Selasa 20 September 2022, 20:42 WIB

Semester I Elnusa Kantongi Laba Bersih Rp226 Miliar

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Semester I Elnusa Kantongi Laba Bersih Rp226 Miliar

Antara/Arif Firmansyah.
Ilustrasi.

 

PT Elnusa Tbk, anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, mengantongi laba bersih senilai Rp226 miliar pada semester I 2022. Angka tersebut tumbuh 976% dari periode yang sama di 2021.

Direktur Keuangan Elnusa Bachtiar Soeria Atmadja mengatakan, realisasi laba bersih tersebut telah melampaui target perusahaan yang telah ditetapkan. "Enam bulan berjalan tahun ini Elnusa secara konsolidasi mencatatkan kinerja keuangan yang gemilang pada semua segmen usaha," ucapnya dalam keterangan resmi, Selasa (20/9).

Capaian cemerlang laba bersih perseroan sejalan dengan pendapatan usaha yang meningkat 46% year on year (yoy) dari Rp3,71 triliun menjadi Rp5,42 triliun pada semester I 2022. Secara konsolidasi komposisi kontribusi pada jasa distribusi & logistik energi 58%, segmen jasa hulu migas 33%, serta jasa penunjang 9%.

Pada segmen jasa distribusi dan logistik energi, peningkatan kinerja disebabkan oleh naiknya volume thruput. Ia menerangkan kenaikan terjadi pada unit jasa transportasi BBM, manajemen depo, maupun bisnis perdagangan BBM industri marine.

Pada segmen jasa hulu migas, meningkatnya aktivitas seismik cukup mendongkrak pendapatan usaha perseroan. Elnusa, lanjut Bachtiar, tengah mengerjakan Survei Seismik 2D Vibroseis Jawa sepanjang 1.000 km. Ini menjadi upaya Eksplorasi Subholding Upstream Pertamina dalam membuka potensi sumber migas baru dengan pengambilan data bawah permukaan di area sub vulkanik.

Selain itu, masih di segmen yang sama Elnusa juga mengerjakan pekerjaan workover, yaitu Hydraulic Workover Unit (HWU) di Pertamina Group dan mendukung pekerjaan drilling pada sumur eksplorasi di area Sangasanga, Kalimantan Timur. "Kami memproyeksikan di sisa enam bulan hingga akhir tahun ini kinerja Elnusa akan semakin kokoh," kata Bachtiar.

Hal ini, lanjutnya, didukung oleh peningkatan aktivitas jasa hulu migas khususnya dalam kegiatan seismik dan well services serta adanya peningkatan kebutuhan BBM yang sudah kembali normal yang cukup memberikan dampak positif pada segmen jasa distribusi & logistik energi perusahaan. (OL-14)

Baca Juga

Ist/DPR

Legislator Soroti Kasus Pekerja Migran Indonesia Ilegal di NTB

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 09:19 WIB
Pada bulan Maret tahun 2022 ada kejadian TNI AL telah mengevakuasi kapal-kapal karam yang ditumpangi PMI Ilegal di Selat...
Ist/PLN

PLN Batalkan Program Kompor Listrik

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 09:10 WIB
Langkah ini dilakukan guna menjaga kenyamanan masyarakat dalam pemulihan ekonomi pascapandemi...
MI/Widjajadi

FAO Bakal Dampingi Indonesia Kembangkan Food Estate

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 28 September 2022, 08:20 WIB
FOOD and Agriculture Organization (FAO) akan mendampingi Indonesia dalam pengembangan program lumbung padi nasional atau food...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya