Kamis 14 Juli 2022, 09:49 WIB

Komisi IV DPR Apresiasi Inovasi Riset Budi Daya Padi Gogo

mediaindonesia.com | Ekonomi
Komisi IV DPR Apresiasi Inovasi Riset Budi Daya Padi Gogo

Balitbangtan/Handout/Antara
Padi Larikan Gogo Super (Largo Super) yang dapat tumbuh di lahan kering.

 

MENDUKUNG penuh cita-cita mewujudkan ketahanan pangan nasional, Komisi IV DPR RI mengapreasiasi PT Huma Indah Mekar (PT HIM), bagian dari PT Bakrie Sumatera Plantation, yang mengupayakan inovasi riset budi daya Padi Gogo di Provinsi Lampung.

Tanpa adanya dorongan inovasi riset ini, Sudin menilai Indonesia akan kesulitan memenuhi pasokan pangan. 

Demikian pernyataan tersebut disampaikan Ketua Komisi IV DPR RI Sudin usai memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IV DPR RI meninjau lokasi percontohan 'Rice Estate' di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Lampung, Selasa (12/7).

Ia menegaskan, pemerintah baik pusat maupun daerah beserta pihak swasta harus saling bersinergi agar inovasi riset budi daya Padi Gogo tetap berlanjut. 

"Kami memberikan apresiasi kepada PT HIM, anak perusahaan PT Bakrie Sumatera Plantation untuk inovasi (budi daya Padi Gogo) yang dilakukan dalam sektor ketahanan pangan dan gizi. Tentu saja, ini tidak bisa diabaikan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah. Pemerintah harus hadir memberikan perhatian," ucap Sudin. 

Baca juga: Aparat Penegak Hukum Harus Lebih Proaktif Tangani Mafia Tanah di Bali

Bagi Sudin, sinergi antarpihak pemerintah dan pihak swasta jadi vital.

Dari sudut pandangnya, ia sangat memahami tantangan utama sektor pertanian adalah kenaikan harga pangan akibat situasi geopolitik, produksi dalam negeri yang cenderung menurun, perubahan iklim, dan merebaknya penyakit hewan dan tumbuhan.

Maka dari itu, setiap pihak yang berkelindan juga harus mengantisipasi antisipasi sejumlah tantangan pangan tersebut. 

Selain itu, Sudin menekankan pendampingan dan masukan, terutama dari aspek budi daya dan kesesuaian agroekosistem spesifik di lapangan juga diupayakan untuk keberlangsungan inovasi budi daya Padi Gogo ini.

Sehingga, tegas politikus PDI-Perjuangan itu, hasil budi daya pangan di Provinsi Lampung bisa mampu menghasilkan produksi yang maksimal pada setiap periode masa tanam. 

Sebagai informasi, hingga saat ini, budi daya Padi Gogo tahap I di Kabupaten Tulang Bawang Barat memiliki areal luas tanam sebesar 84 hektar. Masing-masing varietas yang ditanam untuk budidaya Padi Gogo adalah varietas Inpago Unsoed I, Situ Patenggang, Inpago Unsoed Protani, IPB 9G, dan Inpago 10.

Selama peninjauan lokasi 'Rice Estate' di Tubaba, turut hadir jajaran Eselon I Kementerian Pertanian, di antaranya Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Nasrullah, Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Peternakan Agus Susanto, dan Kapus Karantina Hewan, Keamanan Hayati Hewani Wisnu Wasisa Putra, Direktur Tanaman Semusim dan Rempah Ardi Praptono, dan Direktur Pupuk dan Pestisida M. Hatta.

Mewakili Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), hadir Dirjen Perikanan Budidaya TB Haeru Rahayu dan Direktur Perbenihan Nono Hartanto. Lalu, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono, Direktur Pengelolaan Kawasan Konservasi Jefry Susyafrianto, Kepala Biro Perencanaan KLHK Apik Karyana, dan Dirut Inhutani V Dicky Yuana Rady. Mewakili Perum Bulog dihadiri Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita dan Pemimpin Wilayah Bulog Lampung Etik Yulianti. 

Sedangkan, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) diwakili oleh Direktur Keuangan Umum Kepatuhan MR Zaid Burhan Ibrahim, Direktur Penghimpunan Dana Sunari, dan Kepala Divisi Umum dan SDM Adi Sucipto. Terakhir, menghadirkan Tri Wahyudi Saleh sebagai Direktur Utama PT Pupuk Sriwidjaja dan Gusrizal sebagai Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia Holding Company.  (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

Menteri ESDM Minta PT Vale Tingkatkan Produksi Nikel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:33 WIB
PT Vale Indonesia memiliki satu fasilitas pengolahan dan pemurnian nikel di Sorowako dengan kapasitas 70.000 ton nikel...
Dok PLN

PLN Kebut Penataan Infrastruktur Kelistrikan G20 di Bali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:55 WIB
Saat ini progres tersebut mencapai 88,6 untuk pengamanan kelistrikan...
MI/Bayu Anggoro

Sinergi KUB Untuk Pengembangan Bisnis BPD

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:54 WIB
POJK  mendorong penguatan permodalan BPD sehingga BPD dapat meningkatkan perannya sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya