Rabu 31 Agustus 2022, 21:57 WIB

Auditor Negara Berperan Penting Dukung Peralihan Energi

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Auditor Negara Berperan Penting Dukung Peralihan Energi

Kementerian ESDM
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif

 

LEMBAGA audit tertinggi suatu negara sedianya memiliki peranan penting dalam mendukung pencapaian target peralihan energi. Karenanya, kementerian melakukan aksi kolaborasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk mendukung agenda transisi energi.

Demikian disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam sharing session Pertemuan Tingkat Tinggi Supreme Audit Institution20 (SAI20) di Nusa Dua, Bali, Selasa (30/8).

"Lembaga audit tertinggi memiliki peran penting dalam memastikan konsistensi pelaksanaan program untuk mendukung transisi ekonomi hijau," ujarnya.

Dalam konteks kolaborasi Kementerian ESDM dengan BPK, kata Arifin, auditor negara berperan untuk memberikan rekomendasi kebijakan negara untuk meningkatkan kinerja dan akuntabilitas lembaga sektor publik.

Melalui aksi kolaborasi tersebut, BPK dapat membantu mengawasi pelaksanaan bantuan kebijakan strategis dalam pelaksanaan audit, menyediakan akses ke data dan informasi yang diperlukan.

Kolaborasi juga dilakukan melalui pengawasan pelaksanaan proyek-proyek strategis agar dapat dikembangkan sesuai koridor dan meminimalkan terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaannya. Harapannya ialah agar tercapai percepatan pembangunan ekonomi yang akuntabel.

Sedangkan dari sisi peranan auditor negara, kata Arifin, ialah mendorong pemerintah untuk mematuhi komitmen nol emisi dilakukan dengan memastikan konsistensi pelaksanaan program nol emisi yang akuntabel dan transparan.

Lalu memberikan rekomendasi kebijakan konkret yang dapat diterapkan oleh pemerintah dalam memastikan setiap mobilisasi keuangan dilakukan sesuai dengan ketentuan untuk mencegah penyalahgunaan keuangan.

Kemudian memastikan dan meningkatkan kinerja dan akuntabilitas lembaga sektor publik, serta efektivitas program dan kebijakan mereka.

Auditor negara juga mendorong efisiensi akuntabilitas, efektivitas, dan transparansi dalam penyelenggaraan administrasi publik dan pelayanan publik.

Selain itu, adanya dorongan untuk menciptakan lingkungan yang memungkinkan untuk transparansi informasi non-keuangan, seperti kebijakan yang dilekatkan dengan prinsip-prinsip ESG, untuk mendukung transisi energi hijau. (OL-8)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Anggota DPR Tegaskan Penggunaan Kompor Listrik Masih Tahap Sosialisasi

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Sabtu 24 September 2022, 23:35 WIB
“Uji coba ini untuk mengetahui, seberapa efektif penggunaan kompor listrik ini dibandingkan elpiji. Lebih bisa menekan impor gas,...
Dok.hanabank.co.id

Pinjamlah Di TempatĀ  Yang Benar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 September 2022, 22:16 WIB
OJK telah menghentikan kegiatan 5.468 pinjol dan investasi ilegal. Tapi itupun masih banyak juga masyarakat yang terkena pinjol...
DOK/DHL

DHL Sesuaikan Tarif Layanan Ekspres naik 7,9%

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 24 September 2022, 21:40 WIB
Dengan penyesuaian harga tahunan memungkinkan perusahaan untuk dapat berinvestasi pada infrastruktur dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya