Senin 08 Agustus 2022, 17:18 WIB

Anak Perusahaan Baidu Targetkan Distribusi 800 Ribu Unit Mobil Robot

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Anak Perusahaan Baidu Targetkan Distribusi 800 Ribu Unit Mobil Robot

Wired.com
Ilustrasi

 

Jidu Auto, anak perusahaan Baidu di segmen kendaraan listrik, menargetkan dapat mendistribusikan 800.000 unit mobil robot pada tahun 2028, kata kepala eksekutif Jidu Joe Xia Yiping dalam sebuah pernyataan dilansir Reuters pada Senin (8/8).

Sebelum pengiriman massal pada 2028, perusahaan teknologi Tiongkok itu juga berencana memamerkan mobil keduanya yang juga akan diproduksi massal pada tahun 2024, kata Xia.

Adapun untuk model mobil robot pertama -- tanpa gagang pintu dan dikontrol sepenuhnya melalui teknologi perintah suara -- akan diproduksi massal pada 2023.

Sebelumnya, Baidu telah memperoleh izin untuk mengoperasikan layanan robotaxi tanpa pengemudi di jalan terbuka di Chongqing dan pusat kota Wuhan. Izin itu memungkinkan robotaxi komersial menawarkan tumpangan kepada publik secara otonom dengan aman.

"Izin-izin ini memiliki arti penting yang mendalam bagi industri ini," kata Chief Safety Operation Officer Baidu's Intelligent Driving Group, Wei Dong.

Pada awalnya, Baidu akan menyebarkan lima robotaxi berbayar di setiap kota, di mana mereka akan diizinkan untuk beroperasi di area yang ditentukan mulai pukul 09.00 hingga 17.00 di Wuhan, dan 09:30 hingga 16:30 di Chongqing.

Lebih lanjut, area layanan mencakup 30 km persegi di Distrik Yongchuan Chongqing dan 13 km persegi di Zona Pengembangan Ekonomi & Teknologi Wuhan.

Upaya China untuk mempercepat uji coba dan izin kendaraan otonom datang ketika regulator AS juga mendorong kebijakan mengemudi otomatis. Di sisi lain, layanan robotaxi Baidu Apollo Go telah mengoperasikan lebih dari 1 juta perjalanan di 10 kota di China sejak diluncurkan pada tahun 2020.

Baidu belum melaporkan masalah apa pun dengan layanan tersebut dan belum memberikan rincian berapa banyak yang telah diinvestasikan dalam proyek itu. (Ant/OL-12)

 

Baca Juga

Dok.IdScore

Pay Later Makin Diminati, Pengguna Fasilitas Ini Capai 9,4 Juta

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 07:30 WIB
Perempuan mendominasi pinjaman jenis ini sebesar 67,2% dan umumnya mengakses melalui...
DOK Sinar Mas Land.

Perkuat UMKM, Sinar Mas Land Berikan Pelatihan dan Pendampingan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:49 WIB
Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan pilar terpenting dalam menopang perekonomian nasional, sehingga peningkatan daya...
dok.ant

Oke ungkap Penyebab Krisis Minyak Goreng pada Januari lalu

👤Sri Utami 🕔Kamis 29 September 2022, 23:40 WIB
MANTAN Dirjen Perdagangan Dalam Negeri pada Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengungkapkan penyebab kelangkaan minyak goreng selama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya