelaku UMKM

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 20:58 WIB
Peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit...
Dok.PGE

PGE Tuntaskan Proyek PLTP Binary Organic Rankine Cycle di Sulawesi Utara

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 20:36 WIB
PLTP Binary Organic Rankine Cycle 500 kW di lokasi PGE Area Lahendong dinyatakan laik...
Ist

Paradigma Baru Kepemimpinan Indonesia di Ekonomi Global

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 20:30 WIB
Wamenkeu Suahasil Nazara membuka seminar dengan mengkilas balik kondisi sosial ekonomi Indonesia pada awal pandemi tahun 2020, saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya