Kamis 26 Mei 2022, 23:40 WIB

Kementan dan DPR Tingkatkan Kapasitas SDM Pertanian Melawi

mediaindonesia.com | Ekonomi
Kementan dan DPR Tingkatkan Kapasitas SDM Pertanian Melawi

dok.ist
Caption: *Kepala SMKPPN Banjarbaru, Budi Santoso bersama petani dan penyuluh Melawi peserta Bimtek Aspirasi*

 

KEMENTERIAN Pertanian RI melalui Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK-PPN) Banjarbaru berkolaborasi dengan Komisi IV DPR RI terus berupaya meningkatkan produktivitas sektor pertanian, yang ditempuh melalui peningkatan kapasitas dan kompetensi penyuluh pertanian di seluruh Indonesia, tak terkecuali  Kabupaten Melawi di Provinsi Kalimantan Barat.

Sekitar 170 orang, terdiri atas petani milenial dan penyuluh Kabupaten Melawi hadiri Bimbingan Teknis [Bimtek] Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh selama dua hari, 19 - 20 Mei 2022 di Kurnia Water Park, Nanga Pinoh, Melawi, Kalbar. 

Anggota Komisi IV DPR RI Yessi mengingatkan kepada para penyuluh selaku garda terdepan pembangunan pertanian wajib memberikan pendampingan sekaligus mampu menjadi teman, sahabat dan memberikan edukasi serta sosialisasi kepada petani, pekebun, dan peternak, khususnya di Kabupaten Melawi. 

Hal tersebut sejalan harapan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo bahwa pertumbuhan pertanian harus diikuti oleh SDM yang andal.

“SDM pertanian yang andal dapat meningkatkan bobot pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas petani dan penyuluh sebagai ujung tombak kegiatan pertanian,” kata Mentan Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian [PPSDMP] Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa Bimtek sebagai wujud peningkatan kapasitas petani dan penyuluh mengembangkan pertanian dari hulu hingga hilir.

"Pembinaan dapat dilakukan melalui Bimtek dan pelatihan dari aspek kelembagaan, sarana prasarana, ketenagaan, penyelenggaraan pelatihan dan atau permagangan, usaha dan jejaring kerja," kata Dedi. 

Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Pemkab Melawi, Sartika menyambut baik Bimtek tersebut yang diharapkan mendongkrak kapasitas dan kemampuan petani dan penyuluh Melawi.

Sementara Kepala SMK-PPN Banjarbaru Budi Santoso mengingatkan tentang peran penting Program Komando Strategis Pembangunan Pertanian [KostraTani] guna mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dan kapasitas SDM pertanian untuk Indonesia yang makmur dan maju, dengan melibatkan seluruh stakeholder mulai dari tingkat pusat hingga ke tingkat desa. 

“Kostratani merupakan gerakan pembaharuan pembangunan pertanian melalui optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian," katanya.

Menurut Budi Santoso, kegiatan Bimtek sangat relevan dalam upaya mendukung KostraTani dengan cara menambah pengetahuan terhadap SDM pertanian yang dalam hal ini adalah petani milenial dan penyuluh pertanian.

Legislator Yessi mengingatkan agar peserta Bimtek setelah kembali ke lapangan sudah memiliki gambaran bahwa inilah langkah awal dari keseriusan pemerintah berkolaborasi dari pusat hinga daerah.

"Bimtek sebagai bukti bahwa pemerintah hadir bagi keberlangsungan para petani di Indonesia, demikian pula dengan petani milenial jangan takut, jangan ragu, dan jangan gengsi untuk tetap bertani," kata Yessi. 

Pada Bimtek tersebut, para peserta mendapatkan materi berupa Strategi Agribisnis Pertanian bagi Pemula dan materi Manajemen Pertanian, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam berusaha tani. (OL-13) 

Baca Juga

Antata

PUPR Salurkan 60.706 Unit Bantuan Rumah Swadaya

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:48 WIB
Pada 2022 Ditjen Perumahan PUPR mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp2,23 triliun untuk program...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Airlangga Sebut Kasus Harian Covid-19 Masih Level Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:00 WIB
Negara lain yang memiliki jumlah kasus harian cukup tinggi sampai 28 Juni 2022 adalah India dengan 14.529 kasus, Inggris dengan kasus...
Antara

OJK: Penghimpunan Dana di Pasar Modal Capai Rp102,9 Triliun

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:52 WIB
Hingga 24 Juni 2022, OJK mencatat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 1,5%, jika dibandingkan dengan akhir Mei 2022 (mtd) ke level...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya