Senin 25 Juli 2022, 22:10 WIB

Mbizmarket dan Nobu Bank Permudah Akses KUR untuk UMKM

mediaindonesia.com | Ekonomi
Mbizmarket dan Nobu Bank Permudah Akses KUR untuk UMKM

Dok Mbiz
Penandatanganan kerja sama antara Mbizmarket dan Nobu Bank

 

MBIZMARKET (PT Brilliant Ecommerce Berjaya) bekerja sama dengan Nobu Bank  (PT Bank Nationalnobu Tbk) dalam penyaluran kredit usaha rakyat (KUR). Sasarannya ialah membantu pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terpukul akibat dampak pandemi Covid-19.

Pengembangan UMKM yang masih menghadapi berbagai kendala, terutama terkait dengan akses keuangan ke perbankan menjadi alasan utama terjalinnya kerja sama tersebut. Saat ini, banyak pelaku UMKM yang tidak bankable, mereka punya keterbatasan dalam menghasilkan laporan keuangan yang menjadi alat lembaga keuangan menilai kelayakan kredit.

Padahal, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, UMKM di Tanah Air kini jumlahnya mencapai 64,2 juta. Mereka memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan yang signifikan, khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja.  

"Nobu Bank melihat peluang tersebut dan bekerja sama dengan Mbizmarket, lokapasar (marketplace) pengadaan digital yang memiliki jaringan ribuan mitra penjual yang notabene pelaku UMKM di seluruh Indonesia," Head of Retail Banking Nobu Bank Steve Marciano Joe dalam keterangan persnya, Senin (25/7).

Keuntungan penyaluran KUR dari Nobu Bank melalui Mbizmarket salah satunya ialah prosesnya yang cepat dan mudah. Pengajuan KUR yang dilakukan secara digital memberikan kecepatan proses kredit sehingga mempermudah akses UMKM dalam mendapatkan modal usaha untuk mengembangkan usahanya.

Steve menjelaskan pinjaman KUR hingga Rp 100 juta dapat diberikan untuk para pelaku usaha UMKM yang telah bergabung di Mbizmarket dengan lama usaha lebih dari enam bulan serta memenuhi ketentuan dan persyaratan kredit yang ditetapkan berdasarkan ketentuan pemerintah dan bank tentang KUR yang berlaku.

Keuntungan lain adalah angsuran pembayaran KUR dari Bank Nobu hanya dikenakan bunga 3% efektif per tahun berlaku hingga 31 Desember 2022. "Selain itu prosesnya pengajuannya pun dilakukan secara digital (paperless), bahkan, setiap debitur tidak perlu datang ke kantor cabang," terangnya.  

Adapun CEO Mbiz Rizal Paramarta menambahkan para pelaku usaha UMKM yang telah bergabung dan bertransaksi di Mbizmarket, akan mendapat kemudahan untuk mengakses pendanaan KUR dari Nobu Bank.  

"Kami berharap para pelaku usaha dapat memanfaatkan peluang ini, dengan meningkatkan transaksi di Mbizmarket dan menjadikannya sebagai alat pencatatan transaksi dagang digital yang dapat bermanfaat di kemudian hari," tutur Rizal.

Pemilik usaha Kana Snack dari Yogyakarta Ester Ratnawati Pakasy yang telah menerima manfaat KUR mengatakan dengan adanya program KUR kerja sama Nobu Bank dan Mbizmarket itu sangat membantu pelaku UMKM seperti dirinya, khususnya terkait dengan tambahan dana yang akan dipakai sebagai modal usaha.  

"Prosesnya cepat dan mudah, bunganya termasuk kecil, dan tidak mencekik sehingga tidak terasa terbebani dalam proses pembayaran angsurannya."

Hingga pertengahan Juni 2022, Mbizmarket tak kurang telah dimanfaatkan oleh 29 pemerintah provinsi dan 130 pemerintah kabupaten/ kota di seluruh Indonesia, serta digunakan oleh 13 kementerian Republik Indonesia untuk pengadaan barang dan jasa kebutuhan pemerintah.   

Sementara itu, Nobu Bank juga konsisten mengembangkan UMKM di Indonesia melalui berbagai kanal, termasuk kanal ekosistem digital. (RO/X-12)

Baca Juga

Antara

Menteri ESDM Minta PT Vale Tingkatkan Produksi Nikel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:33 WIB
PT Vale Indonesia memiliki satu fasilitas pengolahan dan pemurnian nikel di Sorowako dengan kapasitas 70.000 ton nikel...
Dok PLN

PLN Kebut Penataan Infrastruktur Kelistrikan G20 di Bali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:55 WIB
Saat ini progres tersebut mencapai 88,6 untuk pengamanan kelistrikan...
MI/Bayu Anggoro

Sinergi KUB Untuk Pengembangan Bisnis BPD

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:54 WIB
POJK  mendorong penguatan permodalan BPD sehingga BPD dapat meningkatkan perannya sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya