Senin 04 Juli 2022, 19:30 WIB

Omnichannel E-commerce Integrasikan Marketplace agar Lebih Praktis

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Omnichannel E-commerce Integrasikan Marketplace agar Lebih Praktis

DOK Pribadi.
Omnichannel e-commerce menawarkan solusi berbagai platform marketplace dan saluran e-commerce terintegrasi satu sama lain.

 

LUASNYA penggunaan internet saat ini menjadikannya peluang besar bagi bisnis untuk meraih lebih banyak pelanggan. Bisnis dapat meraih lebih banyak potensi pendapatan dan pemasaran yang lebih luas untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Sebagian besar masyarakat kini menggunakan internet, tak terkecuali dalam hal berbelanja. Tanpa harus mengunjungi toko secara langsung, konsumen dapat berinteraksi dengan bisnis dan melakukan pembelian secara real-time hanya melalui segenggam gadget atau perangkat seluler.

Saat ini, para konsumen bergantung pada informasi dari berbagai sumber sebagai bahan pertimbangan sebelum membuat keputusan pembelian. Oleh sebab itu, memasarkan produk melalui berbagai platform marketplace atau saluran online yang relevan akan sangat membantu bisnis dalam meningkatkan penjualan dan brand awareness (kesadaran merek). Namun semakin banyak marketplace atau saluran yang digunakan mungkin dapat membuat bisnis kewalahan dalam mengelolanya. Hal ini berpotensi mengurangi performa pegawai toko dalam berinteraksi dan memberikan pelayanan terhadap konsumen yang berisiko menurunkan kepuasan konsumen.

Untuk itu, omnichannel e-commerce menawarkan solusi berbagai platform marketplace dan saluran e-commerce terintegrasi satu sama lain. Hanya melalui satu platform, bisnis dapat mengelola setiap toko online di berbagai marketplace atau saluran penjualan online lain yang paling disukai konsumen atau pelanggan. Kehadiran omnichannel e-commerce membantu bisnis agar bisa hadir di berbagai platform marketplace atau saluran belanja online sekaligus mengelolanya secara lebih praktis. Dengan demikian, bisnis dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih mulus dan menyenangkan.

HiToko dari PT Digital Wings Indonesia merupakan perusahaan yang menyediakan layanan omnichannel e-commerce di Indonesia. Didirikan pada 20 Juli 2021, HiToko memberikan solusi layanan omnichannel e-commerce bagi ribuan pemilik bisnis di Indonesia. Htwins Technology (Dalian) Co Ltd sebagai Parent Company dari PT Digital Wings Indonesia sudah berdiri sejak 2016 dan fokus melayani bidang e-commerce di Tiongkok dan Asia Tenggara selama lebih dari 5 tahun.

Alex Liang selaku CEO HiToko mengatakan pihaknya menyediakan solusi omnichannel e-commerce untuk para pebisnis atau online seller di Asia Tenggara. "Kami membantu seller mengelola bisnis di berbagai marketplace atau saluran belanja online yang terintegrasi dalam satu platform secara terpadu, meliputi aspek inti seperti produk, pesanan, pengiriman, inventaris, dan pelanggan di berbagai saluran," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (4/7).

Selain integrasi semua toko online di berbagai saluran ke dalam satu platform, HiToko juga mengintegrasikan semua chat pelanggan. Ini memudahkan bisnis dalam membalas setiap pesan pelanggan tanpa perlu menghabiskan banyak waktu untuk pindah-pindah saluran. Alex Liang menjelaskan bahwa HiToko sedang merancang sistem manajemen gudang yang membantu pebisnis mengelola proses inbound, outbound, transfer, pemeriksaan inventaris multigudang, memahami data inventaris real-time dari satu sistem, dan meningkatkan profitabilitas gudang mereka.

“Bermodalkan pengalaman profesional dalam memberikan solusi pada industri layanan e-commerce, kami menyediakan perencanaan layanan e-commerce dan konsultasi pergudangan untuk membantu para pebisnis meningkatkan profitabilitas e-commerce mereka dengan cepat. Dengan sistem yang sederhana dan mudah digunakan, para seller hanya perlu mempelajari dan melakukan pengaturan dalam waktu singkat,” imbuh CEO Alex Liang.

Tidak berhenti sampai di situ, HiToko memiliki fitur sinkronisasi otomatis dari berbagai marketplace yang membuat pengambilan pesanan lebih stabil, lebih cepat, dan memastikan tidak ada pesanan yang terlewat. Fitur ini memungkinkan seller untuk tetap mempertahankan respons yang cepat meskipun mendapatkan pesanan dalam jumlah besar. Menurut pernyataan Dhenny Mahardika selaku Head of Digital Marketing HiToko, selama kurang dari enam bulan website-nya dirilis sudah ada ratusan pengguna baru yang terdaftar dan belasan ribu pengunjung. Dalam satu bulan, aplikasi HiToko yang tersedia di Google Play serta App Store bertambah lebih dari 2.000 unduhan.

Baca juga: Inflasi Turki Sentuh Level Tertinggi dalam Dua Dekade

Beberapa platform marketplace dan saluran belanja online yang sudah terintegrasi dengan HiToko saat ini di antaranya Tokopedia, Shopee, Lazada, dan TikTok Shop. HiToko juga memiliki dukungan Open API sehingga dapat dengan cepat terhubung ke platform e-commerce atau saluran penjualan lain yang dioperasikan sendiri oleh bisnis untuk menyelesaikan integrasi multisaluran. Saat ini, HiToko menyediakan paket gratis bagi para pengguna baru yang ingin mulai menikmati layanan omnichannel e-commerce. Terdapat juga Paket Growing, Pro, dan Enterprise dengan kisaran harga mulai dari Rp259.000 sampai Rp1.599.000 per bulan untuk mendapat benefit dan fitur canggih tambahan. 

HiToko juga secara rutin merilis kampanye atau promosi khusus untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada para pengguna. Harga yang ditawarkan oleh HiToko diklaim termurah di Indonesia dibanding kompetitor. "Kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan para pebisnis dari skala yang berbeda. Karena itulah kami menyediakan beberapa paket Omnichannel yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan skala pengguna. Dengan harga terjangkau, para seller bisa mendapatkan layanan yang lebih baik, permulaan digitalisasi dan kecepatan duplikasi yang lebih cepat serta dukungan penuh untuk pertumbuhan pesat layanan e-commerce," pungkas Dhenny Mahardika. Saat ini HiToko merupakan satu dari lima anak perusahaan Htwins di seluruh dunia dengan ratusan orang karyawan terdiri lebih dari 75% tim riset dan pengembangan teknologi. (OL-14)

Baca Juga

Dok. SRC

Tingkatkan Daya Saing UMKM, Sampoerna Gencarkan Pembinaan dan Digitalisasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:59 WIB
Menurut Teten, sebanyak 19 juta UMKM telah melakukan on-boarding digital hingga Mei 2022 dan diharapkan akan terus tumbuh mencapai 30 juta...
Dok. Petrokimia Gresik

Petrokimia Gresik Raih Penghargaan Tertinggi TJSL & CSR Award 2022

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:30 WIB
Tidak hanya itu, Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo juga dinobatkan sebagai The Most Committed Leader to TJSL Initiative...
ANTARA/Fikri Yusuf

Indonesia Finalkan Hasil Pertemuan G20 DWG Tekankan Multilateralisme

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:20 WIB
DWG Meeting telah terlaksana tiga kali sepanjang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya