Rabu 13 Juli 2022, 18:40 WIB

Lakukan 'Rebranding' Jago Coffee Perluas Pasar di Kalangan Muda

mediaindonesia.com | Ekonomi
Lakukan

Ist
Kelebihan Jago Coffee sebagai mobile kafe kopi adalah menghadirkan kopi baru yang diseduh sekaligus bisa dinikmati langsung oleh konsumen.

 

DALAM strategi bisnis, proses rebranding menjadi salah satu langkah penting yang harus dilakukan, ketika salah satu tujuannya ingin memperluas segmentasi pasar.

Rebranding dapat menawarkan stimulasi yang dibutuhkan bisnis dalam rangka menciptakan pertumbuhan baru di pasar yang terus berkembang.

Dari segi proses bisnis, langkah perusahaan melakukan rebranding masuk ke dalam daur hidup produk (product life cycle).

Berdasarkan Muzellec dan Lambkin dalam jurnal “Corporate Rebranding: An Exploratory Review”, rebranding bagi sebuah perusahaan berfungsi untuk merepresentasikan perubahan posisi brand di benak pemilik kepentingan dan sebagai identitas pembeda dengan pesaing.

Rebranding sendiri bukanlah merupakan hal yang baru di lingkungan bisnis.

Banyak industri yang pernah memutuskan untuk melakukan rebranding sebagai strategi yang dipilih dalam mempertahankan keberadaan bisnis dan produknya, termasuk yang dilakukan Jago Coffee.

Rebranding ala Jago Coffee

Tujuan rebranding yang dilakukan Jago Coffee adalah untuk memperluas pasar sehingga dapat lebih membidik kalangan penikmat kopi maupun non-kopi.

Melalui rebranding ini pula, Jago Coffee berusaha masuk ke pangsa anak muda dengan memperkenalkan produknya hingga ke berbagai kota.

“Harapannya agar anak-anak muda yang senang ngopi dapat mencicipi menu khas yang diracik oleh Para Jagoan (sebutan barista Jago Coffee) sehingga bisa menyuguhkan cita rasa berbeda dibanding kopi lainnya,” jelas CEO dan Co-Founder Jago Coffee Yoshua Tanu dalam keterangan pers, Rabu (13/7).

Baca juga: Soprema Fisipol UGM 2022 Jaring Sociopreneur Muda Seluruh Indonesia

Dalam rangka rebranding, Jago Coffee melakukan soft launching pada 4 Juli 2022. Soft launch ditandai dengan perubahan logo dan peluncuran menu baru di media sosial.

"Rebranding yang dilakukan tetap fokus pada core values, seperti delicious products, real hospitality, dan always nearby," kata Yoshua.

Menu dan tampilan baru

Dalam soft launch, Jago Coffee turut merilis menu baru yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu menu kopi dan non-kopi.

Untuk kategori kopi, beberapa menu yang disediakan antara lain Jago Black Coffee, Kopi Susu Jago, dan Citrus Cold Brew. Sementara untuk menu non-kopi, yakni Earl Grey Milk Tea, Jago Chocolate, Fresh Lemonade, dan Hojicha Lychee Tea.

"Menu baru yang dikeluarkan Jago Coffee dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 8.000 – Rp 12.000," jelas Yoshua.

Selain menu baru, Jago Coffee turut “mempercantik” diri dengan memperbarui logo dan tampilan cart (sepeda gerobak listrik) yang kian atraktif.

Begitu juga dengan seragam baru yang dipakai oleh Para Jagoan (sebutan bagi barista Jago Coffee).

Logo Jago Coffee yang baru menghadirkan bentuk geometric wordmark logo dengan bentuk huruf A pada kata Jago.

Di dalam logo itu terdapat pula curve yang merupakan representasi dari lika-liku jalanan yang tak selalu mulus,  juga kilat sebagai simbol dari kecepatan pelayanan.

Adapun warna merah dan hitam yang mendominasi dari logo baru merepresentasikan keramahan (hospitality), passion, profesionalitas, dan kredibilitas.

"Dengan begitu, harapannya peluncuran rebranding Jago Coffee dapat mengukuhkan posisinya sebagai salah satu penyedia minuman baik kopi maupun non-kopi berbasis aplikasi yang memudahkan pembeli untuk mendapatkan menu minuman ala kafe favorit pelanggan," papar Yoshua.

Layanan utama

Kelebihan Jago Coffee sebagai mobile kafe kopi adalah menghadirkan kopi baru yang diseduh sekaligus bisa dinikmati langsung oleh konsumen.

Jago Coffee menghasilkan produk kopi yang lebih berkualitas sehingga bisa dinikmati kapan dan di manapun sesuai dengan alamat pemesan.

"Dengan layanan ini, konsumen tak perlu membayar biaya tambahan berupa ongkos kirim," ucap Yoshua.

Salah satu terobosan yang hanya dimiliki oleh Jago Coffee adalah memberikan layanan berlangganan kopi melalui fitur JAGO+.

Dengan memanfaatkan fitur JAGO+, pembeli bisa memilih paket berlangganan kopi bulanan dengan memilih dua paket yang ditawarkan, yaitu JAGO+ Hitam dan JAGO+ Bebas.

Paket JAGO+ Hitam adalah layanan berlangganan kopi hitam dengan kuantitas satu cup kopi di setiap hari selama satu bulan.

Selain itu, ada pula paket JAGO+ Bebas yang memungkinkan konsumen untuk berlangganan semua menu di Jago Coffee dengan kuantitas satu cup per hari selama satu bulan.

Untuk bisa menikmati layanan JAGO+, pembeli bisa langsung mencobanya via aplikasi Jago Coffee di sini. (RO/OL-09)

Baca Juga

DOK/PT POS INDONESIA

Pos Indonesia Teken Kerja Sama dengan PT Inka Multi Solusi Service

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 22:30 WIB
Ruang lingkup kerja sama berupa kemitraan strategis terkait jasa kiriman logistik serta pemanfaatan...
PT. Neo Kosmetika Industri

Intip Peluang Perusahaan Maklon Hingga Jadi Sasaran Pebisnis Kosmetik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 22:11 WIB
Produk lokal mulai berlomba-lomba mengeluarkan produk yang ciamik namun dengan harga yang...
Dok. DPR RI

Banggar : Pertumbuhan Kuartal II-2022 Modal Penting Hadapi Tekanan Ekonomi Global

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 18:54 WIB
Naiknya berbagai harga komoditas, lanjut Said, mendorong pertumbuhan sektor pertambangan yang tumbuh 4 persen...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya