Selasa 13 September 2022, 23:28 WIB

Pemerintah Perkuat Rantai Pasok Industri Parekraf di NTB

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pemerintah Perkuat Rantai Pasok Industri Parekraf di NTB

Dok MI
Menparekraf Sandiaga Uno

 

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berupaya memperkuat rantai pasok industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam pernyataannya mengatakan, rantai pasok industri pariwisata dan ekonomi kreatif diperlukan dalam mengembangkan ekosistem pariwisata di NTB yang masuk dalam 5 destinasi pariwisata super prioritas.

“Penguatan rantai pasok ini melibatkan berbagai pihak dan stakeholder mulai dari hulu hingga hilir sehingga diperlukan kolaborasi yang kuat,” kata Sandiaga dalam rilisnya, Selasa (13/8).

Kemenparekraf menggelar kegiatan rantai pasok kepada UMKM, hotel, dan dinas provinsi serta asosiasi di Mandalika dengan tujuan untuk memperkuat ekosistem pariwisata di NTB dihadiri oleh 10 pelaku industri hotel, 34 UMKM, dan dinas provinsi, pada 7 September 2022

“Pada kegiatan ini kami melaksanakan upskilling SDM UMKM dalam rangka persiapan temu bisnis," ucap Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf Anggara Hayun Anujuprana.

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya membangun upaya keberlanjutan supply chain dan membina hubungan dengan seluruh ekosistem yang terlibat sehingga hasil akhirnya dapat meningkatkan ekonomi yang ada di NTB.

Ketua Badan Pengurus Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPD NTB Woline menjelaskan kegiatan temu bisnis yang telah dilaksanakan di DPSP Mandalika pada Januari 2022 mendorong penggunaan produk UMKM oleh hotel.

"Sehingga pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian masyarakat dan harapannya akan terus dilakukan sehingga ada kolaborasi antar UMKM dan hotel,” kata dia.

Sementara itu perwakilan UMKM House of Hefa juga menyampaikan kegiatan temu bisnis penguatan rantai pasok telah berhasil mendapatkan komitmen dengan hotel. (OL-8)

Baca Juga

Antara/MUHAMMAD ADIMAJA.

Indonesia Diharapkan Mampu Manfaatkan Momentum 'Perfect Storm'

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 28 September 2022, 17:00 WIB
Momentum itu harus dimanfaatkan Indonesia untuk menarik investasi ke Indonesia. Untuk itu, Indonesia harus menjaga iklim investasi dan...
Antara

Bank Mandiri belum Berencana Naikkan Suku Bunga Kredit

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 28 September 2022, 16:35 WIB
Pasalnya, kinerja perseroan sejauh ini, termasuk aspek profitabilitas, masih tergolong positif. Kendati demikian, Bank Mandiri tetap...
AFP

Kebijakan Moneter The Fed Kian Ketat, Perdagangan Aset Kripto Lesu

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 28 September 2022, 16:06 WIB
Pergerakan aset kripto terlihat terpengaruh oleh market saham AS yang berkinerja buruk. Hal itu mengindikasikan investor sedang menghindari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya