Minggu 25 September 2022, 15:44 WIB

Jokowi Wujudkan Pemerataan Pembangunan Lewat Infrastruktur Perbatasan

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Jokowi Wujudkan Pemerataan Pembangunan Lewat Infrastruktur Perbatasan

Setpres
Presiden Joko Widodo

 

KESERIUSAN Presiden Joko Widodo memeratakan perekonomian terwujud lewat sejumlah program. Salah caranya yakni dengan menggenjot pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah.

Melihat demikian, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan gebrakan baru tak henti  dilakukan  Jokowi. Utamanya dalam menjaga kebangkitan ekonomi masyarakat yang sempat lesu akibat diterjang badai pandemi

"(Presiden Jokowi) membangun infrastruktur jalan, kalau jalan sudah kita buka akses ke mana saja bisa ekonomi sudah pasti hidup,” kata Rudi, Minggu (25/9)

Ia menambahkan berbagai realisasi pembangunan infrastruktur yang digencarkan Presiden Jokowi semakin memudahkan mobilitas masyarakat. Bahkan mampu meningkatkan pendapatan harian.  

Hal itu terbukti, dia melanjutkan, salah satunya mampu memangkas waktu tempuh perjalanan. Memotong waktu jalan hingga separuh waktu dari sebelumnya. 

Oleh karenanya dia menilai keputusan Jokowi menggenjot sektor pembangunan infrastruktur sudah sangat tepat. Lantaran manfaat yang ditimbulkan sangat dirasakan masyarakat

"Dulu perjalanan yang empat jam sekarang hanya butuh waktu satu jam. Orang dulu mau ke Batu Aji butuh satu jam sekarang hanya dua puluh menit. Penghematan untuk diri sendiri saja sudah dapat," pungkas Rudi.

Hingga saat ini, total pembangunan tol telah mencapai 2.042 km, sedangkan pembangunan non-tol mencapai 5.515 km. Selain itu, pembangunan proyek bandara telah mencapai 16 bandara dan 38 bandara mendapatkan perbaikan. Pembangunan proyek pelabuhan juga dioptimalisasi dengan 18 pelabuhan baru dan sebanyak 128 pelabuhan mengalami perbaikan.

Tak hanya pembangunan infrastruktur jalan tol, konstruksi bandara juga turut dipercepat. Percepatan konstruksi bandara turut didorong oleh presiden Jokowi yang mana hingga saat ini, terdapat 29 proyek bandara yang dapat diselesaikan dan 9 konstruksi ditargetkan akan rampung pada 2023. Hal itu merupakan peningkatan karena sebelumnya, hingga tahun 2014, hanya terdapat total 24 pembangunan proyek bandara di Indonesia. (OL-8)

Baca Juga

Dok.SKK Migas

Kabar Baik, SKK Migas Pastikan Pasokan Gas untuk Pabrik Pupuk Tahun Depan Aman

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 09 Desember 2022, 11:45 WIB
Kemampuan pasokan gas untuk 2023 akan lebih tinggi dibandingkan tahun 2022, mengingat saat ini sudah onstream proyek strategis nasional...
Antara/Akbar Nugroho Gumay

Update Rights Issue BBTN, Masih Tunggu Pernyataan Efektif OJK

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 11:02 WIB
informasi yang menyebutkan harga right Rp500 adalah keliru. Harga ini merupakan nominal saham yang dicantumkan pada prospektus...
Antara/Hafidz Mubarak

Investor Khawatirkan Volatilitas, Dana Keluar dari Bursa Capai Rp2 Triliun

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 09 Desember 2022, 10:32 WIB
IHSG seakan kehilangan daya tahannya di mana terus jebol hingga menyentuh level psikologis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya