Selasa 20 September 2022, 16:20 WIB

Kadin Jakarta Nilai Imigrasi Indonesia Hambat Investasi

Lis Pratiwi (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) | Ekonomi
Kadin Jakarta Nilai Imigrasi Indonesia Hambat Investasi

Dok.MI/Ilustrasi
Kadin Jakarta Nilai Imigrasi Indonesia Hambat Investasi

 

KETUA Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Diana Dewi sepakat dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang menginginkan perubahan di layanan Imigrasi. Diana mengaku malu melihat aturan Imigrasi yang bertele-tele. 

"Saya sangat apresiasi Presiden Jokowi mau memperbaiki Imigrasi kita, sampai Beliau marah. Saya sendiri sebagai orang lokal, malu, kenapa orang dari luar harus di screening seperti itu," beber Diana kepada Metro TV, Selasa (20/9/2022).

Diana menilai aturan yang dijalankan Imigrasi saat ini cukup menyulitkan warga asing maupun investor yang hendak masuk. Mereka pun mengaku kesulitan mengurus visa dan kartu izin tinggal terbatas atau kitas.

"Banyak juga (investor) yang menyerukan kepada saya jika (aturan) Imigrasi yang begitu banyak. Pengurusan visa di sini juga tidak semudah seperti di luar negeri," ujarnya.

Padahal, menurut Diana, masuknya investor dan turis dapat membantu perkembangan ekonomi di Indonesia. Diakui masih ada sejumlah sektor yang masih membutuhkan tenaga kerja dari luar negeri.

Kadin berharap pemerintah terus mengupayakan adanya keterbukaan terhadap investasi termasuk dari luar negeri karena secara tidak langsung dampaknya akan turut menyerap tenaga kerja lokal.

"Dengan adanya investasi pasti tenaga kerja lokal akan menjadi pekerja di tempat investasi itu, meski di beberapa sektor masih membutuhkan tenaga asing. Jadi saya harap pemerintah lebih banyak terbuka terhadap investasi dibanding jika kita tertutup," tandasnya. (Ren/A-3)

Baca Juga

dok.kemetan

Tani AKUR, Solusi Kementan bagi Petani Milenial Raih Sukses

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 19:37 WIB
KEMENTERIAN Pertanian tiada henti mengajak para petani milenial RI untuk menekuni pertanian melalui berbagai kemudahan, program teranyar...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Pengamat: Ciptakan Lapangan Pekerjaan Seluasnya untuk Atasi Garis Kemiskinan

👤Ficky Ramadhan 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 16:46 WIB
Badan Pusat Statistik (BPS) menggunakan garis kemiskinan berdasarkan total pengeluaran bulanan dari setiap orang untuk memenuhi kebutuhan...
Dok. Skandinavia Apartement

Fasilitas yang Fokus pada Keluarga jadi "Senjata" Skandinavia Pasarkan Apartemen

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 16:41 WIB
Apartemen yang memiliki konsep desain interior sesuai dengan namanya, Scandinavian, terus-menerus menyuguhkan fasilitas terbaik, seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya