Rabu 25 Mei 2022, 11:40 WIB

Patrick Rimba Perkenalkan Strategi Phygital pada UMKM

Budi Ernanto | Ekonomi
Patrick Rimba Perkenalkan Strategi Phygital pada UMKM

DOK IST
Founder Benson Indonesia Patrick Rimba (kiri).

 

PANDEMI telah mempercepat adopsi digital di kalangan konsumen termasuk industri bisnis. Maraknya, penguasaan ekosistem digital menjadi faktor kunci untuk memenangkan persaingan.

Menurut Founder Benson Indonesia, Patrick Rimba kemajuan teknologi yang dibuat oleh manusia seiring waktu semakin maju dan berkembang. Salah satunya, yaitu pergeseran preferensi konsumen dalam layanan digital atau yang lebih dikenal dengan istilah phygital (physical-digital).

“Ke depan layanan phygital ini akan semakin diminati dan memainkan peran penting dalam ekosistem digital,” kata Patrick dalam keterangannya yang diterima pada Rabu (25/5).

Revolusi teknologi secara fundamental telah mengubah cara hidup, bekerja, dan bagaimana individu berhubungan satu dengan yang lainnya.

Phygital adalah perpaduan teknologi yang mempermudah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjalankan strategi pemasaran produk dalam jangkauan yang lebih luas.

Secara garis besar, konsep phygital ini memungkinkan pelaku bisnis menggunakan ilmu pengetahuan berbasis teknologi digital untuk memperkaya pengalaman pengguna (user experience) dalam berbelanja online serta memberi kemudahan bagi pelaku bisnis maupun pelanggan itu sendiri.

“Intinya Phygital adalah kombinasi real life marketing dan online strategy,” kata Patrick yang baru-baru ini dianugerahi Best Performance Digital Company 2022.

Mengajarkan UMKM mengkombinasikan usaha konvensional dengan sistem phygital adalah bentuk kepedulian Patrick terhadap perkembangan bisnis secara digital di Indonesia.

Baca juga: Dukung Ekspor Produk UMKM, Bea Cukai Lakukan Sinergi dengan Perwakilan Bank di Daerah

Menurutnya, persoalan yang seringkali ditemui saat membantu ratusan UMKM untuk go digital, yaitu pada strategi pemasaran yang kurang tepat sasaran.

Menjawab persoalan tersebut, Patrick RImba mengambil langkah berani untuk terjun langsung mengedukasi ratusan UMKM mengenai metode Phygital untuk mempermudah pelaku bisnis mengintegrasikan real life marketing dan online strategy.

Mengutip akun Instagram @patrickrimba11 ada 6 strategi Phygital yang bisa diikuti oleh para pelaku usaha, yaitu menggunakan QR Codes, Kiosks, Pop-up Shops, AR&VR Technology, Social Media Campaign dan Live e-commerce.

“Phygital punya kans besar dalam membentuk lini bisnis lebih unggul, dan konsumen cenderung memilih layanan yang memudahkan mereka dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Masih dari penuturan Patrick, membangun tim digital marketing adalah salah elemen phygital untuk meningkatkan tujuan bisnis untuk terus berkembang ke depannya.

Beberapa alasan kenapa pelaku bisnis perlu membangun tim digital marketing yang solid antara lain secara teknis, digital marketing dapat memberikan arah yang pasti untuk perusahaan. Namun, yang paling fundamental dari tim digital marketing, yaitu mereka dapat menekan pengeluaran anggaran perusahaan.

“Oleh karena itu, tim digital marketing juga mesti melek dengan phygital. Karena phygital merupakan konsep yang menggabungkan pengalaman digital dan fisik yang mampu meningkatkan pengalaman pelanggan,” tutup Patrick. (R-3)

Baca Juga

MI/HO

Indosat Ooredoo Hutchison Raih Penghargaan Asia Pacific Stevie Awards 2022

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 05 Juli 2022, 09:15 WIB
Untuk melengkapi kesuksesan IOH, Ooredoo Group juga berhasil meraih 8 kategori lainnya di APAC Stevie Awards...
Ist/DPR

BAKN DPR RI Apresiasi Meningkatnya Kesejahteran Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 08:45 WIB
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara mengapresiasi kinerja Kementerian Pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan...
ANTARA/Adwit B Pramono

Pertamina: Pendaftar BBM Subsidi Sudah Mencapai 50 Ribu Kendaraan

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 05 Juli 2022, 07:51 WIB
Selain melalui website subsiditepat.mypertamina.id secara langsung, pendaftaran juga dapat diakses melalui aplikasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya