Rabu 13 Juli 2022, 22:01 WIB

Grab Listrik Resmi Beroperasi di Delapan Kota

Gana Buana | Ekonomi
 

SEJAK resmi meluncur jadi kendaraan transportasi umum pada 2020, Grab Electric kini resmi beroperasi di delapan kota besar. Layanan kendaraan listrik Grab ini sudah beroparasi sebanyak 8.500 kendaraan dan berkontribusi untuk penghematan atau penurunan CO2 sebesar kurang lebih 5 ribu ton.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, kolaborasi antara Grab, pemerintah serta beberapa pihak lain bertujuan untuk mendukung transisi energi di Presidensi G20 juga mendukung langkah net zero emission di 2060. Dalam agenda ini, Indonesia mengakselerasi kendaraan-kendaraan listrik.

“Ini adalah sebuah kemajuan dan tentunya ini masih di langkah awal, dan kita ingin maju terus. Tetapi apa yang kita hasilkan ini luar biasa," kata Ridzki dalam peluncuran Grab Electric di halaman kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Selasa (12/7). 

Ia mengatakan, ada dua dampak positif dari penggunaan kendaraan listrik oleh Grab. Pertama, dampak terhadap lingkungan, dimana pada periode 2020 sampai 2021 armada Grab Electric telah berkontribusi untuk penghematan atau penurunan CO2 sebesar kurang lebih 5 ribu ton. Sebab, ada penurunan 2 juta liter BBM dalam periode yang sama.

Dampak kedua, Grab juga membantu untuk ketenagakerjaan, karena kendaraan listrik yang Grab operasikan dengan pola sewa. Sehingga buat para mitra pengemudi atau calon mitra pengemudi yang tidak punya motor tetap bisa bergabung.

“Grab Electric juga memberikan dampak di sektor ketenagakerjaan dan di dalam prosesnya mereka melakukan penghematan dalam biaya operasinya kurang lebih secara rata-rata 25% dari biaya operasinya," kata dia.

Sebab, jelas dia, para mengemudi Grab tidak perlu untuk service, karena service center sudah diatur secara berkala melalui 31 service center yang dioperasikan oleh Grab Indonesia. Mitra pengemudi hanya perlu menyewa kendaraan listrik yang sudah disiapkan. Sehingga, mereka yang tidak memiliki kendaraan tetap bisa mencari nafkah. 

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan mengusulkan, pilot project kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) atau Battery Electric Vehicle (BEV) beroperasi di lokasi-lokasi yang menjadi destinasi wisata turis. Hal itu ditekankannya guna mengimplementasikan transformasi ekonomi yang lebih hijau.

"Dengan kolaborasi kita bersama, saya yakin inilah saat yang tepat untuk menyongsong era baru transportasi bebas polusi, era baru industri dan hilirisasi, dan era baru ekosistem penunjang BEV. Apalagi jika kita menggunakan baterai produksi dalam negeri," kata Luhut.

Luhut berharap pencapaian saat ini dapat ditingkatkan jangkauan layanannya di berbagai kabupaten/kota di seluruh wilayah NKRI, termasuk lokasi-lokasi yang menjadi destinasi wisata turis.

"Besar harapan saya, aplikasi ini mampu memberikan pengalaman baru bagi masyarakat dalam menggunakan BEV. Sehingga percepatan transformasi ke arah BEV dapat segera terpenuhi," ungkapnya.

Pemerintah, katanya, sangat serius dalam menyediakan berbagai regulasi untuk mendukung terciptanya ekosistem BEV. Beberapa aspek yang didorong antara lain aspek teknis, aspek insentif, hingga kepada aspek pembiayaan. Aspek-aspek tersebut diharapkan mampu menciptakan efek supply dan demand dalam ekosistem BEV, sehingga transformasi dapat berjalan sesuai dengan harapan semua pihak.

"Dalam dua tahun terakhir ini telah terjadi peningkatan investasi dan produksi KBLBB yang cukup signifikan, baik roda dua, roda empat atau lebih, beserta industri penunjang lainnya. Investasi dan produksi ini tentunya harus dibarengi dengan aspek peningkatan konsumsi BEV itu sendiri, sehingga cita-cita terwujudnya industri BEV yang tangguh di dalam negeri dapat segera terpenuhi," tandas dia. (S-4)

Baca Juga

Antara

OJK dan Menko Polhukam Perkuat Kerja Sama Penegakan Hukum di Sektor Jasa Keuangan

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:45 WIB
Anggota Dewan Komisioner (ADK) OJK bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD untuk...
Dok.YPTI

Kominfo Dorong UMKM Disabilitas Terlibat di Ekonomi Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:35 WIB
Ketua Yayasan Perempuan Tangguh Indnesia Myra Winarko mengapresiasi langkah Kominfo yang memberi kesempatan sebesar-besarnya kepada pelaku...
Dok.ist

Minat Properti Tinggi, Akad Kredit Massal BNI dengan La Palma 3 Kali dalam 2 Bulan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:00 WIB
La Palma Grande menjadi unit proyek terpilih. Karenanya, BNI memberi berbagai kemudahan untuk konsumen La Palma Grande melalui progran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya