Sabtu 28 Mei 2022, 09:00 WIB

Apakah Cicilan Kredit Online Bisa Dipakai untuk Kebutuhan Produktif?

mediaindonesia.com | Ekonomi
Apakah Cicilan Kredit Online Bisa Dipakai untuk Kebutuhan Produktif?

Ist
Utang dari cicilan kredit online tak selamanya buruk. Jika Anda bijak menggunakan, tujuannya tepat.

 

Cicilan kredit online biasa dikonotasikan dengan sesuatu yang buruk, merugikan, membuat seseorang menjadi boros, hingga menjerat seseorang dalam lingkaran setan. A

palagi sekarang makin banyak sekali aplikasi cicilan kredit online yang bisa Anda download di smartphone Anda dan bisa langsung merasakan pengalaman kredit.

Maraknya aplikasi cicilan kredit online seperti ini menimbulkan pertanyaan, apakah mungkin akses kredit yang terbuka lebar saat ini bukan menjadi beban yang membuat kehidupan kita tidak tenang dan tertekan tapi malah menjadikan perekonomian menjadi lebih baik?

Harus Pertimbangkan Kebutuhan dan Tujuan Cicilan

Utang dari cicilan kredit online tak selamanya buruk. Jika Anda bijak menggunakan, tujuannya tepat, dan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan, serta kemampuan membayar, utang justru bisa menjadi modal untuk menghasilkan sesuatu yang lebih besar melalui hal-hal produktif. 

Artinya cicilan kredit online yang didapat bukan untuk berfoya-foya, tetapi untuk kebutuhan yang memang harus dipenuhi atau menjadikan utang sebagai alat untuk mendapatkan pundi-pundi uang lainnya, karena nilai aset yang dibeli dengan cara berutang bisa meningkat seiring waktu. Contoh utang produktif misalnya untuk modal bisnis, investasi, biaya kesehatan, pendidikan dan modal untuk menikah.

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh memanfaatkan cicilan kredit online untuk membeli barang-barang seperti, gadget, laptop, kulkas, fashion dan lain sebagainya.

Barang-barang yang konsumtif seperti ini bisa Anda sulap menjadi produktif, dengan mempertimbangkan keinginan dan kebutuhan, serta tujuan utang.

Contoh, Anda ingin upgrade laptop dengan memanfaatkan cicilan kredit, karena laptop yang Anda miliki sudah rusak, sehingga menghambat pekerjaan Anda.

Nah, jika bijak dalam mengambil cicilan kredit online, Anda akan membeli laptop yang Anda butuhkan, dari sisi kemampuan bayar, spesifikasi, dan lain-lain. Bukan hanya membeli laptop terbaru dengan harga selangit demi mengikuti tren saja.

Penting juga Selektif Memilih Aplikasi Cicilan Kredit Online

Meski penggunaanya sudah bijak, sesuai dengan kebutuhan, dan kemampuan bayar, Anda juga harus selektif dalam memilih aplikasi cicilan kredit online. Fleksibilitas yang ditawarkan memang membuat konsumen lebih memilih aplikasi cicilan kredit online yang mudah dan cepat.

Namun, hal ini juga dimanfaatkan oleh fintech ilegal untuk memberikan bunga yang tinggi atau penyalahgunaan data pribadi

Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan riset kecil untuk mengenal fintech yang dipilih. Mulai dari kinerjanya, sampai dengan review dari beberapa pengguna sebelumnya. Bisa juga dengan melihat tanggapan dari sosial media fintech tersebut dalam berkomunikasi dengan customer-nya.

Salah satu aplikasi cicilan kredit online yang mudah dan tepercaya, serta sudah terdaftar dan diawasi OJK sejak tahun 2018 adalah Kredivo. Dengan bunga rendah 2,6% per bulan, Anda bisa mendapatkan layanan Pinjaman Tunai untuk menarik uang langsung, kredit online di 1000+ merchant hingga pay later bunga 0%. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antata

PUPR Salurkan 60.706 Unit Bantuan Rumah Swadaya

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:48 WIB
Pada 2022 Ditjen Perumahan PUPR mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp2,23 triliun untuk program...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Airlangga Sebut Kasus Harian Covid-19 Masih Level Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:00 WIB
Negara lain yang memiliki jumlah kasus harian cukup tinggi sampai 28 Juni 2022 adalah India dengan 14.529 kasus, Inggris dengan kasus...
Antara

OJK: Penghimpunan Dana di Pasar Modal Capai Rp102,9 Triliun

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:52 WIB
Hingga 24 Juni 2022, OJK mencatat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 1,5%, jika dibandingkan dengan akhir Mei 2022 (mtd) ke level...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya