Senin 08 Agustus 2022, 18:05 WIB

Kolaborasi Intiland-Mitbana Bangun TOD Terpadu Talaga Bestari

Gana Buana | Ekonomi
Kolaborasi Intiland-Mitbana Bangun TOD Terpadu Talaga Bestari

Dok Intiland
PT Intiland Development Tbk dan Mitbana Urban Development Fund jalin kerja sama strategis.

 

PENGEMBANGAN kawasan transit-oriented development (TOD) saat ini menjadi magnet bagi perusahaan pengembang properti yang ingin melakukan ekspansi proyek.

Yang teranyar, PT Intiland Development Tbk menjalin kerja sama strategis dengan Mitbana Urban Development Fund (Mitbana) untuk membangun kawasan TOD terpadu seluas 51 hektare di Talaga Bestari, Tangerang, Banten.

Kerjasama strategis itu diwujudkan dengan pembentukan perusahaan joint venture PT Inti Mitbana Development (IMD) yang dilakukan perseroan melalui salah satu anak perusahaannya yakni PT Sinar Puspa Persada. Kerja sama joint venture tersebut berlaku efektif sejak 5 Agustus 2022.  

Direktur Pengembangan Bisnis Intiland Permadi Indra Yoga meyakini kawasan Talaga Bestari memiliki prospek sangat baik. Hal itu seiring dengan kian lengkapnya pengembangan infrastruktur jalan yang meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas ke berbagai tujuan di Jakarta maupun Tangerang.

Ia menjelaskan lokasi kawasan Talaga Bestari ditopang akses jalan tol Jakarta-Merak dan pintu tol Balaraja Timur. Ini memudahkan akses dari dan menuju Jakarta atau Tangerang, termasuk akses langsung menunju kawasan pusat bisnis di Jakarta. Lokasi Talaga Bestari juga dekat dengan jalan tol Serpong-Bandara yang menghubungkan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Joint venture ini punya nilai strategis bagi Intiland dan pengembangan Talaga Bestari secara jangka panjang. Kemitraan dengan Mitbana ibarat menyinergikan kekuatan dan pengalaman kedua pihak untuk pengembangan properti di masa depan," terang Permadi dalam keterangan pers, Senin (8/8).

Di sisi lain, CEO Mitbana Yap Shih Chia menyebut Indonesia selalu menjadi pilihan pasar investasi utama bagi Mitbana karena memiliki fundamental ekonomi yang kuat dan kebijakan yang pro-investasi. "Ini memberikan kami alasan terbaik untuk berkomitmen dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan di ekonomi terbesar di Asia Tenggara.”

Memiliki area pengembangan seluas 270 hektare di Cikupa, Tangerang, kawasan Talaga Bestari berkembang pesat dan bertransformasi menjadi kawasan sub-urban dalam beberapa tahun terakhir. Pengembangan baru yang akan dilakukan Intiland dan Mitbana diyakini akan meningkatkan nilai kawasan.

Dari kerja sama joint venture ini, menurut Permadi, pengembangan baru kawasan Talaga Bestari terbagi menjadi dua tahapan. Tahap pertama yakni pengembangan township seluas 40 hektare yang meliputi antara lain untuk perumahan, ritel, dan fasilitas untuk penghuni.

Lalu, tahap II menempati lahan seluas 11 hektare untuk pengembangan area TOD yang dilengkapi dengan apartemen, ritel dan komersial terpadu yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas suttle bus dan stasiun Mass-Rapid Transport (MRT).

Pengembangan baru seluas 40 hektare rencananya dimulai dari pembangunan tahap I di lahan seluas 3,3 hektare untuk 218 unit rumah. Klaster ini diperkirakan akan diluncurkan pada pada triwulan IV tahun ini. Pengembangan area komersial seluas 11 hektare menjadi tahapan selanjutnya dan direncanakan sebagai area TOD yang terintegrasi dengan rencana pembangunan stasiun MRT Cibadak.

Dalam perusahaan joint venture ini, Mitbana memiliki 70% saham dan akan menyediakan dukungan teknis untuk pembuatan rencana induk, desain perkotaan dan infrastruktur untuk pengembangan baru Talaga Bestari. Adapun Intiland akan lebih fokus pada persiapan lahan, pengembangan infrastruktur dan hubungan dengan pihak-pihak utama setempat, serta penanganan proses kontruksi.

Kolaborasi dengan Mitbana merupakan kerjasama kedua Intiland dengan investor dari Singapura. Di tahun 2017, Perseroan berkerja sama dengan GIC Singapura untuk mengembangkan dua proyek mixed-use terpadu di Jakarta. Kedua proyek tersebut yakni pengembangan kawasan mixed-use terpadu South Quarter di Jakarta Selatan dan Fifty Seven Promenade di kawasan pusat bisnis Thamrin, Jakarta Pusat. (RO/X-12)

Baca Juga

Dok. Citra Swarna Group

Harga BBM Naik, Proyek Properti di Karawang ini Justru Ludes dalam 1 Hari

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 08:00 WIB
Klaster ke-5 persembahan Kartika Residence ini mencakup tiga pilihan tipe rumah yaitu Arsa, Lavani dan...
Dok. Pribadi

Anggota DPR Tegaskan Penggunaan Kompor Listrik Masih Tahap Sosialisasi

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Sabtu 24 September 2022, 23:35 WIB
“Uji coba ini untuk mengetahui, seberapa efektif penggunaan kompor listrik ini dibandingkan elpiji. Lebih bisa menekan impor gas,...
Dok.hanabank.co.id

Pinjamlah Di TempatĀ  Yang Benar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 September 2022, 22:16 WIB
OJK telah menghentikan kegiatan 5.468 pinjol dan investasi ilegal. Tapi itupun masih banyak juga masyarakat yang terkena pinjol...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya