Rabu 31 Agustus 2022, 16:39 WIB

Tips Membedakan Kebutuhan dan Keinginan saat Mengelola Keuangan

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Tips Membedakan Kebutuhan dan Keinginan saat Mengelola Keuangan

Forbes.com
Ilustrasi

 

Perencana Keuangan Ruisa Khoriyah memberikan tips cermat dan hemat mengelola keuangan dalam program literasi keuangan yang diinisiasi oleh PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi (Flip), penyedia jasa transfer uang di Indonesia.

"Hal paling mendasar dalam mengelola keuangan secara cermat dan hemat adalah mengetahui perbedaan antara kebutuhan dan keinginan," katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Ia memaparkan kebutuhan merupakan barang dan jasa yang dibutuhkan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, sedangkan keinginan merupakan segala kebutuhan berlebih yang sifatnya tidak mengikat dan tidak ada keharusan untuk dipenuhi.

Selanjutnya, menurut dia, kebutuhan juga perlu dibagi menjadi tiga yakni primer atau kebutuhan yang harus dipenuhi seperti pakaian, makanan, dan rumah, kebutuhan sekunder seperti kendaraan pribadi, dan kebutuhan tersier seperti hiburan.

"Prinsip selanjutnya agar kamu dapat cermat dan hemat dalam mengelola keuangan adalah hindari berbelanja dan mengalokasikan pengeluaran yang melebihi pendapatan bulanan," imbuhnya.

Ia memastikan pemanfaatan aplikasi keuangan seperti aplikasi transfer uang atau top up yang bebas biaya admin juga bisa dilakukan untuk mendukung gaya hidup hemat, tapi keamanan dan kepraktisan layanannya perlu dipahami terlebih dahulu.

Selain itu, lanjut Ruisa, pendapatan juga perlu dibagi dengan 50 persen untuk kebutuhan rumah tangga, 30 persen untuk pembayaran utang dan cicilan, serta 20 persen untuk dana darurat.

"Meskipun pendapatan tidak tetap, kamu harus melakukan pembagian dengan jelas, salah satunya dengan rumus tersebut," katanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Antara

KKP Resmikan Integrated Maritime Intelligent Platform

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 28 September 2022, 23:27 WIB
Peresmian infrastruktur teknologi ini mendukung program Ekonomi Biru. Serta, menjaga kesehatan laut dan mendorong pertumbuhan ekonomi...
Antara

Pengamat: BLT BBM tidak Bisa Selamatkan Rakyat dari Jurang Kemiskinan

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 28 September 2022, 23:17 WIB
Pengamat dari Core menilai BLT BBM hanya bersifat sementara untuk bermasyarakat. Serta, tidak berdampak signifikan pada ekonomi...
MI/Andri Widiyanto

BSI: Pengembangan Sektor Syariah di Indonesia tidak Mudah

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 28 September 2022, 22:59 WIB
Meski penduduk Muslim di Indonesia lebih dari 220 juta orang, namun literasi atau pemahaman terkait perbankan syariah tergolong rendah,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya