Rabu 01 Juni 2022, 14:03 WIB

Kebijakan Strategis Jokowi Perlahan Pulihkan Perekonomian

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Kebijakan Strategis Jokowi Perlahan Pulihkan Perekonomian

MI/ Ramdani
Presiden Joko Widodo

 

SEJUMLAH langkah kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbukti efektif memulihkan ekonomi terdampak pandemi Covid-19. Pemulihan yang berjalan perlahan mampu memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat.  

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Muhammad Amir Arham mengatakan komitmen pemulihan ekonomi begitu baik dilakukan Jokowi. Bahkan membuat peningkatan perekonomian masyarakat semakin menguat.

Menurut dia Jokowi mengambil keputusan tepat lantaran sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Ia percaya langkah progresif Jokowi bakal membawa ekonomi Indonesia terus bertumbuh.

"Saya kira optimis, asal disertai dengan komitmen di dalam pelaksanaannya. Jangan hanya di atas kertas tetapi komitmennya mulai dari atas sampe bawah," ujar Amir, Rabu (1/6)

Dia menilai saat ini pergerakan sektor ekonomi  menuju ke arah perbaikan. Menurut dia terus tumbuhnya perekonomian nasional bisa menjadi momentum untuk memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat.

Apalagi, kata dia, pada masa peralihan dari pandemi menuju endemi Covid 19. Sehingga akhirnya dapat membuat taraf kehidupan masyarakat saat ini terlihat sudah mulai normal dan berjalan lancar.

"Presiden Jokowi harus memberikan pengawasan hingga tingkat bawah. Apalagi sekarang ada dana pemulihan ekonomi nasional dan itu untuk membangkitkan UMKM dan mestinya presiden harus tegas untuk itu," tandas Amir.

Sebelumnya Presiden Jokowi meyakini pada 2022 ini merupakan momentum pemulihan ekonomi. Tercatat pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal IV-2021 yang mencapai 5,02% year on year (yoy), PMI Manufaktur Indonesia Januari 2022 sebesar 53,7 atau berada di zona ekspansif, serta Indeks Keyakinan Konsumen sebesar 118,3 pada Desember 2021. (OL-8)

Baca Juga

Ist

SR017 Terbit, Moduit Ungkap Keuntungan Investasi Sukuk Ritel

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 11:25 WIB
Pemerintah akan menawarkan satu obligasi ritel, yakni Sukuk Ritel seri SR017 yang akan ditawarkan pada tanggal 19 Agustus hingga 14...
MI/Denny S

Pengamat: Pemerintah Blunder Jika Naikkan BBM Dalam Kondisi Saat Ini

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 11:00 WIB
KENAIKAN BBM di masa seperti saat ini akan menjadi kebijakan yang salah. Pasalnya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah...
MI/Ahmad Yakub

Indef: Dukung Substitusi Industri Pangan Gandum dari Bahan Baku Lokal

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 10:15 WIB
Direktur Indef Ahmad Tauhid mendukung kebijakan pemerintah dalam hal ini Kementan untuk memperkuat subtitusi pangan lokal sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya