Rabu 01 Juni 2022, 21:30 WIB

Dua Perusahaan Inggris Merger Menjadi Raksasa Energi di Afrika

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Dua Perusahaan Inggris Merger Menjadi Raksasa Energi di Afrika

DOK tullowoil.com.
Penampakan halaman depan situs web perusahaan Tullow Oil.

 

PERUSAHAAN energi di Inggris Raya, Tullow Oil dan Capricorn, pada Rabu (1/6) menyetujui merger £1,4 miliar untuk menjadi pemain terkemuka di Afrika. Kedua perusahaan telah mencapai kesepakatan atas merger yang memberi Tullow di atas angin dengan 53% saham dan Capricorn sisanya.

Kesepakatan merger, "Mewakili peluang unik untuk menciptakan perusahaan energi Afrika terkemuka yang terdaftar di London," kata pasangan perusahaan itu dalam suatu pernyataan. Grup yang diperbesar akan memiliki, "Fleksibilitas keuangan dan kemampuan sumber daya manusia untuk mengakses dan mempercepat pertumbuhan organik jangka pendek, menambah cadangan dan sumber daya baru dengan biaya yang efektif, menghasilkan pengembalian masa depan yang signifikan bagi pemegang saham, dan mengejar konsolidasi lebih lanjut," catat mereka.

Tullow yang berbasis di London beroperasi terutama di Afrika, tepatnya Pantai Gading, Gabon, Ghana, Kenya, dan Mauritania. Perusahaan juga beroperasi di Amerika Selatan.

Capricorn, sebelumnya dikenal sebagai Cairn Energy, berbasis di Edinburgh. Perusahaan memiliki aktivitas di Laut Utara, Mauritania dan Mesir, serta Israel, Meksiko, dan Suriname.

Grup baru akan memiliki nilai pasar gabungan sebesar £1,4 miliar (1,6 miliar euro atau US$1,8 miliar) berdasarkan harga penutupan saham, Selasa (31/5). Investor Capricorn akan menerima 3,8 saham Tullow baru untuk setiap saham Capricorn berdasarkan perjanjian.

Baca juga: Perdagangan Bebas Israel-UEA Diteken, Pertama dalam Dunia Arab

"Dewan Tullow dan Capricorn percaya kombinasi tersebut memiliki alasan strategis, operasional, dan keuangan yang menarik dengan kemampuan memberikan manfaat besar bagi pemegang saham, negara tuan rumah, dan pemangku kepentingan lain," tambah mereka. Transaksi ini diharapkan selesai pada kuartal keempat dan menghasilkan penghematan biaya tahunan sebesar US$50 juta. (AFP/OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Arnas Padda

Rayakan HUT Ke-60, STP AUP Gelar Reuni Akbar

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 12:29 WIB
“Lulusan yang telah dihasilkan oleh AUP, kalau kita lihat proporsinya yang bisa bekerja di Industri sangat besar. Sudah 12.080 alumni...
Dok. DPR RI

Pengelolaan BUMN Jangan Hanya Berdasarkan Kompetensi, Tapi Juga Aspek Pencegahan Moral Hazard

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 09:54 WIB
pengelolaan BUMN pelat merah seperti PT Garuda Indonesia, Tbk tak cukup hanya bermodal kompetensi, tetapi juga harus bisa mencegah moral...
Dok. DPR RI

Komisi IX Minta Kejelasan Penyajian Data Tenaga Kerja Asing di Daerah

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 09:47 WIB
Kejelasan data itu penting sebagai bagian dari pengawasan dan juga untuk evaluasi bersama terkait dengan berbagai macam keluhan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya