Sabtu 28 Mei 2022, 13:49 WIB

Kepedulian Puan pada Petani Kopi Diapresiasi Petani Milenial

mediaindonesia.com | Ekonomi
Kepedulian Puan pada Petani Kopi Diapresiasi Petani Milenial

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri) didampingi Menkop UKM Teten Masduki dan Wamentan Harvico Hasnul Qolbi (kiri) meminum kopi racikan.

 

KETUA DPR Puan Maharani diketahui menggelar Festival Kopi Tanah Air, pada Jumat, (27/5). Sikap ini diapresiasi oleh anak muda dari Forum Pemuda Peduli Pertanian Indonesia (FP3I).

Hal tersebut disampaikan Koordinator FP3I, Adetya Bayu Pamungkas yang menyebut sikap Puan sangat perlu diapresiasi.

"Acara yang digagas Puan adalah preseden baik bagi perkembangan dunia kopi Indonesia. Artinya dia peduli pada petani dan perkembangan kopi di Indonesia," jelasnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (28/5).

Dia menyebut dunia kopi saat ini berkembang pesat di Indonesia. Kopi, kata dia, jadi komoditas utama dalam gaya hidup kekinian.

Bayu menyebut memang harus ada dukungan serta bantuan dari pemimpin bangsa. Ini agar kopi dapat berkembang pesat di masa depan.

Lebih lanjut, Bayu menyatakan agenda serupa akan membuat petani kopi dapat saling berjejaring. Selain itu dapat membuat mereka mengakses market baru dan memperluas pemasaran mereka. Ditambah lagi dapat semakin mendekatkan kopi kepada masyarakat.

Baca juga: Buka Festival Kopi Nusantara, Puan Ajak Jadikan Indonesia Juara Kopi Dunia

"Saya harap agenda ini dapat dilakukan rutin. Ini akan membawa kemajuan kepada dunia kopi Indonesia," ujar alumnus jurusan pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) ini.

Sebagaimana diketahui, Puan membuka Festival Kopi Tanah Air yang digelar di Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Jumat (27/5).

Pada acara yang digagas PDI Perjuangan. Puan turut menyeduh dan mencicipi kopi. Ia menuturkan bahwa saat berkeliling Indonesia selalu melihat hampir di tiap kota pasti banyak kedai kopi.

Di Jakarta saja, mungkin tiap beberapa ratus meter, ada saja tempat kopi baru bermunculan. Bijih-bijih kopi dari berbagai daerah di Indonesia juga dijual dimana-mana, dan kualitasnya bagus-bagus sampai dicari di mancanegara. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok Modernland

Saat Pandemi, Modernland masih Mampu Catat Laba Rp458 M

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:10 WIB
Perseroan membukukan penjualan pemasaran Rp1,4 triliun. Segmen residensial mendominasi dengan Rp1,1 triliun, meski turun 18% ketimbang...
MI/BENNY BASTIANDY

Masuk Status Darurat, Daerah Dapat Geser Anggaran untuk Wabah PMK

👤 Indriyani Astuti 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:15 WIB
Untuk melakukan pergeseran anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kepala daerah dapat melakukan perubahan Peraturan Kepala Daerah...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Indonesia Ajak Negara Lain Berkontribusi pada Dana Perantara Keuangan

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:50 WIB
FIF diharapkan dapat diluncurkan secara formal dan beroperasi pada September...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya