Selasa 30 Agustus 2022, 15:11 WIB

Menparekraf Yakin Sektor Ekraf Paling Cepat Pulih Setelah Pandemi

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Menparekraf Yakin Sektor Ekraf Paling Cepat Pulih Setelah Pandemi

ANTARA FOTO/Jojon
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melihat tenunan khas Buton di Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia.

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meyakini sektor ekonomi kreatif (ekraf) dapat pulih paling cepat dibandingkan sektor-sektor lain setelah pandemi.

Ia mengatakan pada saat ini, nilai revenue global dari character and entertainment licensing atau lisensi karakter dan hiburan cukup besar, yaitu US$275,9 juta dan diperkirakan meningkat hingga US$384,5 juta di 2028. Ini disampaikannya saat di Pameran Seni POP Art Jakarta 2022 di Senayan Park, Jakarta, Senin (29/8).

“Untuk itu, Indonesia perlu ambil bagian dari tren positif ini. Ekosistem industri kreatif semakin menggeliat dan paling cepat pulih," ujarnya.

Melihat besarnya pertumbuhan peluang lisensi karakter baik domestik maupun mancanegara, Menparekaf mengatakan Indonesia harus mulai menyusun strategi komersialisasi dan perkenalan ke publik IP Licensing.

Langkah itu agar bisa turut menyumbangkan efek ekonomi yang signifikan, khususnya pada produk-produk ekonomi kreatif sebagai upaya membuka peluang usaha dan lapangan kerja, serta memberdayakan usaha mikro, kecil dan mikro (UMKM).

“Sehingga diharapkan ada penciptaan dan kebangkitan ekonomi karena terdapat 1,1 juta lapangan pekerjaan baru di 2021. Di 2024 kita targetkan 4,4 juta lapangan kerja baru dapat terealisasikan,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini sudah banyak pameran seni yang ada di tanah air, salah satunya Pop Art Jakarta yang digelar sejak 12 Agustus hingga 4 September 2022.

"Hal tersebut bakal menggeliatkan perekonomian karena bisa membuka lapangan kerja,” ujarnya.

Pop Art Jakarta dianggap bisa menjadi wisata bentuk baru yang menyuguhkan keunikan karya dan interaksi seru dengan karakter intellectual property (IP) lokal. Pameran yang mengusung tema "Collecting Moments and Happiness" ini. Pop Art Jakarta 2022 menghadirkan pameran karakter dari 15 kreator IP.

Di antaranya adalah superhero lokal yang sudah dikenal, seperti Gundala, Sri Asih, Pionicon yang membawa Si Juki, Nusantara, dan Aquanus yang berasal dari Bumilangit. Ada juga Kalawira dan Tuti and Friends, Faktap, INFIA, Mice Cartoon, Lokapala, Oramon, Galeo Anak Segara, dan Yang Terdalam (YTD). (OL-12)

Baca Juga

Dok. Petrokimia Gresik

Petrokimia Gresik Rilis Sekolah Makmur untuk Tingkatkan Produksi Pertanian

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:16 WIB
“Program ini, merupakan salah satu implementasi dari strategi customer intimacy Petrokimia Gresik dalam menghadirkan solusi atas...
dok.Kementan

Pertanian Kokoh, Kementan Tanamkan Orientasi Bisnis pada Petani Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:15 WIB
REGENERASI petani bagi keberlanjutan pembangunan pertanian nasional, terus diupayakan oleh Kementerian Pertanian RI, utamanya generasi...
Antara/Basri Marzuki.

Pegadaian Sediakan Produk Bundling Investasi Emas dan Asuransi bagi Pengemudi Ojol

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 17:44 WIB
PT Pegadaian bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Gojek memperkenalkan produk bundling investasi sekaligus asuransi bagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya