Sabtu 20 Agustus 2022, 07:00 WIB

Telkom Integrasikan Bisnis Data Center ke Telkom Data Ekosistem

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Telkom Integrasikan Bisnis Data Center  ke Telkom Data Ekosistem

MI/Anggoro
Metaverse dari Telkom

 

PT Telkom Indonesia Tbk melakukan konsolidasi bisnis data centernya ke dalam anak usahanya PT Telkom Data Ekosistem (TDE)

Telkom melakukan pengalihan bisnis data center di anak usahanya yang lain yakni TelkomSigma ke TDE. Nilai transaksi pengalihan bisnis data center itu mencapai Rp2,014 triliun. 

"Transaksi dilakukan dalam rangka restrukturisasi Telkom Group melalui konsolidasi bisnis data center ke dalam satu entitas. Hal tersebut sesuai dengan strategi grup untuk mengembangkan bisnis data center baik di pasar domestik maupun internasional," tulis Direktur Strategic Portofolio Telkom Budi Setyawan Wijaya dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI).

Transaksi telah dilakukan pada 15 Agustus 2022.  Dengan demikian bisnis data center di Serpong, Sentul dan Surabaya secara resmi telah berada di bawah TDE pasca transaksi dilakukan.

TelkomSigma merupakan anak perusahaan dari  dengan kepemilikan 56,39% dengan susunan kepemilikan saham sebesar 56,39% dimiliki oleh Telkom dan 43,61% dimiliki oleh PT Multimedia Nusantara. Sedangkan PT Multimedia Nusantara merupakan anak perusahaan dari Telkom dengan kepemilikan saham sebesar 99,99%.

Sementara TDE merupakan anak perusahaan dari Telkom dengan susunan kepemilikan sebesar 99,96% dimiliki oleh Telkom dan 0,40% dimiliki oleh TelkomSigma.  Setelah transaksi afiliasi ini maka terjadi perubahan susunan kepemilikan saham di TDE yakni TelkomSigma menjadi sebesar 48,90% sedangkan Telkom menjadi sebesar 51,10%.

"Transaksi afiliasi ini merupakan suatu transaksi yang dilakukan oleh Perusahaan Terkendali dari Telkom yakni Telkomsigma dan TDE yang dimaksudkan dalam rangka restrukturisasi Telkom Group." (RO/E-1)

Baca Juga

MI/BAYU ANGGORO

Tokopedia Bantu 12 Juta UMKM dengan Beragam Aplikasi

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 29 September 2022, 23:25 WIB
Sangat penting bagi UMKM agar bisa terus beradaptasi dengan perkembangan...
MI/BAYU ANGGORO

Empat Jenis Produk Mendominasi Pembelian Masyarakat di Tokopedia

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 29 September 2022, 23:15 WIB
Produk rumah tangga, makanan dan minuman, serta Kesehatan menjadi beberapa kategori paling dicari masyarakat Indonesia selama kuartal...
Antara

Pilihan BI dan Pemerintah Terbatas Atasi Pelemahan Rupiah

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 29 September 2022, 22:57 WIB
Sebab, pelemahan tersebut disebabkan oleh faktor eksternal yang sukar dikendalikan oleh BI maupun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya