Selasa 24 Mei 2022, 21:05 WIB

Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Halal Industry Event 2022

mediaindonesia.com | Ekonomi
Wapres Ma

Ist
Wapres Ma'ruf Amin berpidato dalam peresmian Halal Industry Event 2022 di Thamrin City, Jakarta Pusat, Selasa (24/5).

 

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin mengatakan bahwa kolaborasi riset diperlukan untuk menciptakan nilai tambah produk-produk halal Indonesia agar masuk dan berjaya di pasar dunia.
 
"Hari ini kita menyaksikan inisiasi dari pelaku ritel modern untuk men-display produk-produk halal dalam rak-rak di supermarket-nya," ujar Wapres dalam sambutannya pada peresmian Indonesia Halal Industry Event (Haliv) 2022 di Thamrin City, Jakarta Pusat, Selasa (24/5).

Agenda utama Indonesia Haliv ialah peluncuran The State of Global Islamic Economy Report (SGIER) 2022, Gerakan Retail Modern Peduli Produk Halal, Halal Center Indonesia, serta soft launching aplikasi scanner halal pertama.
 
"Saya sangat mengapresiasi inisiator kegiatan Halal Industri Event ini," tambah Ma'ruf.

Halal Industri Event 2022 diprakarsai oleh Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC) dan didukung Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) serta Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo).

Kehadiran Wapres secara langsung di Thamrin City yang bertemu dengan masyarakat tentu memberi sinyal positif. Selain menunjukkan bahwa situasi pandemi covid-19 sudah semakin terkendali di Tanah Air, kehadiran Wapres juga menjadi bukti pemerintah menempatkan prioritas utama pada pembangunan dan pengembangan ekonomi Islam.
 
Chairman IHLC Sapta Nirwandar mengatakan, State of Global Islamic Economy (SGIE) Report merupakan laporan tahunan yang hingga saat ini menjadi sumber informasi dan referensi bagi pembangunan dan pengembangan ekonomi Islam global.

Laporan ini disusun oleh DinarStandard Dubai yang telah membangun kerja sama dengan IHLC sejak beberapa tahun yang lalu. Hari ini secara langsung diwakili oleh Sayd Farook, Senior Partner DinarStandard, yang terbang langsung dari Sydney untuk menyerahkan laporan tersebut kepada Wapres RI Ma'ruf Amin.
 
"SGIE report 2022 ini edisi ke-9 yang cukup istimewa karena merekam data-data menggeliatnya ekonomi Islam yang recover pascapandemi. Dilengkapi dengan komponen inovasi sebagai penilaian dalam indikatornya dan best practice dari berbagai negara dalam menciptakan alternatif  di masa pandemi," ujar Sapta.

Mantan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lebih lanjut mengatakan setelah ekonomi Islam mengalami penurunan sebesar 8% di 2020 akibat pandemi, di 2022 ini diprediksi pemulihan sebesar 9,1% akan terjadi.


Baca juga: Wapres: Ancaman Krisis Pangan Dunia Beri Peluang bagi Produk Halal Indonesia


Yang paling menggembirakan secara substansial Indonesia mempunyai peluang untuk tumbuh kembali dan berkembang lebih besar terutama di sektor pangan halal dan modest fashion. Hal ini ditunjukkan dengan kenaikan peringkat Indonesia di sektor halal food menjadi ke posisi kedua setelah tahun sebelumnya berada di peringkat 6.

Selain itu, banyak kabar baik dan prestasi lainnya yang dihasilkan kerja sama stakeholder ekonomi halal Indonesia yang mendapatkan pengakuan dalam report ini.
 
"Hal ini tentu memberikan semangat dan sejalan dengan tekad dan kebijakan pemerintah yang dikomandani langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin untuk menjadikan Indonesia menjadi pusat produsen produk halal dunia di 2024," kata Sapta yang juga Chairman Indonesia Tourism Forum.
 
Dalam Halal Industri Event kali ini, selain peluncuran SGIE Report 2022, Indonesia Halal Lifestyle Center bersama Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia menginisiasi Gerakan Retail Modern Peduli Produk Halal sebagai dukungan konkret terhadap realisasi kebijakan pemerintah terkait kewajiban produk konsumsi dan gunaan yang bersertifikat halal.

Sapta mengemukakan, gerakan ini juga bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat terkait produk halal dan memberikan rasa tenang bagi konsumen penikmat gaya hidup halal.
 
Pada kesempatan ini, Wapres juga meresmikan Halal Center Indonesia, yakni area showcase dan direct selling bagi produk-produk UMKM halal Nusantara. Para UMKM yang mengikuti program di Halal Center Indonesia akan mendapatkan program inkubasi untuk memperoleh sertifikasi BPJPH, workshop akses pasar ritel modern, Islamic financing, serta workshop lainnya yang berkaitan dengan kesiapan ekspor.
 
"Halal Center Indonesia ini bekerja sama dengan BPJPH menyediakan booth konsultasi terkait sertifikasi halal untuk masyarakat umum dalam rangka upaya 'jemput bola' dan mengejar target 10 juta sertifikasi halal," sambung Sapta.

Sebelum meninggalkan acara, Wapres meninjau langsung lorong halal (halal row) di Hypermart Thamrin City sekaligus uji coba atau soft launching aplikasi Halal Scanner pertama di Indonesia sebagai bentuk adaptasi teknologi inovasi anak bangsa yang diinisiasi oleh IHLC bekerja sama dengan BPJPH.

Terobosan ini selain dapat memberikan ketenangan kepada konsumen gaya hidup halal, kedepannya aplikasi ini juga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan halal serta menjadi SuperApps yang menyediakan berbagai informasi mengenai gaya hidup halal terutama di Indonesia. (RO/S-2)

Baca Juga

Ist

Bank DBS Luncurkan Layanan Perbankan Digital Intuitif dan Pintar

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:42 WIB
This is DBS digibanking, layanan perbankan digital yang intuitif dan pintar bagi nasabah ritel, korporasi maupun Usaha Kecil dan Menengah...
DOK Sinar Mas Land.

Sinar Mas Land Raih Lamudi Awards di Lima Kategori

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:23 WIB
Penghargaan yang diraih itu sebagai Best Developer ialah PT Bumi Serpong Damai Tbk (PT...
Antara

Audit Perusahaan Sawit, BPKP Libatkan Kejagung hingga Polri

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:15 WIB
BADAN Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyusun gambaran umum audit sektor sawit di Indonesia dengan menggandeng Kejaksaan Agung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya