Senin 05 September 2022, 15:36 WIB

Bansos Jokowi Dinilai Jadi Solusi Atasi Persoalan Kemiskinan

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Bansos Jokowi Dinilai Jadi Solusi Atasi Persoalan Kemiskinan

Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo

 

PROGRAM bantuan sosial yang disalurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai efektif dalam menurunkan angka kemiskinan di Indonesia. Salah satu yang sudah teruji adalah Program Keluarga Harapan (PKH).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin di Indonesia pada Maret 2022 sebanyak 26,16 juta orang. Angka ini turun 0,34 juta orang dari periode September 2021 dan 1,38 juta orang dari periode Maret 2021.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Dr. Alwi, mengatakan realisasi PKH kepada masyarakat merupakan kepedulian Presiden Jokowi kepada masyarakat. Terbukti, program ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Jadi Program PKH itu adalah program kementerian, program nasional. Tentunya program itu menjabarkan visi dan misi presiden," kata Alwi.

Ia menyebut penyaluran PKH tepat sasaran merupakan langkah positif yang hadir di era Pemerintahan Jokowi. Sebab kebijakan strategis itu juga diikuti oleh pengawasan maksimal sehingga benar-benar menyentuh akar rumput.

"Jadi itu program yang sangat strategis untuk menurunkan angka kemiskinan masyarakat di Indonesia," sambung Alwi.

Berkat bantuan sosial yang disalurkan pemerintah, lanjut dia, dampak mendasar yang dirasakan masyarakat adalah tercukupinya kebutuhan pangan sehari-hari. Kebutuhan yang terpenuhi itu kian meringankan kehidupan masyarakat.

"Pertama kebutuhannya terpenuhi, kedua biaya beban hidupnya itu terkurangi. Mereka bisa menyekolahkan anaknya, bisa berobat dan sebagainya," pungkasnya 

Presiden Jokowi telah menggelontorkan tambahan anggaran bantalan sosial sebesar Rp24,17 triliun sebagai pengalihan beban biaya subsidi BBM, yang terbagi untuk BLT sebesar Rp12,4 triliun, bantuan subsidi upah (BSU) Rp9,6 triliun, dan subsidi transportasi daerah sebesar Rp2,17 triliun. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Ekonomi Kuat, Pertumbuhan Triwulan III Diyakini Capai 5,5%

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 14:13 WIB
Wahyu menyampaikan, meski beberapa waktu ke belakang ekonomi dihadapkan pada persoalan inflasi dan pelemahan rupiah, itu tidak akan...
MI/BRIYANBODO HENDRO

Implementasi UU PDP Perlu Dukungan Literasi Digital

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 13:34 WIB
Berdasarkan data dari Economist Intelligence Unit pada 2020, Indonesia berada di peringkat 61 dari 100 negara terkait dengan kesiapan...
Ist

Gandeng MongoDB, Amar Bank Akselerasi Dampak Sosial Positif

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 13:14 WIB
Amar Bank, pionir perbankan digital di Indonesia, fokus menyediakan pinjaman mikro melalui platform pinjaman digital berbasis data,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya