Selasa 27 September 2022, 21:30 WIB

Hingga Akhir 2022, Tarif Listrik Dipastikan Tak Naik

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Hingga Akhir 2022, Tarif Listrik Dipastikan Tak Naik

ANTARA
Jaringan listrik.

 

KEMENTERIANN Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan tidak ada penyesuaian tarif listrik (tariff adjustment) pada triwulan IV atau dari Oktober-Desember 2022.

Tarif listrik tidak mengalami perubahan untuk 13 pelanggan nonsubsidi per 1 Oktober sampai dengan 31 Desember 2022. Ini sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016 tentang Tarif Tenaga Listrik yang Disediakan oleh PT PLN (Persero), sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2020.

"Dengan memperhatikan kondisi masyarakat dan industri saat ini, pemerintah memutuskan tarif tenaga listrik di triwulan IV 2022 tetap," kata Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Dadan Kusdiana dalam keterangan resminya.

Penyesuaian tarif listrik dilakukan secara tiga bulanan dengan mempertimbangkan kurs rupiah, Indonesian Crude Price/ICP, inflasi, dan Harga Patokan Batubara/HPB). Untuk tariff adjustement periode triwulan IV menggunakan realisasi indikator makro ekonomi bulan Mei-Juli 2022.

Dadan menyebut, tariff adjustement di triwulan IV 2022 mengalami sedikit kenaikan dibandingkan dengan yang digunakan pada triwulan III 2022, sehingga seharusnya mengalami sedikit kenaikan. Namun pemerintah masih mempertahankan tarif listrik.

Dadan mengatakan, ke depan diharapkan realisasi parameter ekonomi makro bisa mengalami penurunan sehingga dapat menurunkan biaya pokok penyediaan (BPP) tenaga listrik dan tarif tenaga listrik. "Kementerian ESDM juga mendorong agar PT PLN (Persero) berupaya melakukan langkah-langkah efisiensi operasional dan memacu penjualan tenaga listrik secara lebih agresif," tutupnya. (OL-15)

Baca Juga

Ist

Anggota DPR RI Komisi VI Dukung PGEO Menjadi Pemimpin Penyediaan Energi Berkelanjutan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 September 2023, 13:42 WIB
Komisi VI DPR RI terus mendorong dan mendukung upaya pengembangan energi bersih dan energi baru terbarukan secara nasional yang dilakukan...
Ist/Ilustrasi

Sebagian Pedagang Tanah Abang Jualannya Terbantu Berkat TikTok Shop

👤Media Indonesia 🕔Senin 25 September 2023, 13:17 WIB
Nadia mengatakan jika selama satu tahun terakhir, hampir seluruh pedagang di Tanah Abang mulai familiar berkoar-koar secara live di TikTok...
MI/ATET DWI PRAMADIA

Turunnya Daya Beli Tambah Ancaman PHK

👤Budi Ernanto 🕔Senin 25 September 2023, 13:09 WIB
Adanya serangan barang impor dengan harga di bawah pasar, mendorong rendahnya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

  • Presiden PKS Buka-Bukaan Soal Pasangan Amin

    Berikut petikan wawancara khusus wartawan Media Indonesia Ahmad Punto, Henri Salomo, Akhmad Mustain, dan Rifaldi Putra Irianto di kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya