Kamis 25 Agustus 2022, 16:43 WIB

Riset Kantar : Aice Jadi Produk Turunan Susu Berupa Es Krim yang Paling Diminati

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Riset Kantar : Aice Jadi Produk Turunan Susu Berupa Es Krim yang Paling Diminati

Dok. Aice
Produk es krim Aice edisi Piala Dunia 2022

 

PRODUK es krim Aice dinobatkan sebagai salah satu jenama (brand) yang paling banyak dipilih oleh konsumen dalam kategori produk berbahan dasar susu dan turunannya. Hasil riset tahunan Brand Footprint Indonesia 2022 yang dilaksanakan oleh Kantar Indonesia memperlihatkan jangkauan Aice dari segi penetrasi dan frekuensi konsumen yang membeli produknya. 

Aice menjadi satu-satunya brand es krim di Indonesia yang menempati posisi 5 besar di kategori Dairy and Dairy Substitution, bersama dengan Frisian Flag, Indomilk, Dancow dan Bear Brand. Es krim yang menjadi official es krim FIFA World Cup Qatar 2022 ini telah dibeli lebih dari 42 persen rumah tangga di Indonesia selama 2021. 

Brand Manager sekaligus Juru Bicara Aice Group Sylvana Zhong mengatakan, hasil positif penjualan dan kepercayaan publik atas brand es krim Aice tak terlepas dari riset produk yang inovatif, kualitas dan ekspansi jejaring distribusinya dalam beberapa tahun terakhir. 

Menurutnya, masa pandemi dalam dua tahun terakhir makin menajamkan kualitas produk es krim sehingga disukai oleh segala segmen konsumen Indonesia. Adanya pembatasan berkumpul serta perjalanan pada 2021 menyumbang besar pertumbuhan penjualan di outlet warung. 

“Momen di rumah aja menjadi pendorong perusahaan untuk meningkatkan upaya penjualan di seluruh wilayah Indonesia. Saat pandemi puncak terjadi di 2021 menjadi tahun yang sibuk buat Aice. Riset kami banyak menghasilkan produk pioneer yang disukai oleh masyarakat seperti Aice Susu Telur, Mochi Klepon dll. Di saat yang sama, ekspansi distribusi kami hingga mencapai 350 ribu warung,” jelas Sylvana. 

Sylvana menambahkan perlambatan ekonomi di 2021 dan pembatasan perjalanan akibat pandemi menjadi variabel penting bagi semua pelaku usaha FMCG. Dari tiga pabriknya di Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Utara, Aice melakukan riset produk yang cocok bagi penyuka es krim dan kondisi saat itu di Indonesia dan Asia Tenggara. 

Sejak awal hadir di Indonesia, fokus Aice dimulai dengan membangun kekuatan dari jaringan distribusi pemasaran ke seluruh pulau. Memudahkan konsumen untuk mendapatkan es krim Aice, sehingga secara tidak langsung konsumen akan menjadi loyal. Dampaknya, Aice akan selalu dekat dalam jangkauan pembeli dan cepat memenangkan pilihan konsumen. 

Riset produk yang masif dan berteknologi tinggi juga memberi multiplier pertumbuhan penjualan yang besar. Hanya dalam waktu delapan tahun, Aice sudah mengeluarkan begitu banyak produk unggulan dan pioneer di industri. 

Baca juga : Sinar Mas Land Raih Penghargaan Top 10 Developer BCI Asia Awards

Inovasi yang dilakukan bukan hanya melibatkan komposisi bahan berkualitas tapi juga teknik produksi modern. Melalui inovasi produksi es krim yang canggih, kini es krim Aice banyak disukai masyarakat. 

“Selain inovasi produksi, Aice juga melebarkan sayap inovasi tidak hanya di Indonesia namun juga di wilayah Asia dan dunia,  sebagai es krim resmi Asian Games pada 2018 dan kini menjadi es krim resmi di FIFA World Cup Qatar 2022.  Inovasi Aice juga tidak akan berhenti sampai disini, kami akan terus menciptakan inovasi-inovasi kejutan lainnya yang akan menghadirkan keceriaan bagi masyarakat Indonesia,” tutur Sylvana.

Dalam riset Kantar Worldpanel yang dirilis oleh perusahaan konsultan brand dan analisis data yang berkantor pusat di Inggris ini, pilihan konsumen dipilih dan dihitung melalui matriks yang disebut Poin Jangkauan Konsumen/Consumer Reach Point (CRP). 

Dalam keterangan tertulisnya, Kantar menjelaskan dalam riset tersebut, mereka mengukur kekuatan brand dalam kombinasi berapa banyak rumah tangga yang membeli sebuah brand dan seberapa sering brand tersebut dibeli oleh konsumen. 

Secara global, riset itu mencakup lebih dari 26.000 brand industri makanan dan minuman (FMCG) di 52 negara dari lima benua sehingga mampu mewakili 87% produk domestik bruto dunia. Di Indonesia sendiri, riset ini mencakup tak kurang dari 550 brand dalam lebih dari 100 kategori FMCG di seluruh wilayah perkotaan dan pedesaan yang mewakili 97% penduduk Indonesia. 

Sektor produk yang diteliti Kantar dalam Brand Footprint 2022 ini meliputi berbagai sektor FMCG, misalnya, makanan, minuman, susu, produk perawatan rumah, dan produk perawatan pribadi. 

“Sebagian besar brand terpilih Indonesia ini berhasil mempertahankan keunggulan mereka di tahun sebelumnya. Seperti juga para brand pilihan konsumen lainnya, Aice diuntungkan oleh basis pembeli yang besar dan CRP-nya. Ini menunjukkan Aice sebagai salah satu brand populer di kalangan konsumen, dan mampu mempertahankan relevansi dengan kebutuhan konsumen” jelas Venu Madhav, Managing Director Worldpanel Division Kantar Indonesia. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Ekonomi Kuat, Pertumbuhan Triwulan III Diyakini Capai 5,5%

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 14:13 WIB
Wahyu menyampaikan, meski beberapa waktu ke belakang ekonomi dihadapkan pada persoalan inflasi dan pelemahan rupiah, itu tidak akan...
MI/BRIYANBODO HENDRO

Implementasi UU PDP Perlu Dukungan Literasi Digital

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 13:34 WIB
Berdasarkan data dari Economist Intelligence Unit pada 2020, Indonesia berada di peringkat 61 dari 100 negara terkait dengan kesiapan...
Ist

Gandeng MongoDB, Amar Bank Akselerasi Dampak Sosial Positif

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 13:14 WIB
Amar Bank, pionir perbankan digital di Indonesia, fokus menyediakan pinjaman mikro melalui platform pinjaman digital berbasis data,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya