Kamis 01 September 2022, 08:50 WIB

Tips Menabung Capai Tujuan Keuangan dari CommBank Mobile

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Tips Menabung Capai Tujuan Keuangan dari CommBank Mobile

DOK MI.
Ilustrasi.

 

BANYAK orang ingin menabung untuk mencapai sejumlah tujuan keuangan, seperti biaya pendidikan anak, punya rumah, dan investasi. Namun masih banyak pula yang bingung cara mengelola pendapatannya agar impian mereka itu terwujud.

Sejatinya ada sejumlah tips untuk hal itu. Langkah pertama yaitu membuat anggaran bulanan. "Setiap orang punya konsep yang berbeda-beda terkait dengan anggaran, semisal ada yang dibagi tiga dengan rasio 50:30:20," ujar Lia Rosmalia, Head of Marketing, Branding and Digital Products Bank Commonwealth, dalam keterangan tertulis, Kamis (1/9). 

Lebih rinci lagi Lia menjelaskan rasio itu yakni 50% untuk kebutuhan sehari hari, 30% untuk bersenang-senang, dan sisanya 20% untuk investasi. Namun ada juga yang punya rasio lain disesuaikan dengan life stages atau kebutuhannya. "Nah di CommBank Mobile kami memiliki fitur budgeting sehingga nasabah tidak perlu lagi repot mengalokasikan bujet secara manual atau mesti membuka beberapa rekening terpisah untuk setiap pos pengeluaran," tuturnya.

Langkah kedua, lanjut Lia, yaitu mencatat pengeluaran. Semakin mengetahui pos-pos pengeluaran kita, semakin paham kita tentang kondisi keuangan dan kita tahu hal yang bisa disesuaikan agar kita memiliki cukup dana untuk menabung. Terkait hal ini, CommBank Mobile juga memiliki fitur transaksi pencatatan pengeluaran secara otomatis. Karenanya, nasabah bisa melakukan transaksi menggunakannya dan secara otomatis kita akan mencatat pengeluarannya. Aplikasi itu sudah dilengkapi dengan fasilitas transaksi yang cukup lengkap sehingga transaksi dan pencatatan bisa dilakukan dalam satu aplikasi.

Langkah terakhir ialah disiplin dalam menabung dan mengelola cashflow. Untuk ini, pihaknya memiliki fitur tabungan Goal Saver yang membantu nasabah berdisiplin menabung untuk menyiapkan dana jangka panjang dalam bentuk tabungan atau sekadar menyiapkan pengeluaran yang bersifat tahunan seperti zakat dan pajak kendaraan.

Sekadar informasi, Bank Commonwealth melakukan survei yang dilakukan kepada kaum milenial di beberapa kota besar di Indonesia beberapa waktu yang lalu. Pada survei tersebut bank menemukan bahwa ternyata hampir semua responden menyadari pentingnya menabung untuk masa depan yang lebih baik. Karena itu, CommBank Mobile didesain dengan dua tujuan utama.

Salah satu tujuannya yaitu dapat melayani kebutuhan perbankan nasabah dengan pengalaman nasabah yang disesuaikan sedemikian rupa agar mudah digunakan. Tersedia fitur perbankan seperti pembukaan rekening  secara online, fitur transfer antarbank, pembayaran tagihan, top up wallet, transaksi e commerce, dan pembayaran menggunakan QR. Aplikasi yang sudah diinstal lebih dari sejuta kali itu juga dilengkapi dengan fitur personalisasi, gamification, dan reward yang membuat aktivitas perbankan lebih mudah dan lebih menyenangkan.

Pihaknya juga memosisikan CommBank Mobile sebagai financial fitness coach yang membantu nasabah untuk membentuk kebiasaan finansial yang sehat agar dapat mencapai tujuan keuangan. "Untuk tujuan ini kami melengkapi CommBank Mobile dengan beberapa fitur seperti budgeting, expense tracking, tabungan Goal Saver untuk mencapai financial goals di masa yang akan datang dan me-manage cashflow untuk pengeluaran yang besar," papar Lia. 

Sedangkan Smartwealth ialah aplikasi wealth management terintegrasi yang dirancang untuk memberikan kemudahan bagi nasabah yang tidak hanya bertransaksi melalui produk investasi yang ditawarkan oleh Bank Commonwealth seperti reksa dana, obligasi pemerintah, maupun obligasi retail secara online. Aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi nasabah untuk memantau portofolionya secara 360 derajat dan fitur smart advisory yang akan memberikan nasabah informasi relevan terhadap portfolionya dan rekomendasi ahli untuk dapat mengoptimalkan portofolionya. 

Di sisi lain, Lia mengingatkan nasabah untuk tetap menjaga keamanan data pribadi dalam menggunakan aplikasi kuangan. "Hindari menggunakan koneksi jaringan Wi-Fi umum, selalu perbarui aplikasi dengan versi terbaru, dan jangan lakukan jailbreak atau root pada ponsel kamu," tuturnya. Trik lain yaitu rahasiakan username, password, passcode, dan PIN kamu dari siapapun. Jangan gunakan fitur login via biometric jika kamu menyimpan sidik jari/pengenalan wajah orang lain di ponsel kamu. (OL-14)

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Perkuat UMKM, Sinar Mas Land Berikan Pelatihan dan Pendampingan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:49 WIB
Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan pilar terpenting dalam menopang perekonomian nasional, sehingga peningkatan daya...
dok.ant

Oke ungkap Penyebab Krisis Minyak Goreng pada Januari lalu

👤Sri Utami 🕔Kamis 29 September 2022, 23:40 WIB
MANTAN Dirjen Perdagangan Dalam Negeri pada Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengungkapkan penyebab kelangkaan minyak goreng selama...
MI/BAYU ANGGORO

Tokopedia Bantu 12 Juta UMKM dengan Beragam Aplikasi

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 29 September 2022, 23:25 WIB
Sangat penting bagi UMKM agar bisa terus beradaptasi dengan perkembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya